7 Cara Jitu Melepas Suntuk dalam Hidup

(0)
Cara lepas suntuk mungkin perlu dilakukan bila Anda merasa suntuk pada sesuatu halMenikmati alam, seperti pergi berkemah, bisa jadi salah satu cara melepas suntuk
Saat menjalani rutinitas kehidupan sehari-hari, ada kalanya Anda merasa bosan dan suntuk. Pada dasarnya, merupakan hal yang normal jika Anda merasa suntuk pada sesuatu hal. Akan tetapi, jangan dibiarkan berlarut-larut. Lantas, bagaimana cara lepas suntuk dalam hidup?

Tanda-tanda Anda sedang suntuk 

Setiap orang tentu pernah merasa terjebak dalam lingkaran rutinitas sehari-hari yang membosankan. Akibatnya, hal ini dapat memengaruhi produktivitas dan motivasi sehingga Anda merasa tidak mengalami kemajuan apa pun. Nah, ada beberapa tanda yang menunjukkan Anda sedang suntuk. Berikut adalah penjelasan selengkapnya:

1. Merasa setiap hari adalah hari yang sama

Salah satu tanda Anda sedang suntuk adalah merasa setiap hari adalah sama. Bahkan, Anda mungkin merasa kesulitan untuk mengingat apakah hari ini adalah Senin atau Jumat. Hal ini mungkin terjadi karena Anda menganggap bahwa hari Senin, Rabu, atau Jumat tidak ada bedanya akibat melakukan rutinitas yang sama setiap harinya. 

2. Ingin cepat merasakan akhir pekan atau libur

Saat sedang suntuk dengan kegiatan sehari-hari, Anda biasanya ingin hari kerja segera terlewati atau cepat-cepat ingin merasakan akhir pekan dan libur. Pasalnya, Anda tidak memiliki semangat untuk melakukan rutinitas sehari-hari lagi. Inilah tanda Anda sedang suntuk berikutnya.

3. Kehilangan motivasi

Tanda Anda sedang suntuk lainnya adalah kehilangan motivasi. Ya, Anda mungkin ingin mengerjakan proyek terbaru dari kantor atau melakukan hal kreatif lainnya dalam pekerjaan. Sayangnya, saat sedang merasa suntuk, Anda justru merasa kehilangan motivasi untuk melakukannya. 

4. Merasa bosan

Ketika suntuk, Anda mungkin merasa bosan untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Bahkan, muncul keinginan untuk mencoba hal baru di luar zona nyaman Anda. Tetapi, Anda justru tidak tahu harus memulainya dari mana. Jika yang Anda rasakan lebih dari rasa suntuk semata dan disertai dengan gejala gangguan suasana hati, kehilangan ketertarikan untuk melakukan sesuatu, segera konsultasikan dengan ahlinya seperti psikolog. Sebab, bisa jadi ini merupakan kondisi mental yang serius, seperti persistent depressive disorder (PDD). PDD adalah suatu kondisi mental yang ringan tetapi kronis karena dapat dialami oleh seseorang dalam waktu yang lama. 

Cara lepas suntuk dari hidup yang paling jitu

Rasa suntuk merupakan hal yang normal terjadi. Terlebih bila Anda selalu melakukan kegiatan yang sama setiap harinya. Jika hal ini yang terjadi, sebaiknya kenali dulu penyebab rasa suntuk yang Anda alami. Pasalnya, rasa suntuk yang dialami setiap orang tentu berbeda-beda. Anda bisa mengetahui penyebab rasa suntuk ini apakah disebabkan oleh lingkungan pekerjaan, pertemanan, keluarga di rumah, atau hubungan asmara. Namun, jangan sampai Anda berlarut-larut di dalamnya karena justru dapat menimbulkan masalah baru. Maka dari itu, sontek cara lepas suntuk dari hidup di bawah ini.

1. Keluarkan isi hati

Cara lepas suntuk adalah dengan menuliskan isi hati
Anda bisa menuliskan uneg-uneg dalam hati saat sedang suntuk
Salah satu cara lepas suntuk yang paling mudah adalah dengan mengeluarkan isi atau unek-unek dalam hati. Anda bisa mengeluarkannya dengan bercerita dengan teman dekat, pasangan, atau orangtua. Dengan ini, Anda akan mendapatkan sedikit pencerahan atau solusi dari mereka.Namun, jika rasa suntuk justru berasal dari teman dekat, pasangan, atau anggota keluarga, Anda dapat mengeluarkan isi hati melalui media apa pun. Misalnya, dengan menuliskan apa yang dirasakan. Tak perlu menggunakan bahasa yang formal atau baku, yang paling penting Anda menjadi lega setelah menyampaikan isi hati.

2. Mulai dari hal-hal sederhana

Cara melepas suntuk yang paling jitu bisa dimulai dari hal-hal sederhana, lho. Misalnya, saat Anda suntuk dan merasa tidak mendapat inspirasi saat bekerja di kantor, Anda bisa pergi ke toilet untuk sekadar cuci muka atau pergi ke kedai kopi terdekat untuk menghilangkannya.Tak hanya itu, berkumpul dengan sahabat, melakukan hobi favorit, atau me time saat akhir pekan juga bisa menjadi cara lepas suntuk paling mudah. Dengan ini, diharapkan rasa suntuk dapat hilang dan tergantikan dengan energi baru positif yang muncul.

3. Cari kegiatan baru

Menari bisa jadi cara lepas suntuk
Melakukan olahraga zumba bisa jadi cara melepas suntuk
Cara lepas suntuk berikutnya adalah dengan mencari kegiatan baru. Jika terus menjalani rutinitas sehari-hari yang biasa dilakukan saat sedang merasa suntuk, maka akan sulit bagi Anda untuk menemukan jalan keluarnya. Oleh karena itu, mencari kegiatan baru merupakan cara melepas suntuk yang paling jitu. Contoh paling sederhananya adalah Anda seringkali menggunakan rute A untuk sampai di kantor. Nah, bagaimana jika mulai mencoba rute B atau rute C agar mendapatkan sesuatu yang baru dari sana? Atau Anda bisa mengikuti olahraga di gym, kelas fotografi atau memasak, hingga bergabung dengan komunitas tertentu untuk mencari kegiatan baru di sela-sela kesibukan rutinitas.

4. Menikmati alam

Saat rasa suntuk melanda, bisa jadi ini tanda Anda membutuhkan ruang sendiri. Salah satu yang bisa dilakukan sebagai cara melepas suntuk adalah dengan cara menikmati alam.Beberapa hasil studi mengemukakan bahwa menikmati waktu di alam bebas sesekali, dapat membuat diri Anda jadi lebih tenang dan rileks. Selain mampu menghilangkan rasa suntuk yang mendera, alam ternyata dapat menurunkan tingkat depresi dan stres serta meningkatkan kesehatan mental. Bahkan, tak hanya baik untuk kesehatan mental, menikmati alam juga dapat meningkatkan kreativitas. Jadi, cukup lepaskan pertanyaan-pertanyaan yang ada di kepala Anda, tenangkan diri, dan nikmati pemandangan indah di depan mata. Anda dapat menikmati alam sesederhana sambil berolahraga, seperti jalan santai atau bersepeda di taman kota. Jika perlu, Anda juga bisa pergi ke luar kota untuk menikmati alam dengan lebih leluasa. 

5. Cari motivasi baru

Saat tidak memiliki motivasi atau semangat menjalani sesuatu, maka Anda jadi lebih mudah mengalami bosan dan suntuk. Oleh sebab itu, penting untuk memiliki motivasi baru. Sebenarnya, motivasi baru bisa sesederhana dengan memiliki rencana pergi pada Jumat malam atau akhir pekan. Dengan ini, Anda bisa jadi lebih bersemangat menjalani rutinitas sehari-hari karena ada sesuatu yang ditunggu-tunggu. 

6. Lupakan kesempurnaan

Apabila Anda menuntut segala sesuatu yang dilakukan berakhir dengan sempurna, maka hal ini bisa menyebabkan Anda seringkali merasa suntuk pada hal yang sama. Padahal, sekeras apa pun Anda bekerja, merupakan hal yang wajar jika Anda merasa tidak puas atau mungkin membuat suatu kesalahan. Jadi, sebaiknya lakukan seperti yang sudah Anda lakukan sekarang. Nantinya, akan ada inspirasi atau kreativitas baru yang akan datang. 

7. Tetap realistis

Cara lepas suntuk lainnya adalah tetap realistis. Cobalah untuk melihat kembali apa yang menjadi tujuan Anda. Apakah tujuan tersebut terlalu sulit digapai dengan diri Anda saat ini?Jika jawabannya iya, maka mungkin inilah yang membuat Anda merasa terus ‘jalan di tempat’. Oleh karena itu, penting untuk menetapkan tujuan hidup yang sekiranya cocok dengan kemampuan Anda saat ini. 

Catatan dari SehatQ

Rasa suntuk merupakan hal yang normal terjadi pada setiap orang. Terlebih bila Anda selalu melakukan kegiatan yang sama setiap harinya. Maka dari itu, penting untuk melakukan cara-cara lepas suntuk di atas. Namun, jika Anda masih merasa kesulitan melepas suntuk, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan psikolog guna mendapatkan saran atau penanganan yang tepat. 
kesehatan mental
Verywell Health. https://www.verywellmind.com/how-to-get-out-of-a-rut-4172608
Diakses pada 14 Mei 2020
Life Hack. https://www.lifehack.org/articles/featured/12-useful-ways-to-get-out-of-ruts.html
Diakses pada 14 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait