Mengenal Kutu Busuk dan Cara Menghilangkannya dari Rumah

Kutu busuk aktif di malam hari dan memiliki gigitan yang sama seperti nyamuk saat menghisap darah
Noda kehitaman dan bau menyengat pada sprei dan selimut bisa menandakan keberadaan kutu busuk

Kutu busuk memiliki ukuran tubuh kecil berwarna cokelat dan hidup untuk mengisap darah hewan ataupun manusia. Kutu dewasa memiliki bentuk tubuh yang datar, seukuran biji apel. Setelah mengonsumsi makanannya, tubuh kutu biasanya berubah menjadi kemerahan.

Kutu busuk tidak dapat terbang, tapi pergerakan mereka sangat cepat, baik di lantai ataupun di dinding rumah. Kutu betina dapat bertelur hingga ratusan butir, dengan ukuran sekecil debu.

Di mana kutu busuk bersembunyi?

Seekor kutu dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah melalui barang-barang yang Anda bawa, seperti pakaian. Tubuh pipih membuat seekor kutu dapat hinggap di berbagai tempat dengan ruang-ruang yang terbatas. Kutu busuk tidak memiliki sarang layaknya semut atau lebah. Mereka hanya hidup bersama secara bergerombolan pada satu tempat yang tersembunyi.

Seiring dengan waktu, kutu busuk dapat menyebar ke seluruh kamar tidur dengan berpindah-pindah melalui celah pintu, maupun tempat-tempat yang terlindungi. Jika menemukan kutu busuk dalam rumah, maka itu menjadi pertanda bahwa tempat yang Anda tinggali kurang mendapatkan perhatian atau kotor.

Kapan kutu busuk menggigit?

Binatang ini aktif pada malam hari. Mereka biasanya menggigit manusia saat tidur. Cara mereka makan adalah dengan menusuk kulit Anda dan mengisap darah dengan paruh panjang yang mereka miliki. Seekor kutu busuk biasanya akan menghabiskan waktu tiga hingga sepuluh menit untuk mengisap darah manusia.

Gigitan seekor kutu biasanya tidak akan terasa di awal, tapi Anda akan mulai merasa gatal layaknya digigit nyamuk. Banyak orang sebenarnya tidak menyadari bahwa mereka telah digigit oleh kutu busuk dan menganggap bekas gigitan mereka seperti gigitan nyamuk biasa. Satu-satunya cara agar Anda menyadari bahwa itu gigitan kutu adalah dengan menemukan kutu itu sendiri.

Anda dapat mengetahui keberadaan kutu busuk dalam kamar tidur atau ruangan lain dalam rumah dengan mengetahui beberapa hal berikut:

  1. Terdapat noda darah di atas bantal, selimut, atau sprei yang Anda gunakan.
  2. Adanya noda kehitaman atau kotor di atas sprei, dinding, maupun selimut kamar Anda.
  3. Adanya jejak bintik-bintik atau kulit telur di tempat kutu busuk bersembunyi.
  4. Tercium bau yang menyengat khas serangga.

Jika Anda menyadari keempat tanda di atas, maka segeralah bongkar tempat tidur Anda dan perhatikan setiap sisi tempat yang mungkin menjadi persembunyian kutu. Lakukan pengecekan pula di sekitar rak buku, telepon, karpet, ataupun tempat-tempat lainnya.

Cara menghilangkan kutu busuk

Jika Anda mengalami gigitan kutu, maka segeralah melakukan beberapa hal ini sebagai cara menghilangkan kutu busuk.

  1. Bersihkan sprei dan pakaian Anda dengan air hangat, serta keringkan dengan pengering mesin cuci berkecepatan tinggi.
  2. Gunakan sikat yang kaku untuk menggosok kasur dan menghilangkan kutu busuk serta telur mereka, sebelum menyedotnya dengan penyedot debu.
  3. Vakum tempat tidur dan bagian-bagian sempit, kemudian segera buang kotoran ke luar rumah.
  4. Tutuplah retakan yang terdapat di dinding rumah Anda dengan rapat.
  5. Jangan biarkan kasur Anda berantakan.

Selalu menjaga kebersihan rumah menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjauhkan Anda dari munculnya serangan kutu busuk.

ciri gigitan kutu busuk

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/bedbugs-infestation#1
Diakses pada 1 Februari 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed