Bekas luka tidak dapat hilang sepenuhnya, namun ada cara yang dapat memudarkannya
Anda bisa menggunakan krim pelembap untuk menghilangkan bekas luka bakar.

Setelah luka bakar berhasil diatasi, bekas luka dapat terbentuk di kulit, terutama apabila luka bakar yang dialami adalah luka bakar derajat dua dan derajat tiga. Kondisi ini dapat mengganggu penampilan. Sehingga, beberapa orang merasa perlu untuk mencari metode penghilang bekas luka yang tepat dengan tetap memperhatikan kesehatan kulit.

Meski kemungkinan bekas luka bakar tidak dapat hilang sepenuhnya, ada sejumlah cara yang tepat untuk memudarkannya. Perawatan untuk bekas luka bakar umumya dapat dibagi menjadi 4 metode, yaitu dengan krim, prosedur tanpa operasi, laser, dan operasi.

1. Krim untuk Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Bekas luka bakar sering menimbulkan rasa gatal. Untuk membantu menguranginya, Anda dapat menggunakan krim pelembap yang tidak mengandung pewangi atau parfum untuk mencegah terjadinya iritasi.

Oleskan krim tersebut saat bekas luka mulai terbentuk, dengan lembut. Seiring berjalannya waktu, Anda dapat menambah tekanan saat mengoleskan krim tersebut, untuk mencegah bekas luka menjadi keras, sekaligus menjadikan area di sekitar bekas luka lebih kendur.

Anda disarankan untuk tidak menggunakan krim yang mengandung vitamin A ataupun vitamin E pada luka. Sebab, krim dengan kandungan dua vitamin tersebut justru dapat membuat luka akan semakin jelas terlihat.

2. Memudarkan Bekas Luka Bakar tanpa Operasi

Terdapat beberapa metode yang dapat membantu menghilangkan atau memudarkan bekas luka bakar, di antaranya:

Balut luka dengan lembaran gel silikon

Lembaran gel silikon merupakan lapisan tipis berwarna transparan yang Anda tempatkan untuk membalut area bekas luka. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda perlu menggunakannya sejak bekas luka mulai terbentuk, setiap hari secara rutin selama beberapa bulan.

Gel silikon dapat membantu mengurangi ukuran bekas luka. Selain itu, metode ini juga dapat membantu mengurangi rasa gatal, pembengkakan, kemerahan, dan mencegah kulit menjadi keras atau kaku.

Meski begitu, penggunaan gel silikion juga memiliki risiko dan efek samping seperti menyebabkan ruam. Segera hubungi dokter apabila Anda mengalami efek samping yang tidak diinginkan dalam penggunaanya.

Terapi tekan

Memberikan tekanan pada area bekas luka bakar dapat membantu memudarkan atau mencegah terbentuknya bekas luka terutama, yang berbentuk seperti keloid. Terapi ini mengharuskan Anda menggunakan kain khusus di area bekas luka bakar.

Kain harus terbuat dari cukup tebal, sehingga dapat memberikan tekanan untuk mencegah bekas luka kembali terbentuk. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, terapi ini dapat dilakukan selama 6-12 bulan, dan Anda disarankan untuk menggunakan kain tersebut selama 23 jam sehari.

Terapi pijat

Terapi pijat dapat membantu mengurangi ketebalan bekas luka bakar dan memudarkannya. Pijat juga dapat membantu mengubah jaringan luka di bawah kulit, sehingga mencegah bekas luka bakar menjadi kaku dan keras, agar pergerakan Anda tidak terganggu.

Suntikan

Dokter dapat menyuntikkan obat kortikosteroid untuk mengatasi bekas luka bakar yang Anda alami. Umumnya, prosedur ini dilakukan untuk bekas luka yang menonjol, seperti keloid.

3. Prosedur Laser

Prosedur laser dapat memudarkan warna dari bekas luka, meningkatkan kemampuan pergerakan apabila bekas luka yang dialami cukup parah hingga menghambat pergerakan.Tidak hanya itu, prosedur ini juga dapat mengurangi rasa nyeri, gatal, dan pembengkakan pada bekas luka.

4. Tindakan Operasi

Selama operasi, dokter akan memotong area kulit dengan bekas luka. Operasi juga dapat meningkatkan pergerakan pada luka, yang menyebabkan kesulitan saat bergerak. Namun, prosedur ini umumnya hanya dilakukan apabila perawatan lainnya benar-benar tidak efektif untuk menghilangkan bekas luka.

Berbagai metode penghilang luka bakar di atas dapat menjadi pilihan untuk membantu memperbaiki kondisi kulit Anda. Namun perlu diingat,proses penyembuhan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Ikuti langkahnya dengan tepat dan teratur, untuk mendapatkan hasil perawatan yang maksimal.

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/bumps-and-growths/scars#treatment
Diakses pada 29 Maret 2019

Very Well. https://www.verywellhealth.com/burn-scars-treatment-4173075
Diakses pada 29 Maret 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321314.php
Diakses pada 29 Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed