Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 yang Jadi Syarat Berpergian


Sertifikat vaksin Covid-19 disebut menjadi syarat bepergian, termasuk ke mal. Anda bisa mendownloadnya di situs atau aplikasi Peduli Lindungi.

0,0
05 Aug 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sertifikat vaksin Covid-19 akan dipakai sebagai syarat berpergianSertifikat vaksin Covid-19 akan dipakai sebagai syarat masuk tempat umum
Setelah menjalani vaksinasi Covid-19, kita akan mendapatkan sertifikat vaksin. Biasanya, sertifikat tersebut diberikan secara tertulis dari penyelenggara vaksinasi ataupun bisa Anda download secara daring lewat website serta aplikasi Peduli Lindungi.Syarat menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 saat ini sudah diterapkan untuk pengguna transportasi udara. Ke depannya, diperkirakan sertifikat ini juga perlu ditujukan pada banyak kegiatan di area publik, termasuk mal.

Mal terapkan syarat menunjukkan sertifikat vaksin untuk pengunjung

Sertifikat vaksin wajib dibawa saat mengunjungi mall
Menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 ketika akan memasuki mall
Cukup luasnya cakupan vaksinasi di DKI Jakarta, membuat beberapa mal di ibu kota menerapkan peraturan pengunjung yang datang perlu menunjukkan sertifikat vaksin. Menurut data yang ada di laman Jakarta Tanggap Covid milik pemerintah Daerah DKI Jakarta, per tanggal 4 Agustus 2021, sudah 89,8% warga Jakarta yang menerima vaksin Covid-19 dosis pertama dan sebanyak 33,9% sudah menerima dosis kedua.Meski begitu, peraturan ini belum diterapkan secara luas dan masih dalam tahap uji coba. Sebab, saat ini masih ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 4 di DKI Jakarta. Artinya, mal belum diperbolehkan buka sepenuhnya.Gerai mal yang boleh buka hanyalah yang termasuk layanan esensial, seperti apotek dan swalayan. Sementara itu, restoran hanya boleh melayani pesanan dibungkus atau dibawa pulang.Ke depannya, saat status pembatasan sudah lebih longgar, bukan tidak mungkin peraturan untuk menunjukkan sertifikat vaksin akan diterapkan di berbagai tempat keramaian.

Cara download sertifikat vaksin Covid-19

Cara download sertifikat vaksin covid-19 dari Peduli Lindungi
Cara download sertifikat vaksin Covid-19 di Peduli Lindungi tidaklah sulit
Anda bisa mengakses sertifikat vaksin Covid-19 lewat situs ataupun aplikasi Peduli Lindungi. Dari sana, Anda dapat mengunduh sertifikat untuk disimpan secara digital ataupun dicetak.Berikut ini cara download sertifikat Covid-19 dari situs Peduli Lindungi:
  • Akses laman https://pedulilindungi.id/ dari ponsel ataupun komputer
  • Klik tulisan ‘Login/Register’ yang terletak di pojok kanan atas
  • Masukkan alamat email atau nomor telepon yang sudah pernah Anda daftarkan
  • Jika belum pernah daftar akun Peduli Lindungi, Anda perlu membuatnya terlebih dahulu dengan cara klik tulisan ‘Daftar’ dan ikuti langkah-langkah selanjutnya
  • Setelah login, kamu akan mendapatkan kode verifikasi yang dapat dipakai untuk masuk ke akun Peduli Lindungi
  • Setelah berhasil masuk ke akun Peduli Lindungi, klik tombol di sebelah kanan atas yang bertuliskan nama Anda lalu pilih ‘Sertifikat Vaksin’
  • Setelah di-klik, akan keluar nama lengkap Anda. Silakan klik nama tersebut
  • Jika sudah melakukan vaksinasi lengkap, akan keluar sertifikat vaksin pertama dan kedua,
  • Klik gambar sertifikat lalu klik tombol bertuliskan ‘Unduh Sertifikat’ yang terletak di bawah gambar
Sementara, itu untuk Anda yang sudah punya aplikasinya, berikut cara download sertifikat vaksin Covid-19 dari aplikasi Peduli Lindungi:
  • Masuk ke akun aplikasi Peduli Lindungi
  • Klik bagian pojok kanan atas yang bertuliskan ‘Akun’
  • Klik bagian yang bertuliskan ‘Sertifikat Vaksin’
  • Akan muncul nama panjang Anda, lalu klik bagian tersebut
  • Gambar sertifikat vaksin pertama dan kedua (bagi yang sudah lengkap) akan keluar
  • Klik gambar sertifikat vaksin lalu klik tulisan ‘Unduh Sertifikat’ di bawah kanan layar
Setelah sertifikat vaksin Covid-19 berhasil diunduh, Anda bisa menyimpannya secara digital maupun mencetaknya dalam bentuk fisik.Perlu diingat bahwa sertifikat vaksin adalah data pribadi yang berisi nomor induk kependudukan, tanggal lahir, nama lengkap, hingga bar code untuk menjamin keaslian sertifikat.Maka dari itu, Anda sebaiknya tidak menyebarluaskan sertifikat Covid-19 pribadi Anda, seperti mengunggahnya di sosial media. Hal ini untuk mencegah data-data tersebut disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.Apabila Anda masih punya pertanyaan seputar vaksinasi Covid-19 ataupun tentang keluhan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk bertanya secara langsung kepada dokter lewat fitur Chat Dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Unduh aplikasinya secara gratis di App Store atau Google Play.
coronavirusvaksin corona
CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210804144816-92-676337/daftar-mal-yang-buka-pakai-syarat-sertifikat-vaksin-covid-19
Diakses pada 5 Agustus 2021
Peduli Lindungi. https://pedulilindungi.id/
Diakses pada 5 Agustus 2021
Jakarta Tanggap Covid. https://corona.jakarta.go.id/id
Diakses pada 5 Agutus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait