Memberikan teladan yang baik pada orang lain adalah ciri pemimpin yang baik
Menjadi pemimpin yang baik berarti harus bisa menjadi teladan

Memang tidak semua orang lahir dengan bakat kepemimpinan. Namun, sifat kepemimpinan adalah sesuatu yang bisa Anda pelajari. Artinya, jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin yang baik dan bisa menginspirasi orang lain, hal ini dapat dilakukan dengan melatih beberapa sikap dan kebiasaan Anda.

Tips menjadi pemimpin yang baik

Berikut ini tips yang bisa Anda gunakan untuk melatih sikap kepemimpinan Anda:

  • Percaya diri

Menjadi percaya diri adalah poin utama dari menjadi pemimpin yang baik. Yakinlah dengan setiap perkataan Anda. Bila Anda keliru, jangan malu untuk mengakuinya.

  • Punya visi

Seorang pemimpin haruslah mempunyai visi yang dapat menggerakkan dirinya dan orang-orang di sekitarnya. Visi yang dimiliki haruslah realistis dan sesuatu yang bisa dicapai.

  • Memiliki hasrat dan semangat

Tidak ada orang yang mau mengikuti pemimpin malas. Karenanya menjadi pemimpin haruslah memiliki hasrat, semangat, dan tekad untuk terus mengejar visi yang ditetapkan.

  • Punya sikap positif

Serupa dengan poin ‘hasrat dan semangat’, menjadi pemimpin yang baik berarti memiliki sikap yang positif. Orang-orang di sekitar pastinya tidak ingin mengikuti Anda jika Anda patah semangat dan merasa pesimistis.

  • Memahami apa yang dijalani

Menjadi seorang pemimpin berarti mengerti dan memahami apa yang dijalankan. Anda harus selalu mencari tahu dan mempelajari apa yang menjadi bidang Anda. Bila ada hal yang tidak diketahui, cari tahulah!

  • Ingin belajar

Menjadi pemimpin berarti Anda harus terus-menerus belajar untuk mengisi pengetahuan-pengetahuan yang belum didapatkan. Selalu pelajari hal-hal baru yang ada di sekitar Anda!

Misalnya, bila Anda belum tahu mengenai komputer, tidak ada salahnya mencoba mempelajarinya.

  • Menjadi teladan

Bila Anda ingin orang lain juga mengikuti langkah Anda, maka Anda perlu menjadi teladan yang baik bagi mereka. Lakukanlah hal-hal yang memang positif agar orang lain bisa belajar dari Anda.

  • Membimbing orang lain

Pemimpin yang baik tidak hanya memerintah saja, tetapi juga mampu membimbing orang-orang di sekitarnya untuk menjadi lebih baik.

  • Mendorong orang lain

Pemimpin tidak bisa bergerak sendiri tanpa orang-orang di sekitarnya, karenanya Anda harus bisa mendorong orang lain untuk ikut bersemangat dan berkontribusi dalam mencapai target yang diinginkan.

  • Peduli dengan orang lain

Dibandingkan menghukum, Anda lebih baik menunjukkan kepedulian dan ketulusan kepada orang sekitar. Dengan demikian, orang-orang di sekitar Anda akan menyadari bahwa Anda memang ingin membimbing mereka berdasarkan ketulusan dan kepedulian.

  • Mengakui kontribusi dan pencapaian orang lain

Jika orang-orang di sekitar Anda berhasil membuat sesuatu yang baik, pujilah kerja keras atau hasil pencapaiannya. Hal ini dapat membuat orang sekitar merasa dihargai.

  • Tegas dalam membuat keputusan

Setiap keputusan pasti perlu dipertimbangkan dengan matang, tetapi ada kalanya Anda harus memberikan keputusan setelah sudah berdiskusi ataupun berpikir. Jangan menggantungkan hasil keputusan dan nyatakan apa yang menjadi pilihan Anda secara tegas.

  • Tetap baik hati

Menjadi pemimpin tidak berarti Anda serta merta merasa orang lain di bawah Anda, justru Anda harus memperlakukan orang lain dengan baik. Hal ini akan menuai rasa hormat dari orang lain.

  • Terbuka dengan masukan

Tidak semua orang memiliki pendapat yang sama, ada baiknya Anda mendengarkan saran atau kritikan dari orang lain.

Terkadang, saran dan kritikan tersebut dapat membangun Anda dan meningkatkan kreativitas dari orang-orang sekitar. Namun, jika hal tersebut malah menjatuhkan Anda, maka abaikan saja.

  • Tahu waktu yang tepat untuk membuat keputusan

Anda perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk segera mengambil keputusan dan kapan perlu waktu untuk berdiskusi. Jangan menunda memberikan keputusan di saat dalam keadaan yang mendesak.

  • Mendengar dan mengkomunikasikan

Menjadi pemimpin tidak berarti Anda serta merta menjadi orang yang sombong dan tinggi hati. Anda tetap harus mendengarkan apa yang ingin disampaikan oleh orang-orang sekitar dan mengkomunikasikan pemikiran Anda dengan baik.

  • Menyadari risiko dari tiap keputusan

Menjadi pemimpin tidak berarti Anda secara sembrono mengambil keputusan tanpa mempertimbangkan konsekuensinya. Anda tetap perlu mengetahui risiko dan tantangan apa yang akan dilalui setelah keputusan diambil untuk memastikan bahwa keputusan tersebut sudah tepat.

Catatan dari SehatQ

Tips di atas hanyalah sebagian panduan untuk menjadi pemimpin yang baik. Anda bisa menambah pengetahuan Anda dengan mengikuti seminar atau membaca buku-buku mengenai kepemimpinan. Namun, cara terbaik untuk menjadi pemimpin yang baik adalah dengan mempraktikkannya.

Kemampuan untuk menjadi pemimpin bukanlah sesuatu yang dapat diraih secara instan, Anda tetap perlu belajar dan mengasah kemampuan ini agar bisa menjadi pemimpin yang baik secara optimal.

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/happiness-in-world/200911/how-be-leader
Diakses pada 6 Januari 2020

Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/ways-to-become-a-better-leader-2795324
Diakses pada 6 Januari 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed