KB Alami dengan Menggunakan Kunyit, Benarkah Cara Ini Aman?


Beberapa orang mungkin memilih cara alami untuk merencanakan kehamilan. Salah satunya dengan menggunakan kunyit. Lantas, bagaimana cara KB alami dengan menggunakan kunyit?

(0)
11 Feb 2021|Rena Widyawinata
cara kb alami dengan menggunakan kunyitKunyit disebut sebagai salah satu bahan alami yang mampu mencegah kehamilan
Beberapa pasangan suami-istri mungkin memutuskan untuk tidak langsung memiliki anak setelah menikah. Itu sebabnya, mereka akan mencari alternatif alat kontrasepsi yang menjadi pilihan. Namun, tak semua mau menggunakan alat KB. Cara KB alami dengan kunyit disebut sebagai salah satu alternatif yang mudah. Namun, apakah ini aman?

Cara KB alami dengan kunyit, benarkah ampuh?

Terdapat banyak cara mencegah kehamilan, mulai dari prosedur medis hingga cara-cara alami menggunakan bahan herbal. Nah, kunyit disebut sebagai salah satu rempah alami yang mampu berperan sebagai alat kontrasepsi. Kunyit sejak dulu dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang memiliki sifat antibakteri, antivirus, antiperadangan, hingga antikanker. Namun, hingga kini belum ada penelitian yang cukup mengenai cara KB alami dengan kunyit.Akan tetapi, sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Molecular Reproduction and Development pada tahun 2011 mengamati penggunaan kurkumin, zat yang berada dalam kunyit, dan efeknya terhadap fungsi sperma.Penelitian dilakukan dengan menggunakan sperma yang diinkubasi dan dicampur dengan kurkumin, untuk menguji keampuhan kunyit sebagai KB alami. Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa kunyit dengan kadar tertentu mampu menurunkan kemampuan motilitas (pergerakan) sperma.Bahkan, dalam konsentrasi yang lebih tinggi, kurkumin dapat menghambat motilitas dan fungsi sperma sepenuhnya selama 5-15 menit. Pemberian kurkumin, terutama secara intravagina, juga diketahui mampu menurunkan kesuburan secara signifikan. Namun, cara ini sangat tidak disarankan karena dapat menimbulkan masalah lain pada vagina.Meski diketahui mampu mengurangi kesuburan, Anda tak perlu khawatir bahwa kondisi ini akan berlangsung selamanya. Pasalnya, cara KB alami dengan kunyit yang mampu menurunkan kesuburan ini hanya bersifat sementara.Artinya, kesuburan Anda akan kembali seperti kondisi normal Anda, apabila tidak menggunakan kunyit.

Bagaimana cara KB alami dengan kunyit?

cara kb alami dengan kunyit asam belum terbukti efektif
Kunyit asam hingga kini belum terbukti mampu menjadi KB alami
Hasil penelitian memang menunjukkan bahwa kunyit bisa berperan dalam mencegah kehamilan. Bahkan, penelitian KB alami dengan kunyit pada tahun 2014 dalam Asian Pacific Journal of Reproduction, juga menyebutkan bahwa campuran kurkumin dan andrografolid (zat dalam tumbuhan sambiloto) diketahui mampu mengurangi jumlah folikel ovarium (bakal calon sel telur).Akan tetapi, penelitian menyebut bahwa cara KB alami dengan kunyit dilakukan secara intravaginal, alias lewat vagina, bukan minum. Hingga saat ini, belum ditemukan penelitian yang menyebutkan mengenai keamanan penggunaan kunyit sebagai KB alami lewat vagina.Itu sebabnya, Anda sebaiknya tidak menjadikan kunyit sebagai andalan Anda satu-satunya untuk mencegah kehamilan. Apalagi jika Anda tidak berkonsultasi dengan dokter sebelumnya.Lantas, bagaimana dengan minum kunyit asam sebagai cara KB alami? Penelitian menyebutkan bahwa dibutuhkan kadar kurkumin (zat dalam kunyit) yang cukup tinggi agar mampu memberikan efek pencegahan kehamilan.Sayangnya, tubuh umumnya tidak dapat menyerap kurkumin yang dimakan atau diminum dengan baik. Kurkumin kebanyakan langsung dikeluarkan tubuh tanpa terserap. Akibatnya, manfaat yang Anda dapatkan juga tidak maksimal. 

Cara mencegah kehamilan secara alami

Kontrasepsi lain selain kb alami dengan kunyit
Salah satu cara KB alami adalah dengan mengecek suhu tubuh sebelum berhubungan
Hingga kini, belum ada cukup penelitian yang meneliti mengenai cara KB alami dengan menggunakan kunyit. Meski begitu, jika Anda tetap menginginkan cara alami tanpa melalui prosedur medis, ada serangkaian alat kontrasepsi alami yang bisa Anda pilih.Berikut ini adalah beberapa cara mencegah kehamilan alami, yang bisa Anda lakukan:
  • Metode kalender
    Metode kalender dilakukan dengan cara menghitung masa subur. Anda dianjurkan untuk berhubungan seks di luar masa subur untuk mencegah kehamilan secara alami.
  • Metode pemeriksaan suhu tubuh
    Setelah ovulasi, suhu tubuh wanita umumnya sedikit meningkat. Berhubungan seks setelah melalui ovulasi memiliki kemungkinan hamil yang lebih kecil.
  • Memeriksa cairan vagina
    Pada masa subur dan menjelang ovulasi, tekstur cairan vagina biasanya lebih kental menyerupai putih telur. Hindarilah berhubungan intim pada masa ini.
  • Menyusui
    Menyusui juga menjadi salah satu cara menunda kehamilan secara alami. Anda biasanya tidak akan menstruasi apabila memberikan ASI eksklusif dan bayi Anda masih berusia di bawah 6 bulan. Walaupun demikian, mengandalkan menyusui sebagai KB memiliki angka kegagalan yang cukup tinggi.
Sejauh ini, belum ada penelitian yang memadai mengenai cara KB alami dengan kunyit beserta keamanannya. Itu sebabnya, sebaiknya Anda mencari alternatif lain untuk merencanakan kehamilan.Untuk mengetahui lebih lanjut seputar perencanaan atau pencegahan kehamilan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kehamilanpenggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Wiley Online Library. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/mrd.21276
Diakses tanggal 28 Januari 2021
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2305050015000160?via%3Dihub
Diakses tanggal 28 Januari 2021
Oregon State University. https://lpi.oregonstate.edu/mic/dietary-factors/phytochemicals/curcumin
Diakses tanggal 28 Januari 2021
NHS UK. https://www.nhs.uk/conditions/contraception/natural-family-planning/
Diakses tanggal 28 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait