Makanan berserat kurang cocok dikonsumsi penderita gastroparesis karena susah dicerna, kecuali dalam bentuk smoothies sayur
Makanan berbentuk cair seperti jus sayuran amat disarankan untuk penderita gastroparesis agar cepat gemuk

Bagi penderita gastroparesis atau gangguan sistem pencernaan, mereka akan cepat merasa kenyang meski baru makan beberapa suap. Penyebabnya adalah kemampuan otot untuk berkontraksi sudah jauh berkurang bahkan rusak. Lalu, bagaimana cara cepat gemuk bagi penderita gastroparesis?

Tentu penderita gastroparesis tidak bisa menyamakan pola makan mereka dengan orang kebanyakan. