Cara Kerja dan Efek Samping dari Dapoxetine untuk Atasi Ejakulasi Dini


Dapoxetine adalah obat antidepresan yang sering diresepkan untuk pengobatan ejakulasi dini. Meski memiliki manfaat yang menjanjikan, konsumsi dapoxetine harus berdasarkan resep dokter karena ada efek samping yang dapat dialami.

(0)
19 Jun 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Dapoxetine adalah antidepresan yang ditemukan aman dan efektif untuk pengobatan ejakulasi diniMengonsumsi dapoxetine sebagai obat ejakulasi dini harus sesuai arahan dokter
Ejakulasi dini merupakan salah satu permasalahan yang  dialami oleh banyak pria. Kondisi ini terjadi ketika seorang pria mengalami orgasme lebih cepat daripada yang diinginkan dirinya atau pasangannya. Ketika mengalami ejakulasi dini, para pria akan melakukan berbagai cara untuk mengatasinya, termasuk mengonsumsi obat dapoxetine yang diresepkan oleh dokter.Masalah ejakulasi dini cukup menyulitkan untuk punya momongan. Pada kebanyakan kasus, air mani keluar sebelum masuk ke dalam vagina. Bagi beberapa pria, kondisi itu dapat membaik dengan sendirinya, tapi ada juga yang harus melakukan perawatan terlebih dahulu. Perawatan yang dimaksud adalah mengonsumsi tablet dapoxetine yang dapat mengatasi ejakulasi dini para pria.

Mengenal dapoxetine, obat untuk atasi ejakulasi dini

Dapoxetine adalah antidepresan yang ditemukan aman dan efektif untuk pengobatan ejakulasi dini. Dapoxetine termasuk golongan short-acting selective serotonin reuptake inhibitor atau SSRIObat ini dapat meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk ejakulasi sekaligus kontrol terhadap ejakulasi. Efek kerja dapoxetine tergolong cukup cepat sehingga biasanya dikonsumsi sekitar 1-3 jam sebelum berhubungan seks.Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat belum menyetujui penggunaan dapoxetine karena menyebabkan efek samping jika digunakan dalam jangka panjang. Beberapa efek samping dapoxetine yang perlu diperhatikan adalah masalah kejiwaan, reaksi kulit, peningkatan berat badan, penurunan gairah seks, mual, sakit kepala, dan sakit perut.

Penelitian tentang efektivitas dapoxetine

Melansir dari jurnal The Lancet, efektivitas dapoxetine diuji dengan percobaan pada 2.614 pria. Semua pria peserta penelitian ini mengalami ejakulasi dini, sedang, hingga berat. Rata-rata pria mengalami ejakulasi dalam waktu satu menit setelah penetrasi. Setengah dari mereka dipilih secara acak untuk menerima dapoxetine. Sementara setengah lainnya menerima plasebo. Kedua kelompok harus minum obat sekitar 1 hingga 3 jam sebelum melakukan hubungan seksual.Setelah tiga bulan, para pria yang menggunakan dosis dapoxetine 30 miligram membutuhkan rata-rata 2,78 menit untuk ejakulasi setelah penetrasi. Sedangkan mereka yang menggunakan dosis 60 miligram membutuhkan waktu 3,32 menit. Kelompok plasebo rata-rata 1,75 menit.

Dosis dan cara minum tablet dapoxetine

Mengonsumsi dapoxetine harus berdasarkan resep dokter dan diminum sesuai dosis serta anjuran dokter. Minumlah segelas penuh air bersamaan dengan Anda meminum tablet. Dosis awal yang dianjurkan adalah satu tablet 30 mg, diminum 1-3 jam sebelum Anda berhubungan seks.Dokter Anda mungkin akan meningkatkan dosis menjadi 60 mg jika dosis sebelumnya kurang berhasil asal Anda tidak menunjukkan efek samping, seperti merasa kelelahan. Dapoxetine tidak dimaksudkan untuk penggunaan sehari-hari, Anda hanya boleh meminumnya saat akani berhubungan seks saja.Perlu diingat, jangan minum alkohol saat mengonsumsi dapoxetine karena dapat meningkatkan efek sedatif dari alkohol. Anda juga diimbau tidak mengonsumsi obat-obatan rekreasional apa pun saat pengobatan dapoxetine karena dapat menyebabkan efek samping yang serius. Hindari minum jus jeruk bali karenadapat meningkatkan jumlah dapoxetine dalam aliran darah dan meningkatkan risiko efek samping. Selain itu, berhati-hatilah jika Anda mengemudi setelah mengonsumsi obat. Jika merasa pusing atau mau pingsan, sebaiknya istirahat terlebih dahulu. Jika Anda sedang dalam pengobatan lain, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Efek samping dari dapoxetine

Seiring ada efek yang bermanfaat dari obat, ada juga efek samping yang tidak diinginkan meskipun tidak semua orang mengalaminya. Beberapa efek samping yang akan dialami yaitu pusing, merasa mual, berkeringat, kebingungan, dan sakit kepala. Jika Anda merasa pusing cobalah duduk dengan kepala di antara lutut, atau berbaring sampai pusingnya hilang. Rasa lelah dan ingin pingsan juga kerap dialami beberapa pasien yang mengonsumsi obat ini. Jika hal ini terjadi, duduklah sampai rasa itu berlalu dan Anda tidak jatuh dan melukai diri Anda sendiri. Minumlah banyak air putih dan minta dokter untuk merekomendasikan obat penghilang rasa sakit yang sesuai jika sakit kepala menghinggapi setelah minum dapoxetine.Jika Anda mengalami gejala lain yang menurut Anda disebabkan oleh tablet dapoxetine, bicarakan dengan dokter atau apoteker.Ingin tahu tentang batasan dapoxetine? Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
ejakulasi dinidisfungsi ereksiimpotensi
Patient. https://patient.info/medicine/dapoxetine-tablets-priligy
Diakses pada 8 Juni 2021.
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/51474#1
Diakses pada 8 Juni 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait