Cara Daftar Kartu Lansia Jakarta 2021 dan Persyaratannya


Sejak tahun 2018, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah meluncurkan program Kartu Lansia Jakarta (KLJ) yang ditujukan untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar bagi lansia. Pendaftaran Kartu Lansia Jakarta dapat dilakukan dengan datang ke kelurahan setempat.

0,0
10 Aug 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kartu Lansia Jakarta dapat dimiliki oleh lansia yang memenuhi persyaratan tertentuLansia yang memenuhi persyaratan dapat memiliki Kartu Lansia Jakarta
Kartu Lansia Jakarta (KLJ) adalah program yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Pemprov DKI Jakarta) untuk memenuhi kebutuhan dasar bagi warga lanjut usia. Kartu Lansia Jakarta diberikan dalam bentuk ATM Bank DKI selaku bank penyalur dana bantuan sosial (bansos) untuk warga lanjut usia di Jakarta.Dilasir dari Jakarta Smart City, para warga lanjut usia yang telah memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan bisa mendapatkan bantuan sosial dari Pemprov DKI Jakarta berupa uang tunai sebesar Rp600.000 setiap bulan.Pemprov DKI menargetkan penerima dana bantuan Kartu Lansia Jakarta 2021 sebanyak 78.169 orang, dengan 5.676 orang di antaranya merupakan peserta baru yang belum pernah menerima dana bantuan sebelumnya.

Pendaftaran Kartu Lansia Jakarta dan persyaratannya

Perlu diperhatikan bahwa sasaran utama dari Kartu Lansia Jakarta adalah para warga lanjut usia dengan kondisi-kondisi berikut:
  • Tidak memiliki penghasilan tetap atau memiliki penghasilan sangat terbatas sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari.
  • Mengalami sakit menahun dan hanya bisa terbaring di tempat tidur.
  • Warga usia lanjut yang terlantar secara psikis dan sosial.
Untuk bisa mendapatkan Kartu Lansia Jakarta 2021, terdapat beberapa persyaratan dan kriteria yang harus dipenuhi. Berikut adalah beberapa persyaratan pendaftaran Kartu Lansia Jakarta:
  • Merupakan warga Jakarta yang telah berusia 60 tahun ke atas.
  • Dalam kondisi status sosial ekonomi terendah
  • Terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT).
Penerima Kartu Lansia Jakarta 2021 adalah warga usia lanjut yang identitasnya telah terdaftar dalam BDT. Apabila seorang warga lanjut usia telah memenuhi kriteria dan persyaratan, tetapi belum terdaftar sebagai penerima bantuan, maka ia dapat melakukan pendaftaran Kartu Lansia Jakarta.Cara pendaftaran Kartu Lansia Jakarta adalah datang langsung ke kelurahan setempat untuk diusulkan melalui proses Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (MPM) dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).Sayangnya, hingga saat ini, belum ada cara untuk daftar Kartu Lansia Jakarta online. Proses pendaftaran harus dilakukan secara mandiri dengan mendatangi kelurahan setempat.Mengingat calon peserta yang sudah lanjut usia, ada baiknya pendaftaran ditemani oleh anggota keluarga yang lebih muda. Pendaftaran Kartu Lansia Jakarta cukup dilakukan satu kali saja.

Pengambilan Kartu Lansia Jakarta

Untuk bisa mendapatkan Kartu Lansia Jakarta 2021, penerima bantuan harus membawa undangan dari dinas sosial, KTP, serta KK asli dan fotokopi sebagai persyaratan. Apabila semuanya telah terpenuhi, pihak Bank DKI akan menyerahkan kartu ATM beserta PIN kepada penerima yang berhak.Apabila seorang lansia yang berhak mengalami halangan, pengambilan Kartu Lansia Jakarta dapat diwakilkan oleh pihak keluarga dan/atau Tenaga Pendamping Lansia. Syaratnya, harus ada surat kuasa dari lansia yang bersangkutan kepada pihak yang ditunjuk sebagai perwakilan.

Manfaat Kartu Lansia Jakarta

Dikutip dari Smart City Jakarta, ada sejumlah manfaat Kartu Lansia Jakarta yang bisa dinikmati penerimanya. Sesuai dengan Keputusan Gubernur No. 406 Tahun 2018, setiap penerima Kartu Lansia Jakarta akan mendapatkan dana bantuan sebesari Rp600.000 per bulan.Selain itu, pemegang Kartu Lansia Jakarta juga bisa memanfaatkan berbagai program subsidi dari Pemprov DKI, khususnya bagi masyarakat kurang mampu, seperti:
  • Mendapatkan subsidi pangan murah
  • Menikmati fasilitas layanan publik secara gratis, misalnya naik TransJakarta.
Untuk mencairkan dana bantuan, warga lanjut usia penerima dana bantuan akan dibuatkan rekening Bank DKI dan mendapatkan kartu ATM. Selain untuk menarik dana tunai, kartu ATM juga dapat digunakan untuk bertransaksi di ATM atau secara nontunai melalui mesin EDC Bank DKI.Saat Kartu Lansia Jakarta diluncurkan pada tahun 2018, dana bantuan diberikan pada tanggal 5 setiap bulannya. Namun, saat ini dana bantuan Kartu Lansia Jakarta 2021 diberikan tiga bulan sekali sebesar Rp 1,8 juta untuk tiga bulan.Untuk menjaga keamanan transaksi, pemegang Kartu Lansia Jakarta disarankan agar tidak memberitahukan PIN kartu ATM kepada pihak manapun.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
lansiakesehatan lansia
Bank DKI. https://bankdki.co.id/en/product-services/layanan/others/jakarta-lansia-card
Diakses 28 juli 2021
Facebook Bank DKI. https://web.facebook.com/bank.dki.10/posts/1422881738053227?_rdc=1&_rdr
Diakses 28 juli 2021
Smart City Jakarta. https://smartcity.jakarta.go.id/blog/315/bantuan-untuk-warga-usia-lanjut-melalui-kartu-lansia-jakarta
Diakses 28 juli 2021
Smart City Jakarta. https://smartcity.jakarta.go.id/blog/689/bantu-pemenuhan-kebutuhan-dasar-lansia-dengan-klj
Diakses 28 juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait