Cara Makan Buah Plum yang Nikmat dan Sehat, Sudah Coba?

(0)
Salah satu cara makan buah plum yang nikmat dan sehat adalah dimakan secara langsungBuah plum biasanya memiliki kulit berwarna biru, hitam, dan merah yang kaya akan antioksidan
Buah plum mungkin masih kurang dikenal oleh sebagian masyarakat Indonesia karena sulit ditemui. Padahal, manfaat buah plum sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, lho. Nah, jika Anda berkesempatan mencicipi buah plum, ternyata ada sejumlah cara makan buah plum yang nikmat dan sehat untuk dicoba. 

Cara makan buah plum yang nikmat dan sehat

Buah plum adalah salah satu jenis buah yang kaya akan antioksidan. Buah plum biasanya memiliki kulit berwarna biru, hitam, dan merah dengan warna daging buahnya yang cukup bervariasi mulai dari kuning keemasan hingga merah keunguan. Memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, buah plum ternyata dapat dikonsumsi dalam berbagai cara. Berikut adalah cara makan buah plum yang nikmat, sehat, dan mengenyangkan. 

1. Dimakan secara langsung

Salah satu cara makan buah plum yang paling mudah adalah memakannya secara langsung. Namun, pastikan Anda mencuci buah ini sampai benar-benar bersih sebelum mengonsumsinya. Sebab, di bagian kulit buah plum biasanya terdapat residu putih yang bentuknya menyerupai bedak dikenal dengan bloomMeski tidak membahayakan apabila tak sengaja memakan bloom saat mencicipi buah plum, alangkah baiknya Anda mencuci buah plum sampai bersih sebelum mengonsumsinya secara langsung.Kemudian, Anda bisa mengupas kulit buah plum terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya atau menikmatinya tanpa mengupas kulit. 

2. Diolah menjadi jus

Sama seperti jenis buah-buahan lainnya, cara makan buah plum bisa pula dengan mengolahnya menjadi minuman jus yang segar. Anda cukup menyiapkan beberapa buah plum segar. Kemudian, cuci sampai bersih dan potong menjadi beberapa bagian. Selanjutnya, tambahkan air secukupnya dan blender sampai halus. Jika ingin memberi rasa manis, sebaiknya hindari menambahkan gula pasir, melainkan gunakan bubuk kayu manis, vanili, atau madu agar tetap sehat untuk dikonsumsi. Anda bisa menambahkan beberapa buah es batu saat menyajikan jus buah plum agar semakin nikmat. Sebuah hasil penelitian mengemukakan bahwa mengonsumsi jus buah plum secara rutin dapat menurunkan tekanan darah dan memiliki kadar kolesterol lebih rendah. 

3. Dijadikan smoothies

Selain diolah menjadi jus, buah plum juga dapat dijadikan sebagai smoothies. Anda bisa menambahkan potongan buah plum dengan blueberry atau jenis buah lainnya sesuai selera, yogurt, dan susu rendah lemak. Menyehatkan, bukan? 

4. Salad

Cara makan buah plum yang nikmat dan sehat berikutnya adalah mengolahnya menjadi salad buah. Anda bisa mengombinasikan buah plum dengan jenis buah-buahan lainnya, seperti apel, kiwi, anggur, dan stroberi. Caranya, cukup potong kecil-kecil buah plum dan buah-buahan lainnya, lalu masukkan ke dalam wadah mangkuk. Selanjutnya, lengkapi dengan dressing salad favorit Anda. Masukkan salad buah ke dalam kulkas, kemudian sajikan selagi dingin. 

5. Dimakan bersama yogurt atau madu

Jika Anda mendapat buah plum berukuran besar, potong menjadi beberapa bagian. Kemudian, nikmati buah plum dengan mencocol yogurt rendah lemak atau madu sebagai “sausnya”. Cara makan buah plum yang menyenangkan satu ini cocok untuk diberikan pada buah hati Anda. 

