Cara Instan Menumbuhkan Jambang Adalah Hal Mustahil, Ini yang Lebih Tepat


Ada banyak faktor yang memengaruhi tumbuhnya jambang. Namun ketika tubuh ternutrisi dan terawat dengan baik, jambang dapat tumbuh.

(0)
25 Jan 2021|Azelia Trifiana
Cara menumbuhkan jambangTak ada cara instan menumbuhkan jambang
Di antara banyak produk perawatan untuk pria, penumbuh rambut di wajah seperti kumis atau jambang adalah salah satu yang cukup dicari. Secara umum, mudah tidaknya rambut seseorang tumbuh bergantung pada faktor genetik.Namun dalam kasus yang lebih langka, bisa juga sulitnya tumbuh rambut terjadi karena kondisi medis seperti alopecia. Ini juga yang menjadi penyebab kebotakan.

Cara menumbuhkan jambang secara alami

Meningkatnya minat banyak orang untuk memiliki jenggot atau jambang dijawab dengan beragamnya produk penumbuh rambut. Bentuknya bisa berupa suplemen yang diminum hingga obat atau minyak yang dioleskan ke wajah.Meski demikian, tak jarang ada produk yang tidak memiliki kredibilitas ilmiah. Ada cara menumbuhkan jambang secara alami yang lebih aman, seperti:

1. Merawat kulit

Rambut akan tumbuh dengan lebih sehat dan cepat apabila permukaan kulitnya bersih dan ternutrisi. Artinya, harus diketahui betul bagaimana cara mencuci muka untuk membersihkan kulit dari minyak, kuman, dan keringat yang bisa menyumbat pori-pori.Tak hanya itu, lengkapi dengan mengangkat sel kulit mati atau exfoliating setidaknya dua kali sepekan. Bukan hanya perempuan, skincare juga berlaku untuk laki-laki dengan menambahkan pelembap dan tentunya tabir surya sebelum beraktivitas.

2. Asupan vitamin B

Ada beberapa jenis vitamin B yang bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut, salah satunya adalah vitamin B7 atau biotin. Seberapa banyak dosis yang diperlukan tentu berbeda antara satu orang dan lainnya. Konsultasikan dengan dokter kulit untuk mengetahuinya.Biotin dapat memperkuat protein di rambut, kulit, dan juga kuku sehingga pertumbuhannya lebih cepat. Selain vitamin B7, alternatif lain bisa dengan vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), atau B3 (niacin).Penting diingat bahwa jika mengonsumsi suplemen vitamin B, perbanyak minum air setiap harinya. Tujuannya untuk mencegah kulit menjadi kering dan berjerawat.Selain suplemen, vitamin B juga bisa diperoleh dari makanan-makanan seperti roti gandum, produk olahan susu, serta kacang-kacangan. Sumber protein dari daging dan ikan juga bisa menjadi alternatif alami.

3. Penuhi kebutuhan cairan

Tubuh manusia hingga sel-sel terkecil seperti rambut akan bekerja secara efisien apabila kebutuhan cairannya tercukupi. Jika asupan cairan tidak mencukupi, regenerasi sel rambut tidak akan berlangsung dengan cepat.Tak hanya itu, kekurangan cairan juga akan membuat vitamin dan nutrisi tidak terdistribusi secara merata. Artinya, selain menumbuhkan jambang adalah hal yang sulit terwujud, rambut hingga janggutnya pun bisa menjadi lebih kasar dan kering.

4. Tidur cukup

Tidur selama 7-8 jam setiap harinya sangat penting karena di saat itulah regenerasi sel berlangsung. Ketika tubuh tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, sel tidak akan menjadi lebih kuat dan sehat.Di saat yang sama, aliran darah orang yang kurang tidur juga menjadi lebih lambat. Sirkulasi yang tidak lancar ini berarti nutrisi dan vitamin tidak bisa terdistribusi sempurna. Ini sama seperti kondisi tubuh saat mengalami dehidrasi. Lebih jauh lagi, kondisi ini pun bisa menyebabkan kerontokan.

5. Tidak merokok

Kebiasaan buruk merokok berkaitan erat dengan kerontokan. Banyak sekali zat kimia dalam asap rokok yang menyebabkan kerusakan dan peradangan DNA. Termasuk kerusakan pada pembuluh darah yang memberikan nutrisi pada folikel rambut.Dengan berhenti atau tidak merokok, jambang dan rambut di wajah lainnya bisa tumbuh lebih optimal. Alasannya tentu karena pembuluh darah tidak mengalami kerusakan dan peradangan.

6. Makan bergizi

Menumbuhkan jambang juga bisa dilakukan dengan menyeimbangkan asupan makanan ke tubuh. Komposisinya bisa berupa protein, sayur, gandum utuh, keju, dan juga yogurt. Asupan ini akan menjamin tubuh mendapat nutrisi yang tepat demi pertumbuhan rambut.Sebaiknya, pilih makanan kaya akan vitamin A, B, C, dan juga E. Beberapa contohnya seperti:
  • Telur
  • Alpukat
  • Almond
  • Gandum utuh
  • Salmon
  • Ayam
  • Sayuran hijau
  • Wortel
  • Ubi
  • Tomat
Selain beberapa cara alami menumbuhkan jambang, jangan percaya mitos bahwa mencukur setiap hari akan mempercepat tumbuhnya. Hingga kini, tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan hal itu.Janggut atau jambang bisa saja terlihat lebih tebal ketika dicukur karena bagian atas rambut yang tipis sudah hilang. Artinya, bagian dasar rambut yang dekat dengan folikel dan berwarna gelap lebih terlihat. Namun, bukan berarti bisa tumbuh lebih cepat.

Faktor yang pengaruhi tumbuhnya jambang

Berikut gambaran bagaimana siklus pertumbuhan rambut, lengkap dengan rentang waktunya:
  • Fase anagen

Rambut tumbuh sekitar 1,2 cm per bulan dan terus akan bertumbuh hingga 3-4 tahun kemudian, meskipun terus menerus dicukur
  • Fase katagen

Folikel rambut akan berkerut, namun di saat bersamaan rambut pun tetap tumbuh. Fase ini berlangsung cukup singkat, sekitar 2 pekan.
  • Fase telogen

Folikel akan berada di kondisi sama selama beberapa bulan sebelum akhirnya mulai tumbuh kembali. Folikel mendorong rambut lama dan mulai menumbuhkan yang baru.Secara konstan, rambut di wajah termasuk jambang akan terus tumbuh dan mengalami regenerasi.Beberapa faktor yang turut berpengaruh terhadap pertumbuhan jambang adalah siklusnya, yang meliputi:
  • Faktor genetik

Gen sangat berperan terhadap pertumbuhan folikel rambut. Artinya, jika orangtua atau kakek kesulitan menumbuhkan jambang, sangat mungkin Anda mengalami hal serupa.
  • Kondisi genetik

Ada beberapa kondisi yang juga bisa merusak folikel rambut. Contohnya penyumbatan pori-pori hingga konsekuensi dari rendahnya hormon testosteron.
  • Stres

Ketika stres, tubuh menghasilkan hormon kortisol. Ini bisa mengakibatkan rambut rontok dan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan rambut.
  • Perawatan kulit

Memberikan perawatan pada kulit sesuai dengan kebutuhan akan membuat rambut lebih mudah tumbuh

Tidak ada cara pasti untuk membuat jambang tumbuh lebat dan cepat. Namun, ada banyak cara untuk membuat rambut di wajah tumbuh dengan tebal, kuat, dan terpenting sehat.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar kaitan antara hormon dengan pertumbuhan rambut, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
obat penumbuh jenggotjenggotkesehatan pria
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-make-facial-hair-grow
Diakses pada 7 Januari 2021
  1. https://www.gq.com/story/how-to-grow-a-beard-fast
    Diakses pada 7 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-grow-beard-naturally-at-home
Diakses pada 7 Januari 2021
PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25883641/
Diakses pada 7 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait