Cara Jitu Mengatasi Tenggorokan Gatal dengan Obat dan Alami

Obat untuk tenggorokan gatal, bisa didapatkan secara bebas di apotek
Tenggorokan gatal bisa diatasi dengan obat maupun dengan bahan alami

Saat tenggorokan terasa gatal, rasanya tentu sangatlah tidak nyaman. Namun Anda tak perlu cemas. Sebab, ada berbagai cara mengatasi tenggorokan gatal yang bisa Anda lakukan, mulai dari mengonsumsi obat hingga bahan-bahan alami.

Tenggorokan gatal dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti alergi, infeksi, hingga dehidrasi. Maka dari itu, agar perawatan yang sedang Anda jalani lebih efektif, ada baiknya untuk memahami berbagai penyebab tenggorokan gatal.

Cara mengatasi tenggorokan gatal

Obat antihistamin bisa membantu meredakan tenggorokan gatal

Untuk mengatasi tenggorokan gatal, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis obat maupun bahan alami berikut ini.

• Antihistamin

Antihistamin dapat meredakan gatal di tenggorokan yang disebabkan oleh alergi. Obat ini dapat membantu menghentikan respons peradangan dari tubuh, sehingga reaksi alergi dapat mereda.

• Dekongestan

Dekongestan dapat membantu meredakan berbagai gejala flu dan pilek, termasuk tenggorokan gatal. Obat ini bekerja dengan mengurangi pembengkakan yang terjadi di jalur napas, sehingga aliran udara di tubuh bisa menjadi lebih lancar. Namun obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

• Permen pelega tenggorokan

Mengonsumsi permen pelega tenggorokan dapat membantu meredakan rasa gatal di tenggorokan. Sebab, mengisap permen akan menstimulasi keluarnya air liur, sehingga menjaga tenggorokan untuk tetap lembap dan mengurangi rasa gatal.

Redakan tenggorokan gatal dengan berkumur air garam

• Air garam

Untuk meredakan tenggorokan gatal menggunakan bahan alami ini, Anda cukup mencampurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air.

Setelah itu, berkumur menggunakan air garam tersebut, dua hingga tiga kali sehari. Ingat, setelah berkumur, langsung buang air garam dan jangan menelannya.

• Air jahe dengan lemon dan madu

Ambil satu sendok makan madu dan tuangkan ke gelas. Lalu, tuangkan air panas ke dalamnya. Campurkan air madu tersebut dengan perasan air lemon dari setengah buah lemon.

Parut sedikit jahe dan aduk bersama dengan bahan lain. Minum campuran ini sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

• Susu dan kunyit

Panaskan segelas susu dengan api kecil, dan tambahkan 1 sendok teh bubuk kunyit. Setelah mendidih, tuang campuran tersebut ke gelas dan biarkan hingga suhunya turun, dan minumlah.

Campur cuka apel dengan air hangat sebelum diminum

• Cuka apel

Anda juga bisa menggunakan cuka apel untuk membantu mengatasi tenggorokan gatal. Campurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air panas. Tunggulah hingga cukup dingin untuk diminum sebelum mengonsumsinya.

• Gunakan pelembap ruangan

Udara ruangan yang terlalu kering, bisa membuat tenggorokan Anda terasa tidak nyaman. Karena itu, Anda dapat menambahkan pelembap ruangan atau humidifier agar udara di ruangan terasa lebih nyaman.

• Istirahat yang cukup

Beristirahat dengan cukup, akan membantu tubuh untuk melawan virus ataupun bakteri penyebab tenggorokan menjadi gatal. Berilah jeda yang cukup saat bekerja di siang hari, dan tidur yang cukup saat malam hari.

Kenali penyebab tenggorokan gatal

Ada berbagai kondisi yang bisa membuat tenggorokan terasa gatal. Kenalilah penyebab tenggorokan gatal lebih jauh, untuk mendapatkan jenis perawatan yang tepat dan efektif.

Rinitis alergi dapat ditandai dengan bersin-bersin

1. Rinitis alergi

Rinitis alergi adalah kondisi saat tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap zat-zat yang pada kondisi normal, tidak menyebabkan efek serupa. Zat yang dapat memicu kondisi ini di antaranya serbuk bunga, asap, debu, dan asap dari rokok, maupun polusi.

Alergi lain seperti alergi makanan dan alergi obat, juga dapat menimbulkan tenggorokan gatal sebagai gejalanya.

2. Radang tenggorokan dan kerongkongan

Radang tenggorokan atau faringitis, dan radang pita suara atau laringitis, dapat muncul akibat infeksi bakteri atau virus. Keduanya juga dapat menyebabkan tenggorokan terasa gatal.

3. Pilek

Pilek dapat membuat tenggorokan Anda terasa gatal. Kondisi yang disebabkan oleh infeksi virus ini, dapat memicu adanya penumpukan lendir di hidung, yang kemudian mengalir ke belakang tenggorokan.

4. Sinusitis

Tenggorokan gatal pada penderita sinusitis biasanya disertai dengan gejala lain, seperti sakit kepala dan nyeri di bagian wajah, hidung mampet, dan batuk kronis. Infeksi sinus dapat terjadi selama beberapa minggu, atau bahkan berbulan-bulan.

Cukupi kebutuhan cairan Anda untuk hindari dehidrasi

5. Dehidrasi

Tubuh mengalami dehidrasi saat kekurangan cairan. Dehidrasi dapat mengakibatkan mulut menjadi kering, karena terjadi kekurangan produksi air liur di rongga mulut.

Hal tersebut juga akan merembet ke tenggorokan, dan mengakibatkan tenggorokan terasa gatal.

6. Refluks asam

Meski hubungannya terlihat cukup jauh, asam lambung ternyata juga bisa menyebabkan tenggorokan gatal. Saat asam lambung Anda naik, maka asam tersebut dapat menyebar hingga ke bagian belakang kerongkongan, sehingga menimbulkan sensasi seperti gatal.

7. Efek samping obat

Beberapa jenis obat dapat menyebabkan timbulnya batuk kering dan tenggorokan gatal, yang tidak disebabkan karena alergi. Salah satu jenis obat yang memiliki efek samping ini adalah obat penurun darah tinggi atau ACE inhibitor.

Tenggorokan gatal bisa dicegah

Agar tenggorokan gatal tidak kembali datang, Anda bisa melakukan beberapa langkah pencegahan di bawah ini.

  • Berhenti merokok
  • Minum air yang banyak
  • Hindari konsumsi kafeina dan alkohol
  • Sering cuci tangan, terutama saat musim flu dan batuk
  • Hindari hal-hal yang membuat Anda alergi

Segera hubungi dokter apabila tenggorokan gatal disertai gejala lain

Meski dirasa tidak nyaman, tenggorokan gatal umumnya bukanlah kondisi yang berbahaya. Namun, jika munculnya kondisi ini disertai dengan gejala lain seperti napas berbunyi, sulit bernapas, atau sakit saat menelan, Anda disarankan untuk segera menghubungi dokter.

Selain itu, jika sudah mencoba berbagai obat untuk tenggorokan gatal, tapi tidak kunjung membaik, Anda juga sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan menentukan perawatan yang paling tepat untuk kondisi Anda.

Tenggorokan gatal dapat dengan mudah dicegah, selama Anda menjalani gaya hidup yang sehat. Karena itu, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan rutin berolahraga.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317066.php
Diakses pada 20 Agustus 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/itchy-throat
Diakses pada 20 Agustus 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/itchy-throat-remedy
Diakses pada 20 Agustus 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/tickle-in-throat
Diakses pada 20 Agustus 2019

WebMD. https://www.webmd.com/cold-and-flu/cold-guide/decongestants-antihistamines-cold#1
Diakses pada 20 Agustus 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed