Hilangkan Flek Hitam di Kulit dengan Cara yang Tepat Berikut Ini

Menggunakan krim pencerah kulit dapat memudarkan flek hitam di wajah
Flek hitam pada kulit wajah bisa dihilangkan melalui penggunaan krim maupun prosedur laser.

Meski umumnya tidak berbahaya, flek hitam sering dianggap sebagai masalah kulit yang harus mendapatkan perawatan. Kondisi ini memang bagi sebagian orang dapat mengganggu penampilan sehingga menurunkan kepercayaan diri. Ada berbagai cara menghilangkan flek hitam yang dapat Anda coba, mulai dari menggunakan krim, hingga perawatan laser.

Saat ini, dengan berbagai pilihan yang tersedia. Anda perlu lebih cermat dalam memilih metode yang aman agar wajah Anda dapat kembali cerah tanpa, dengan tetap memperhatikan kesehatan kulit. Berikut ini cara menghilangkan flek hitam yang aman dan tepat untuk Anda.

Gunakan Tabir Surya untuk Cegah Flek Hitam

Agar perawatan yang dijalani dapat efektif, Anda harus memulainya dengan rutin menggunakan tabir surya (sunscreen). Tidak hanya saat cuaca panas, tabir surya harus digunakan setiap waktu bahkan hujan untuk mencegah terjadinya perubahan warna di kulit.

Agar proteksi yang didapatkan lebih efektif, gunakan tabir surya dengan sun protection factor (SPF) 30 atau lebih, yang menawarkan proteksi lebih luas terhadap paparan sinar matahari. Anda juga disarankan untuk menggunakan tabir surya yang mengandung zinc oxide atau titanium oxide.

Jika kulit Anda berminyak, gunakan tabir surya yang bersifat non-comedogenic (tidak menyumbat pori-pori). Hal ini dapat membantu mencegah munculnya jerawat yang dapat menjadi penyebab flek hitam.

Hilangkan Flek Hitam dengan Krim

Salah satu cara menghilangkan flek hitam yang cukup efektif adalah dengan menggunakan krim pencerah kulit. Perawatan menggunakan krim umumnya memerlukan waktu yang cukup lama hingga hitungan bulan, dan harus dilakukan secara teratur.

Salah satu bahan yang sering digunakan dalam krim pencerah kulit adalah hidrokuinon. Bahan ini mampu menghambat produksi melanin, tetapi hanya aman untuk digunakan dalam jangka pendek. Jika digunakan berlebihan, hidrokuinon dipercaya dapat menjadi pemicu kanker.

Beberapa krim yang dapat dibeli secara bebas juga dapat membantu menghilangkan flek hitam. Anda dapat memilih krim yang mengadung retinoid asam alfa hidroksi, asam glikolik, deoksiarbutin, dan asam kojic.

Meski bebas digunakan, Anda tetap perlu berhati-hati dalam penggunaannya karena produk-produk tersebut berisiko menyebabkan kulit menjadi kemerahan, bengkak, dan iritasi. Produk pencerah kulit juga mengandung bahan abrasif, yang dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif terhadap paparan sinar matahari. Jadi, pastikan Anda menggunakan tabir surya.

Pilihan Prosedur Kecantikan untuk Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam juga dapat dihilangkan dengan berbagai prosedur kecantikan berikut ini.

1. Laser

Laser bekerja dengan cara mengurangi lapisan kulit selapis demi selapis pada area yang mengalami flek hitam. Ada beberapa jenis perawatan dengan laser. Dibandingkan dengan perawatan lainnya, prosedur laser ini lebih cepat menghilangkan flek hitam pada kulit.

Meski begitu, perawatan ini juga dapat menimbulkan risiko berupa memar, bengkak, kemerahan, infeksi, dan perubahan tekstur kulit.

2. Peeling

Peeling dan produk eksfoliasi (pengelupasan) bekerja dengan cara menyingkirkan sel kulit mati, atau lapisan paling atas dari kulit. Pengelupasan ini akan memperlihatkan lapisan kulit di bawahnya yang lebih sehat, dan tidak mengalami perubahan warna. Peeling juga memiliki risiko yang perlu diwaspadai seperti iritasi.

3. Mikrodermabrasi

Prosedur mikrodermabrasi bertujuan untuk mengikis permukaan kulit, sehingga flek hitam dapat memudar. Terdapat dua jenis mikrodermabrasi, yaitu mikrodermbrasi menggunakan kristal, dan mikrodermabrasi menggunakan berlian. Keduanya memiliki permukaan kasar, yang dapat mengangkat sel-sel kulit.

4. Cryosurgery

Cryosurgery dilakukan untuk membekukan flek hitam pada kulit, dengan menggunakan nitrogen cair. Langkah ini memicu pengelupasan kulit, sekaligus memudarkan flek hitam. Prosedur ini dapat menimbulkan berbagai risiko. Salah satunya, area flek hitam dapat berubah menjadi lebih putih dari area kulit sekitarnya.

Setelah mengetahui berbagai pilihan di atas, Anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari metode yang tepat untuk menghilangkan flek hitam di kulit. Ingat, prosedur kecantikan hanya dapat dilakukan oleh dokter. Jangan sampai Anda melakukannya di sembarang tempat, karena akan berbahaya bagi kesehatan.

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/skin-care/skin-of-color
Diakses pada 29 Maret 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-dark-spots
Diakses pada 29 Maret 2019

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/causes-of-dark-spots-1069545
Diakses pada 29 Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed