Cara Hidup Bahagia di Kala Semuanya Terasa Berat Dijalani

Cara hidup bahagia perlu dilakukan agar pikiran senantiasa waras dan hati tetap gembira
Kebahagiaan setiap orang memang berbeda, lakukanlah hal positif yang bisa menyenangkan hati Anda

Banyak dari kita mungkin mendambakan kebahagiaan dalam hidup. Di tengah rintangan dan tantangan hidup yang terus menghampiri, melakukan hal yang menyenangkan hati adalah satu hal yang pasti. Ada beberapa cara hidup bahagia yang bisa kita lakukan agar pikiran senantiasa sehat dan waras.

Cara hidup bahagia yang mudah dilakukan

Dengan tips yang mudah dan sederhana, berikut ini cara hidup bahagia yang bisa diterapkan:

1. Tersenyumlah

Anda mungkin lebih sering tersenyum di kala hati sedang gembira saja. Namun sebenarnya, senyum dan kebahagiaan memiliki hubungan yang dua arah. Anda tetap bisa mencoba tersenyum untuk memancing rasa bahagia menghampiri diri. Jangan lupa untuk memulai hari dengan tersenyum, begitu Anda bangun tidur di pagi hari.

Senyum sebagai cara hidup bahagia
Senyum dapat memancing rasa bahagia

2. Rutin berolahraga

Aktivitas fisik tak hanya untuk memelihara kesehatan fisik saja, namun juga membantu mengurangi stres, rasa cemas, dan gejala depresi. Rutin berolahraga dikaitkan dengan naiknya rasa harga diri (self-esteem) dan rasa bahagia.

Kita tak perlu berolahraga berat untuk mendapatkan manfaatnya. Anda bisa mulai rutin berjalan kaki berkeliling kompleks, mengikuti kelas-kelas seperti kelas yoga, dan melakukan peregangan saat hendak tidur.

3. Tidur dengan cukup

Beristirahat dengan cukup sangat vital untuk kesehatan fisik, otak, dan psikologis. Pastikan Anda tidur selama 7-9 jam setiap harinya. Untuk memudahkan diri terlelap, pastikan kamar bersih, tenang, dan gelap. Jangan lupa pula untuk membiasakan tidur dan bangun di jam yang sama untuk menghindari tidur berlebihan.

4. Konsumsi makanan sehat

Memerhatikan asupan makanan bergizi dan bernutrisi juga menjadi cara yang penting dilakukan untuk hidup bahagia. Beberapa zat gizi tertentu bahkan dikaitkan dengan kondisi psikologis yang baik, seperti:

  • Karbohidrat yang melepaskan serotonin, si hormon kebahagiaan
  • Makanan tinggi protein yang melepaskan dopamin dan norepinefrin, senyawa yang berefek baik untuk meningkatkan konsentrasi

Sebaliknya, makanan yang telah melalui proses pengolahan yang panjang dan makanan yang digoreng juga cenderung membuat mood menjadi buruk.

5. Berikan pujian pada orang lain

Menyampaikan pujian yang tulus menjadi cara mudah dan cepat untuk membuat Anda lebih bahagia, di samping juga menyenangkan hari orang yang Anda puji. Pusatkan pujian pada kualitas yang ada pada diri seseorang dan tidak terlalu fokus berdasarkan penampilan fisiknya. Pujian tersebut, misalnya:

  • “Aku suka senyummu yang menularkan kebahagiaan pada orang lain.”
  • “Kamu menginspirasiku untuk menjadi lebih baik.”

6. Jangan larut dalam kesendirian

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial. Walau beberapa orang mungkin mengganggap dirinya individu introvert, ada kalanya kita tetap membutuhkan satu atau dua orang untuk berbagi dan bercengkrama.

Apabila memungkinkan, Anda juga bisa mencoba merawat hewan peliharaan di rumah sebagai teman agar hidup Anda lebih berwarna. Telah banyak studi yang menunjukkan efek positif dari memelihara hewan.

7. Sesekali, break dari HP dan media sosial

Mengabaikan smartphone memang menjadi hal yang sulit. Tak ada salahnya jika Anda mengalokasikan waktu sebentar, misalnya di akhir pekan selama satu jam, untuk mematikan HP dan mengabaikan pesan instan. Anda bisa mengisinya dengan membaca buku, meditasi, jalan-jalan ke taman, atau sekadar berbaring.

8. Ciptakan ritual self-care yang paling sesuai dengan diri

Hidup memang tidak mudah dan banyak rintangan yang terus menghampiri. Tak ada salahnya bagi kita untuk menciptakan ritual self-care yang paling sesuai dengan kebutuhan diri sendiri.

Tak perlu ribet dan mahal, Anda bisa mencari ritual sederhana yang menaikkan mood. Misalnya, dengan mandi air hangat di malam hari, mengoleskan masker di akhir pekan sembari membaca buku, hingga menyiapkan film seri yang hendak ditonton di malam minggu.

Apapun ritual positif Anda, lakukanlah agar hidup lebih bahagia dan seimbang.

9. Alokasikan waktu dan rezeki untuk orang lain

Studi telah menunjukkan bahwa berbuat kebaikan juga memengaruhi kebahagiaan diri. Selain memberi pujian, alokasikan sedikit rezeki dan waktu Anda untuk memberikannya pada orang lain. Anda bisa menyumbangkan donasi ke lembaga terpercaya, memberi makan hewan di jalanan, atau menjadi sukarelawan di yayasan yang diminati.

10. Agendakan me-time

Siapa yang bilang Anda tak bisa bermanja ria sendirian? Me-time amat bermanfaat untuk kebahagiaan sekaligus waktu yang tepat untuk merefleksikan diri. Anda bisa makan sendirian di restoran favorit, menonton film di bioskop, atau bertamasya ke tempat yang Anda suka.

Cara bahagia dengan me time
Agendakan sesekali waktu untuk me time, seperti di kedai kopi

11. Terima kenyataan saat momen pahit menghampiri

Memang terdengar ‘kejam’, namun hidup tak selalu dihiasi dengan momen-momen manis. Saat mengalami kejadian yang menyedihkan, terimalah kondisi tersebut bahwa Anda benar-benar sedih dan berduka.

Biarkanlah diri bersedih dengan suatu kejadian yang tidak menyenangkan. Kemudian, pikirkan cara yang paling mungkin membantu Anda untuk segera pulih. Tak perlu pura-pura bahagia saat berduka.

12. Refleksi diri

Sekali setahun, Anda bisa melakukan refleksi diri sejauh mana Anda telah berkembang hingga titik ini. Tanyakan kabar pada diri Anda, “Sudahkah aku lebih bahagia dibanding tahun sebelumnya?”. Apabila ada target yang belum tercapai, ingatlah bahwa masih ada waktu-waktu berikutnya untuk berusaha. Lupakanlah masa lalu yang menjerat kebahagiaan diri Anda.

Jangan terlalu keras dengan diri sendiri, ya.

Baca jugaCara Melupakan Masa Lalu untuk Mengobati Luka Hati yang Menganga

13. Temui praktisi kesehatan medis dan psikolog

Menurunkan risiko penyakit kronis dapat dilakukan dengan rutin melakukan pengecekan medis. Misalnya, Anda bisa memeriksakan tekanan darah, kadar kolesterol, hingga tes kesehatan lain.

Apabila mood Anda cenderung selalu buruk dan kadang memengaruhi aktivitas diri, alokasikanlah waktu untuk menemui psikolog atau konselor.

Catatan dari SehatQ

Memang kebahagiaan itu sendiri menjadi hal yang subjektif bagi masing-masing individu. Namun pada akhirnya, hati yang gembira dengan cara yang positif membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Beberapa cara hidup bahagia di atas juga membantu tubuh Anda lebih bugar dan sehat.
Semoga bermanfaat, dan jangan lupa bahagia!

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-be-happy
Diakses pada 24 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/making-body-comments-online-how-to-be-human
Diakses pada 24 Februari 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/how-many-hours-of-sleep-are-enough/faq-20057898
Diakses pada 24 Februari 2020

Artikel Terkait