Cara Cepat Hamil Setelah Lepas KB Suntik 3 Bulan Sekali

(0)
22 Oct 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara cepat hamil setelah lepas KB suntik 3 bulanKonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara cepat hamil setelah lepas KB suntik 3 bulan
Menggunakan kontrasepsi (KB), termasuk KB suntik 3 bulan, bisa membantu Anda dan pasangan merencanakan kehamilan dengan lebih matang. Dengan demikian, saat sudah siap menyambut kehadiran buah hati, Anda bisa melakukan cara cepat hamil setelah KB.Cara cepat hamil setelah lepas KB suntik 3 bulan sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan jenis kontrasepsi lainnya. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Setelah lepas KB suntik 3 bulan, kapan bisa hamil lagi?

Setelah lepas KB suntik 3 bulan, Anda bisa hamil lagi setelah 10 bulan
Setelah lepas KB Suntik 3 bulan, dibutuhkan waktu sekitar 1 tahun untuk hamil
Jika metode kontrasepsi yang Anda gunakan adalah kondom atau diafragma, maka kehamilan bisa langsung terjadi segera setelah alat tersebut dilepas. Namun untuk metode KB suntik 3 bulan, waktu yang dibutuhkan untuk bisa hamil lagi setelah dilepas, jauh lebih lama.Berikut ini waktu yang diperlukan untuk bisa hamil lagi setelah Anda lepas KB.

• KB suntik 3 bulan

KB suntik 3 bulan, bisa dibilang sebagai salah satu kontrasepsi paling efektif. Sebab setelah lepas KB ini pun, Anda masih membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa hamil.Kebanyakan wanita membutuhkan waktu hingga 10 bulan hingga proses ovulasi atau pelepasan sel telur yang sudah matang ke rahim, bisa kembali terjadi.Sementara itu, beberapa perempuan lain ada yang membutuhkan waktu hingga 18 bulan setelah lepas KB suntik, untuk bisa kembali menstruasi.Oleh karena itu, jika Anda saat ini menggunakan kontrasepsi metode KB suntik 3 bulan, sebaiknya rencanakan dari jauh hari jika memang ingin mulai mencoba punya momongan.Karena alasan inilah biasanya dokter tidak menyarankan penggunaan KB suntik untuk para ibu yang berencana hamil dalam waktu satu tahun ke depan.

• KB Spiral atau IUD

KB Spiral atau IUD adalah alat KB jangka panjang yang jadi pilihan banyak orang. Sebab, begitu dipasang, KB spiral hormonal bisa bertahan hingga 5 tahun dan KB spiral tembaga bisa bertahan hingga 10 tahun.Meski begitu, berbeda dari KB suntik, Anda tidak butuh waktu lama setelah lepas IUD untuk kembali subur. Biasanya, perempuan yang melepas IUD sudah akan kembali mengalami ovulasi di bulan yang sama dengan waktu pelepasan.Rata-rata perempuan membutuhkan waktu enam bulan hingga satu tahun setelah IUD dilepas, untuk mengalami kehamilan.

• Pil KB

Apabila metode kontrasepsi yang digunakan adalah pil KB, maka kehamilan biasanya akan terjadi 1-3 bulan setelah Anda berhenti mengonsumsinya. Rata-rata, para perempuan yang sudah berhenti minum pil KB bisa hamil pada tahun yang sama.Namun jika pil yang Anda konsumsi adalah minipil atau yang hanya mengandung hormon progestin, maka kehamilan bisa terjadi jauh lebih cepat (dalam hitungan hari atau minggu) setelah berhenti mengonsumsinya.

• KB implan

Pemasangan KB implan atau KB susuk bisa mencegah kehamilan hingga tiga tahun setelahnya. Namun jika sebelum tiga tahun Anda sudah ingin merencanakan punya momongan, maka KB impan bisa dilepas kapan saja.Setelah lepas KB implan, biasanya tidak ada jeda waktu yang terlalu lama hingga Anda bisa hamil. Biasanya, perempuan yang melepas KB implan, sudah bisa kembali mengalami ovulasi pada bulan pertama.Baca Juga: Lupa Minum Pil KB? Ini yang Perlu Dilakukan

Cara cepat hamil setelah lepas KB suntik 3 Bulan

Apapun alat kontrasepsi yang digunakan, berikut ini beberapa cara cepat hamil setelah lepas KB yang bisa Anda lakukan.
Catat masa subur Anda agar bisa cepat hamil setelah lepas kb suntik 3 bulan
Mencatat masa subur bisa bantu cepat hamil setelah lepas KB suntik 3 bulan

1. Mencatat masa subur Anda

Dalam siklus menstruasi, ada beberapa hari yang dianggap sebagai masa subur. Masa subur bisa disebut juga sebagai waktu ovulasi, yaitu ketika sel-sel telur yang sudah matang, dilepaskan ke rahim dan siap dibuahi oleh sperma.Jika tidak ada sel telur di rahim, tentu sperma yang masuk tidak akan membuahi apa-apa bukan? Itulah sebabnya saat Anda ingin memiliki momongan, mengetahui dan mencatat masa subur adalah hal yang wajib dilakukan.Untuk mengetahui masa subur, Anda bisa menghitungnya sendiri di rumah. Ketahui cara menghitung masa subur untuk capai kehamilan, di sini.

2. Melakukan hubungan seks sebelum masa subur tiba

Setelah mengetahui masa subur, maka Anda bisa mulai berhubungan seksual beberapa hari sebelum waktu tersebut tiba, untuk meningkatkan kemungkinan hamil. Sebab, sperma yang dikeluarkan ke rahim bisa bertahan hingga 2-3 hari.Jadi begitu sel telur dilepaskan ke rahim, sudah ada sperma yang menyambut, sehingga meningkatkan potensi pembuahan.

3. Memperhatikan posisi tubuh setelah berhubungan intim

Posisi vagina secara natural berbentuk seperti turunan, sehingga setelah sperma keluar, cairan tersebut sebagian bisa turun ke bawah dan keluar dari rahim.Untuk mencegah keluarnya sperma dari vagina, setelah berhubungan seks, Anda disarankan untuk diam sesaat dalam posisi terlentang, menunggu sperma benar-benar masuk ke rahim.

4. Mengonsumsi makanan sehat

Jika ingin mempersiapkan kehamilan, mencukupi kebutuhan nutrisi seperti zat besi, folat, protein, dan kalsium sangat penting dilakukan. Dengan begitu saat kehamilan benar-benar terjadi, tubuh Anda sudah siap untuk menjalaninya.Jenis rekomendasi makanan sehat untuk perempuan yang sedang mempersiapkan kehamilan adalah sayuran hijau, buah-buahan, dada ayam, ikan, susu, dan biji-bijian utuh seperti gandum.
Mencapai berat badan ideal bisa jadi cara cepat hamil setelah lepas kb
Capai berat badan ideal agar bisa cepat hamil setelah lepas KB suntik 3 bulan

5. Mencapai berat badan ideal

Cara cepat hamil setelah lepas KB suntik 3 bulan ini, perlu diperhatikan. Sebab jika terlalu kurus atau gemuk, maka kemungkinan hamil akan menurun.Berat badan yang tidak ideal memengaruhi keseimbangan kadar hormon estrogen di tubuh, yang penting untuk mencapai kehamilan. Oleh karena itu, untuk Anda yang sedang program hamil, pastikan konsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur.

6. Mengonsumsi vitamin prenatal

Mengonsumsi vitamin prenatal secara teratur juga penting untuk Anda yang ingin segera hamil setelah lepas KB suntik 3 bulan. Vitamin ini akan membantu tubuh bersiap-siap, sehingga kehamilan yang terjadi bisa berjalan dengan sehat.Salah satu jenis vitamin prenatal yang penting dikonsumsi adalah folat. Para ahli menyarankan, perempuan yang sedang menjalani program hamil untuk minum 400 mcg suplemen asam folat secara teratur, mulai dari satu bulan sebelumnya.

7. Menghindari rokok

Kebiasaan merokok bisa mengurangi kesuburan baik pada perempuan maupun laki-laki. Jadi, menjauhi kebiasaan buruk tersebut adalah salah satu cara cepat hamil setelah lepas KB yang harus ditaati.Merokok bisa memberi pengaruh buruk pada kesuburan, karena zat-zat beracun yang ada di dalamnya bisa membuat sel telur lepas secara prematur ke rahim. Rokok juga bisa mengurangi kualitas sperma.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang cara cepat hamil setelah lepas KB, ataupun kehamilan dan kesuburan secara keseluruhan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Parents. https://www.parents.com/getting-pregnant/ovulation/fertile-days/get-pregnant-faster/
Diakses pada 8 Oktober 2020
Live Science. https://www.livescience.com/44221-how-to-get-pregnant.html
Diakses pada 8 Oktober 2020
WebMD. https://www.webmd.com/baby/get-pregnant-after-birth-control#1
Diakses pada 8 Oktober 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/get-pregnant-after-birth-control-what-you-must-know-1960296
Diakses pada 8 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait