Bagaimana Cara Main Catur dan Seperti Apa Peraturannya?


Cara bermain catur ternyata bukanlah sekadar mengetahui langkah setiap buah caturnya. Ada belasan trik yang bisa dipelajari untuk mematikan lawan.

(0)
05 Mar 2021|Maria Yuniar
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara main catur adalah dengan menggerakkan buah catur sesuati peran masing-masingSalah satu cara main catur adalah menggerakkan pion lurus ke depan
Meski tanpa mengeluarkan banyak energi atau kekuatan fisik untuk memainkannya, catur tetap dianggap sebagai olahraga. Bahkan di Indonesia, ada suatu organisasi yang menjadi wadah olahraga catur, yaitu Persatuan Olahraga Catur Seluruh Indonesia (PERCASI). Sederet atlet Tanah Air pun telah mengharumkan bangsa dari cabang olahraga ini, termasuk sang maestro, Utut Adianto.Untuk keluar sebagai juara, seorang pemain tidak hanya sekadar memahami peraturan permainan catur. Strategi dan cara main catur pun menjadi kunci. Lantas, seperti apa cara main catur yang bisa dipelajari seorang pemula?

Cara main catur untuk para pemula

Dalam pertandingan catur, perlengkapan yang dibutuhkan adalah papan catur, buah catur, meja, serta jam atau timer. Namun untuk sekadar bermain catur, hanya diperlukan papan catur beserta buah catur.Papan catur memiliki 64 petak dengan ukuran sama, berwarna hitam dan putih secara berselang-seling. Sementara itu, buah catur terdiri dari 8 pion, 2 kuda, 2 gajah, 2 benteng, 1 menteri atau ratu, serta 1 raja.Berikut ini ketentuan langkah yang diperbolehkan untuk setiap buah catur.
  • Pion: melangkah lurus ke depan satu petak demi satu petak setelah sampai di area lawan, tapi bisa maju dua petak lurus ke depan sekaligus, jika berada di area sendiri, dan bisa memukul lawan dengan posisi serong
  • Kuda: melangkah seperti huruf L
  • Gajah: melangkah diagonal
  • Benteng: melangkah lurus, baik itu vertikal maupun diagonal
  • Menteri atau ratu: melangkah dengan bebas
  • Raja: melangkah bebas, tapi hanya terbatas petak demi petak

Posisi buah catur pada papan catur

Sebelum memulai permainan catur, seluruh buah catur tentu harus disusun pada papan catur. Papan catur memiliki 8 lajur dengan masing-masing 8 petak hitam dan putih berselang-seling.Setiap pemain pada awalnya memiliki 16 buah catur, disusun berbaris pada masing-masing area pemain, secara berhadap-hadapan. Setiap petak hanya boleh diisi satu buah catur. Baris depan diisi oleh 8 pion. Sementara itu di baris belakang, dari pinggir ke tengah, ada benteng, kuda, gajah, ratu, dan raja.

Istilah dalam permainan catur

Kuda melangkah dengan pola L
Agar dapat memenangkan permainan catur, setidaknya ada sederet istilah dan taktik yang penting untuk dipelajari dan dikuasai. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Double attacks

Ini adalah serangan ganda, yang dilakukan pemain dengan melangkahkan buah catur serta mengancam lebih dari satu buah catur

2. Pin

Istilah lain dari taktik ini adalah ikatan. Yang dimaksud pin atau ikatan dalam permainan catur adalah kondisi saat buah catur lawan tidak bisa bergerak dengan terpaksa. Sebab jika bergerak, buah catur lainnya terancam.

3. Fork

Sesuai dengan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia, fork juga disebut garpuan. Trik garpuan dilakukan dengan melangkahkan buah catur dengan langkah kuda, dan mengancam lebih dari dua buah catur lawan.

4. Skewer

Taktik ini juga dinamakan tusuk sate. Pemain melakukan taktik ini dengan melangkahkan buah catur sehingga mengancam lebih dari satu buah catur lawan secara vertikal, horizontal, maupun diagonal.

5. Discovered attack

Taktik ini dilakukan dengan melangkahkan buah catur yang menguntungkan, bukan hanya bagi buah catur itu sendiri, tapi untuk buah catur yang lain. Disebut discovered attack karena merupakan ancaman bagi lawan.

6. Zugzwang

Kondisi yang disebut zugzwang terjadi ketika pemain mau tidak mau harus melangkahkan buah catur dengan pola tertentu, meski akhirnya merugikan.

7. Back rank

Istilah ini menggambarkan kondisi ketika raja berada di baris belakang dan pion yang melindunginya tidak digerakkan, sehingga rawan dimatikan lawan.

8. Clearance

Clearance atau pembersihan terjadi ketika pemain menggerakkan suatu buah catur sebagai persiapan melangkah buah catur lainnya. Taktik ini juga bisa dilakukan sebagai pancingan agar buah catur tertentu milik lawan, bergerak dari petaknya.

9. Combination

Taktik kombinasi ini sebenarnya dilakukan agar membuat lawan dilema: untuk bereaksi terhadap langkah pengorbanan ktia atau mengabaikannya. Setiap pilihan yang diambil lawan tetap menguntungkan kita.

10. En passant

Ini adalah langkah yang dilakukan dengan menggerakkan pion dua langkah ke depan dan ada poin lawan di satu petak dalam baris tujuan. Akibatnya, pion lawan bisa menangkap pion yang baru melaluinya, dan menempati petak tersebut. Gerakan ini hanya dapat dilakukan setelah pion maju dua petak, maupun ketika lawan kehilangan hak en passant.

11. Promosi

Kondisi ini terjadi ketika pion bergerak maju hingga ke baris terakhir, pion pun ditukar dengan gajah, benteng, kuda, atau ratu.

12. Skak

Skak terjadi ketika raja diserang satu maupun lebih buah catur lawan. Pada keadaan ini, raja harus digerakkan ke posisi aman. Cara lainnya adalah menggerakkan buah catur lain di petak kosong dekat raja agar raja aman dari serangan.

Kapan permainan catur berakhir?

Permainan dianggap berakhir jika telah terjadi skak mat, yaitu ketika posisi raja sudah ‘terkunci’, sehingga setiap gerakan yang akan dilakukan, tetap akan membahayakan diri sendiri.Namun tanpa skak mat, permainan juga pun juga bisa diakhiri ketika terjadi remis. Yang termaksud remis adalah kondisi seri karena kedua pemain tidak mencapai skak mat. Pada pertandingan catur, pemenang memperoleh angka 1. Kekalahan diberi nilai 0, sedangkan seri mendapat 0,5.
olahragatips olahragakesehatan otak
KONI Kota Bandung. http://koni-kotabandung.or.id/articles/mengenal-catur
Diakses pada 26 Februari 2021
Universitas Negeri Yogyakarta. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/697
Diakses pada 26 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait