Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Bayi yang Aman untuk Dicoba


Terdapat banyak cara cepat menumbuhkan rambut bayi yang aman dilakukan oleh orangtuanya. Untuk menebalkan rambut Si Kecil, Ayah dan Ibu boleh mengoleskan minyak kelapa, memberikan makanan bernutrisi, hingga mencoba gelatin.

(0)
28 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Terdapat banyak cara cepat menumbuhkan rambut bayi yang aman dilakukan oleh Ayah dan Bunda.Memijat kepala bayi adalah salah satu cara cepat menumbuhkan rambutnya.
Sebagian bayi sudah terlahir dengan rambut yang tebal. Namun, ada juga bayi yang lahir tanpa sehelai rambut pun. Ingin rambut Si Kecil cepat tumbuh dengan lebat dan tebal? Tenang, ada banyak cara cepat menumbuhkan rambut bayi yang aman dan mudah dilakukan.

Cara cepat menumbuhkan rambut bayi yang aman dilakukan

Untuk mempercepat pertumbuhan rambutnya, berbagai cara cepat menumbuhkan rambut bayi ini bisa Anda lakukan.

1. Minyak kelapa

Minya kelapa mengandung banyak vitamin E, yaitu antioksidan yang berdampak baik pada kulit dan pertumbuhan rambut. Vitamin ini dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga merangsang rambut untuk tumbuh.Untuk mencobanya pada bayi, Ayah dan Ibu perlu membeli minyak kelapa yang murni (tidak diproses). Oleskan sedikit minyak kelapa ke kulit kepala bayi dan diamkan selama 20 menit. Terakhir, bilaslah dengan air hangat.Sebuah studi juga membuktikan, minyak kelapa dianggap bermanfaat untuk menjaga protein di dalam rambut. Dengan begitu, pertumbuhan rambut bayi akan terjaga.

2. Menyisir rambut anak dengan lembut

Menyisir rambut bayi adalah cara cepat menumbuhkan rambut bayi
Sisirlah rambut Si Kecil dengan lembut dan penuh cinta
Menyisir rambut anak dengan lembut dan berhati-hati ternyata dapat merangsang pertumbuhan rambutnya. Hal ini juga dapat mengatasi masalah kerak di kulit kepala dan membuat SI Kecil merasa tenang.Menyisir rambut dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan folikel rambut sehingga bisa mempercepat pertumbuhan rambutnya.

3. Rutin keramas

Tahukah Anda kalau rutin keramas termasuk cara cepat menumbuhkan rambut bayi? Tidak hanya dapat membersihkan kulit kepalanya dari kotoran dan kerak, kebiasaan ini juga bisa merangsang pertumbuhan rambutnya.Jika tidak dibersihkan, kerak dan kotoran yang terperangkap di kulit kepala bayi dapat menyebabkan kulit kepalanya kering sehingga memperlambat pertumbuhan rambut.Sebaiknya Anda menggunakan air hangat dan sampo yang khusus untuk bayi saat mengeramasi mereka. Lakukan kebiasaan ini setiap 2-3 hari sekali.

4. Gunakan handuk yang lembut

Sesudah memandikan bayi, gunakan handuk dengan bahan yang halus. Handuk berbahan kasar justru bisa merusak folikel rambut dan membuat rambut rontok.

5. Sikat rambut bayi agar tidak kusut

Rambut yang keriting dan bertekstur akan mudah kusut dan membentuk simpul. Simpul ini dapat putus dan menyebabkan kerontokan rambut pada bayi.Anda harus rajin menyikat rambutnya dengan sikat yang lembut untuk mencegah hal ini terjadi sehingga rambut bayi dapat tumbuh dengan lebat.

6. Memijat kepala bayi

Memijat kepala bayi adalah cara cepat menumbuhkan rambut bayi
Cobalah pijat kepala bayi untuk merangsang pertumbuhan rambutnya
Memijat kulit kepala bayi dengan perlahan dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga pertumbuhan rambutnya akan terangsang dengan maksimal. Gunakan minyak yang mengandung vitamin E, misalnya minyak kelapa, saat memijat kepala bayi.

7. Lidah buaya

Lidah buaya dinilai ampuh dalam mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut. Untuk mencobanya pada bayi, orangtua hanya perlu mengoleskannya langsung ke kulit kepala dan memijatnya dengan lembut. Anda juga bisa mencampurkan lidah buaya dengan sampo dan kondisioner khusus bayi.

8. Gunakan kondisioner

Bayi boleh menggunakan kondisioner, asalkan kondisioner yang digunakan memang dikhususkan untuk bayi.Kondisioner dapat melembapkan kulit kepala dan rambut sehingga membuat rambut menjadi kuat dan terangsang untuk tumbuh.Jika rambut Si Kecil keriting, menggunakan kondisioner direkomendasikan untuk mencegah kulit kepalanya kering. Oleskan kondisioner setelah mengeramasi rambut bayi dan bilas dengan air hangat.

9. Berikan makanan bernutrisi tinggi

Jika bayi sudah berusia 6 bulan, ia siap menyantap makanan pendamping ASI (MPASI). Terdapat berbagai macam makanan yang bisa merangsang pertumbuhan rambut, terutama yang mengandung zat besi, vitamin A, B, D, zinc, dan protein.Cobalah berikan wortel, mangga, labu, daging, telur, hingga kentang yang sudah dihaluskan sebagai MPASI. 

10. Gunakan gelatin

Gelatin adalah asam amino yang dapat merangsang pertumbuhan rambut jika dioleskan ke kulit kepala bayi.Untuk mencobanya, Anda hanya perlu mencampirkan satu sendok teh bubuk gelatin dengan air. Anda juga boleh mencampurkan bahan alami lainnya, seperti madu.Setelah itu, oleskan langsung ke kulit kepala bayi dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas rambut bayi dengan sampo hingga bersih.

11. Jangan mengikat rambutnya

Mengikat rambut bayi adalah hal yang tidak disarankan jika Anda ingin rambut Si Kecil tumbuh dengan lebat dan tebal.Terlalu sering mengikat rambut dengan kencang dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

Catatan dari SehatQ

Sebelum mencoba berbagai cara cepat menumbuhkan rambut bayi di atas, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu pada dokter. Hal ini dilakukan guna mencegah adanya hal-hal yang tak diinginkan.Ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai pertumbuhan rambut bayi? Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
bayi & menyusuikesehatan rambutpertumbuhan rambut kepala
Healthline. https://www.healthline.com/health/baby/how-to-make-baby-hair-grow#at-birth
Diakses pada 14 Desember 2020
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/10-tips-for-baby-hair-growth/
Diakses pada 14 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait