Ini Dia 4 Cara Mengatasi Mendengkur Serta 7 Penyebabnya


Mendengkur atau ngorok adalah tanda dari kondisi kesehatan tertentu dan bukanlah sesuatu yang normal. Penyebab mendengkur atau ngorok pun beragam, diantaranya adalah hidung tersumbat, posisi tidur, hingga kelebihan berat badan.

(0)
03 May 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Hidung tersumbat dan berat badan berlebih dapat menjadi penyebab mendengkurBerat badan berlebih dapat menjadi salah satu penyebab mendengkur
Mendengkur atau yang sering disebut dengan "Ngorok" kerap dianggap sebagai sesuatu yang normal dan tidak memerlukan penanganan apapun. Namun, mendengkur bisa jadi merupakan tanda Anda mengalami kondisi tertentu, seperti sleep apnea atau apenea tidur. Selain sleep apnea, penyebab mendengkur pun ada beragam, mulai dari hidung tersumbat hingga infeksi.Berikut adalah penjelasan mengenai penyebab mendengkur dan cara mengatasi mendengkur yang dapat digunakan untuk mengatasi kebiasaan buruk yang tidak pernah Anda sadari ini.

Penyebab Mendengkur atau Ngorok

Untuk menemukan cara berhenti mendengkur atau mengorok, sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu hal-hal yang menjadi penyebab mendengkur berikut:

1. Hidung Tersumbat

Saat hidung tersumbat, aliran udara yang melewati saluran napas, bisa terganggu. Hal ini membuat hidung jadi sulit  bernapas dan menimbulkan suara dengkuran. Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan hidung tersumbar antara lainflu, pilek, dan alergi. Cara mengatasi mendengkur karena hidung tersumbat dapat di atasi dengan menggunakan nasal strip atau berkonsultasi dengan dokter.

2. Tidur Telentang

Kebiasaan mendengkur juga bisa muncul pada orang yang terbiasa tidur telentang. Posisi tidur ini, dapat membuat suara mendengkur lebih nyaring. Untuk mengatasi mendengkur saat tidur, lebih baik gunakan posisi tidur miring atau menumpuk 2-3 bantal agar posisi kepala lebih tinggi.

3. Bentuk Hidung

Bentuk hidung rupanya juga bisa memengaruhi dengkuran seseorang. Pada orang yang memiliki lapisan dinding tipis di antara lubang hidung yang tidak terbentuk dengan sempurna, maka kemungkinan ia punya kebiasaan ngorok akan lebih tinggi.Hal yang sama dapat terjadi bila hidung cedera atau terluka. Sebaiknya bicarakan dengan dokter untuk operasi atau perawatan lainnya untuk mengatasi bentuk hidung yang menyebabkan Anda mendengkur.

4. Bentuk Mulut

Apabila bagian atas mulut yang mengarah ke tenggorokan atau langit-langit lunak yang Anda miliki rendah dan tebal, maka jalan napas akan semakin sempit. Hal ini bisa membuat Anda mendengkur. Pembedahan terkadang menjadi opsi yang membantu mengatasi masalah ini.

5. Infeksi pada Anak

Dengkuran pada anak dapat terjadi ketika anak demam atau alergi. Selain itu, mendengkur juga menjadi indikasi adanya infeksi pada rongga sinus, tenggorokan, paru-paru, atau saluran pernapasan. 

6. Kehamilan

Ibu hamil cenderung mendengkur karena saluran hidung yang membengkak. Selain itu, kenaikan berat badan selama kehamilan juga mendorong diafragma, sehingga muncul suara dengkuran saat udara masuk dan keluar dari paru-paru.

7. Kebiasaan Minum Alkohol

Kebiasaan ngorok juga sering muncul pada orang yang rutin mengonsumsi alkohol sebelum tidur. Sebab, minum alkohol membuat otot tenggorokan menjadi lebih lemas, sehingga otot tidak terlalu kuat untuk menahan gangguan pernapasan yang terjadi saat tidur.

Cara Mengatasi Mendengkur yang Ampuh

Bagi orang yang mendengkur, berikut ini beberapa cara mengatasi ngorok yang dapat Anda lakukan sesuai dengan penyebabnya:

1. Kontrol Berat Badan

Masalah mendengkur sering dikaitkan dengan kelebihan berat badan. Terutama jika lingkar leher melebihi 43 cm. Jaringan lemak di sekitar leher akan menekan jalan napas dan mencegah udara mengalir masuk dan keluar dengan bebas. Pastikan untuk menjaga berat badan ideal dan berbicaralah dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

2. Hindari Alkohol

Dampak buruk alkohol lainnya adalah membuat otot lidah dan tenggorokan Anda lemas. Inilah yang membuat Anda tidur mendengkur. Jadi, hindari minuman beralkohol dan terapkan pola konsumsi minuman yang lebih sehat. Itulah berbagai cara berhenti mendengkur yang efektif. Mulai terapkan hari ini agar Anda dapat menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

3. Hindari Tidur Telentang

Agar tidak mendengkur, cobalah untuk tidur menghadap samping dan tidak telentang. Tidur dengan posisi telentang akan membuat lidah, dagu, dan jaringan lemak berlebih yang terletak di bawah dagu dapat menekan jalan napas sehingga timbul suara dengkuran. Dengan tidur menghadap samping, hal ini dapat dicegah.Anda juga disarankan untuk menambah tinggi bantal untuk membantu proses bernapas dan menstimulasi lidah dan rahang untuk maju sehingga suara dengkuran berkurang.

4. Gunakan Alat Bantu

Alat ini memiliki bentuk serupa dengan pelindung gigi yang kerap dipakai oleh para atlet. Alat ini berfungsi untuk membantu membuka jalur udara dengan membuat rahang bawah dan lidah maju ke depan saat tidur.Dengan mengenali penyebab mendengkur, Anda dapat dengan tepat menentukan cara mengatasinya. Sebaiknya, jangan tunda lagi untuk mulai mencoba cara mengatasi mendengkur karena kondisi ini tidak hanya memberikan pengaruh pada Anda, namun juga bagi orang yang berada di dekat Anda saat tidur.
mendengkurgangguan tidurmasalah tidurmengorok
WebMD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/ss/slideshow-stop-snoring
Diakses pada Oktober 2018
Help Guide. https://www.helpguide.org/articles/sleep/snoring-tips-to-help-you-and-your-partner-sleep-better.htm/
Diakses pada 1 Maret 2019
NHS. https://www.nhs.uk/live-well/sleep-and-tiredness/5-ways-to-stop-snoring/
Diakses pada 1 Maret 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/snoring/symptoms-causes/syc-20377694
Diakses pada 13 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
0

Artikel Terkait