6. Campur dengan sereal gandum

Oatmeal atau sereal gandum lainnya bisa dimakan dengan buah-buahan apa pun untuk memperkaya cita rasa, salah satunya dengan buah plum. Nah, Anda bisa mengkreasikan potongan buah plum dengan kacang almond, granola, oatmeal, atau sereal gandum lainnya sesuai selera Anda. 

Manfaat buah plum untuk kesehatan

Setelah Anda mengetahui cara makan buah plum di atas, kini saatnya Anda mencermati manfaat buah plum untuk kesehatan tubuh. Makan buah plum secara rutin diyakini dapat mendatangkan berbagai manfaat, seperti: 

1. Mengatasi sembelit

Salah satu manfaat buah plum untuk kesehatan yang paling utama adalah mengatasi sembelitBuah plum merupakan salah satu jenis buah yang mengandung tinggi serat. Serat inilah yang berperan mengatasi sembelit karena mempercepat proses pembuangan limbah kotoran di saluran pencernaan. Selain itu, buah plum mengandung sorbitol yang merupakan zat pencahar alami. Bahkan, sebuah riset menyebutkan bahwa makan buah plum diyakini efektif dalam mengobati sembelit dibandingkan jenis pencahar lainnya, seperti psyllium, yakni jenis serat yang digunakan untuk menghilangkan sembelit. 

2. Kaya akan antioksidan

Buah plum mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu meredakan peradangan sekaligus melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Faktanya, sejumlah penelitian melaporkan bahwa buah plum mengandung antioksidan jenis polifenol dua kali lebih banyak dibandingkan buah-buahan lainnya, seperti nektarin dan persik (peach). 

3. Menurunkan gula darah

Plum merupakan jenis buah yang memiliki tingkat indeks glikemik rendah. Ini artinya, buah plum dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan mengurangi risiko terhadap diabetes tipe 2. Inilah manfaat buah plum untuk kesehatan berikutnya. 

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Makan buah plum secara teratur diyakini dapat melindungi kesehatan jantung. Beberapa hasil studi menyebutkan bahwa manfaat buah plum satu ini dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. 

5. Melindungi tulang

Manfaat buah plum lainnya adalah meningkatkan kesehatan tulang. Ya, sejumlah penelitian melaporkan hubungan konsumsi buah plum dengan penurunan risiko kondisi tulang akibat osteoporosis dan osteopenia, yang ditandai dengan rendahnya kepadatan tulang. Selain itu, buah plum juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk tulang, seperti magnesium, kalium, fosfor, dan vitamin K. Jika dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya, plum merupakan jenis buah yang paling efektif dalam mencegah kerusakan pada tulang. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keefektifan manfaat buah plum untuk melindungi tulang. Untuk mendapatkan berbagai manfaat buah plum, Anda hanya perlu mengonsumsinya secara rutin. Tak ada salahnya untuk menerapkan cara makan buah plum di atas agar lebih variatif. Jika perlu, berkonsultasilah dengan dokter untuk menentukan apakah kondisi kesehatan Anda cocok untuk mengonsumsi buah plum atau tidak. Dengan ini, dokter mungkin dapat merekomendasikan cara makan buah plum yang nikmat dan sehat untuk Anda sehingga manfaat buah plum bisa dirasakan secara optimal. 
makanan sehathidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-plums-prunes#section5
Diakses pada 30 Juli 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/plums-nutrition-facts-calories-and-their-health-benefits-4114424
Diakses pada 30 Juli 2020
Best Health Mag. https://www.besthealthmag.ca/best-eats/cooking/7-healthy-ways-to-eat-plums/
Diakses pada 30 Juli 2020
Fruits and Veggies. https://fruitsandveggies.org/stories/top-10-ways-to-enjoy-plums/
Diakses pada 30 Juli 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-plums-for-skin-hair-and-health/
Diakses pada 30 Juli 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21409897
Diakses pada 30 Juli 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25109788
Diakses pada 30 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait