8 Cara Hidup Anak Kost yang Baik, Mulai dari Makan yang Sehat!


Hidup sebagai anak kost bukan berarti bisa menjalani gaya hidup sembarangan. Agar tetap sehat dan aktif, jaga pola makan yang baik dan istirahat yang cukup.

(0)
12 Jan 2021|Azelia Trifiana
Tips hidup sebagai anak kost yang sehatHidup sebagai anak kost bukan berarti bisa menjalani gaya hidup sembarangan
Hidup sebagai anak kost bukan berarti bisa menjalani gaya hidup sembarangan, utamanya yang berhubungan dengan pola makan. Kerap kali, kesibukan mengerjakan tugas dan segunung urusan lain membuat urusan perut jadi terabaikan. Jangan sampai ini justru berdampak negatif dalam jangka panjang.Jika hanya ada sedikit waktu yang tersedia untuk makan, pastikan yang masuk ke dalam tubuh adalah makanan anak kost yang sehat. Seimbangkan porsi protein, lemak, dan juga karbohidrat.

Cara hidup anak kost yang baik

Beberapa panduan di bawah ini bisa menjadi referensi cara hidup anak kost yang baik, yaitu:

1. Makan bergizi

Ini adalah aturan mutlak, yaitu makan bergizi setiap harinya. Makanan yang masuk ke tubuh harus memenuhi kebutuhan protein, lemak, dan karbohidrat. Sebisa mungkin, hindari mengonsumsi junk food terlalu sering karena bisa meningkatkan risiko menderita berbagai penyakit.Tak hanya itu, minuman pun juga harus dipilah sebelum dikonsumsi. Jangan sampai terlalu sering mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan atau minuman soda yang tidak baik untuk tubuh.

2. Konsumsi sayur dan buah

buah jeruk
Mengonsumsi jeruk dapat menjaga imunitas tubuh
Tak hanya protein, lemak, dan karbohidrat yang harus masuk dalam makanan anak kost yang sehat. Jangan lupakan pentingnya mengonsumsi sayur dan buah setiap harinya. Tak perlu yang impor, ada banyak pilihan buah lokal yang terjangkau dan mudah dibeli dari mana saja.Akan jauh lebih baik mengonsumsi sayur dan buah dalam bentuk aslinya, atau diproses seminimal mungkin. Tujuannya agar nutrisinya tetap utuh terjaga. Jika terpaksa membeli jus buah pun, hindari yang mengandung terlalu banyak gula tambahan.

3. Ingat sayur dan buah di tiap waktu makan

Lebih jauh lagi, cara mudah agar anak kost tidak lupa mengonsumsi sayur dan buah adalah dengan memasukkan satu jenis di tiap waktu makan. Cari sayuran dan buah dengan warna yang berbeda-beda. Bahkan ketika sedang makan pizza di luar bersama teman-teman pun, seimbangkan dengan memesan salad agar tetap ada asupan sayur dan buah yang masuk ke tubuh.

4. Cari asupan kalsium

susu kacang kedelai
Susu kedelai bisa jadi sumber kalsium yang mudah didapat
Anak kost terutama yang usianya masih di bawah 30 tahun sedang berada di fase membangun massa tulang. Manfaatkan periode ini untuk memberikan asupan kalsium sebanyak mungkin. Bahkan, bukan hanya untuk gigi saja, kalsium juga penting untuk fungsi saraf, kesehatan gigi, hingga otot.Tak perlu bingung mencari apa sumber kalsium sehari-hari. Selain susu, bisa juga diperoleh dari yogurt, kacang-kacangan, madu, dan juga keju. Selain produk olahan susu sapi, sayuran hijau hingga olahan susu seperti kedelai dan almond juga bisa jadi pilihan.

5. Minum, minum, dan minum

Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan minum air putih sesuai kebutuhan setiap harinya. Apapun aktivitas dan seberapapun banyaknya tugas yang menumpuk, pastikan selalu ada air putih yang mudah diakses kapan saja.Jika bosan dengan air putih, infused water bisa memberikan kesegaran dan variasi rasa. Tambahkan buah seperti lemon, stroberi, daun mint, atau timun. Perhatikan apakah tubuh cukup terhidrasi dengan melihat warna urine. Idealnya, orang yang cukup cairan memiliki warna urine bening hingga kuning pucat.

6. Simpan camilan sehat

Camilan kerap menjebak karena terkesan sebagai makanan ringan, padahal belum tentu komposisinya diperlukan tubuh. Hindari snack yang mengandung terlalu banyak pemanis, pengawet, dan pewarna tambahan karena bisa berdampak negatif bagi tubuh.Sebagai alternatif, bisa memilih biji-bijian, kacang-kacangan, buah kering, soybean, dan juga popcorn tanpa tambahan butter atau perasa lainnya.

7. Jaga kualitas tidur

tidur
Tidur teratur yang cukup menjadikan tubuh lebih sehat
Tak kalah penting dari asupan makanan, jaga kualitas tidur setiap harinya agar tetap terjaga. Hindari begadang semalaman apabila tidak terpaksa. Ingat bahwa tidur adalah fase yang sangat penting untuk otak manusia. Tidurlah setidaknya selama 7-8 jam di malam hari.Terjaga sepanjang malam akan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lambat. Konsekuensi tak terhindarkan selanjutnya adalah kenaikan berat badan serta risiko mengalami diabetes.

8. Jaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri

Selain menjaga kebersihan diri, aktivitas membersihkan lingkungan harus menjadi kebiasaan. Ganti handuk dan sprei secara berkala. Jangan biarkan baju dan kaos kaki kotor menumpuk. Semua sudut harus tetap terjaga kebersihannya, termasuk kamar mandi.

Kunci dari melakukan seluruh cara hidup anak kost yang baik adalah dengan pengelolaan waktu yang tepat. Disiplin dalam mengatur waktu dan jangan menunda pekerjaan dan tugas hingga menumpuk.Mungkin sulit pada awalnya, namun membiasakan diri disiplin dengan waktu sekaligus menjalani gaya hidup sehat akan menjadi investasi jangka panjang.Jangan lupakan pula untuk menyempatkan berolahraga atau beraktivitas fisik setiap harinya. Ada banyak video olahraga yang bisa diakses kapan saja di YouTube. Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang gaya hidup sehat anak kost, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menjaga kesehatanhidup sehatpola hidup sehat
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/why-eating-a-healthy-diet-is-important-2507194
Diakses pada 28 Desember 2020
Teen Vogue. https://www.teenvogue.com/story/8-easy-ways-to-stay-healthy-at-college
Diakses pada 28 Desember 2020
NSHSS. https://www.nshss.org/blog/7-tips-for-staying-healthy-in-college/
Diakses pada 28 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait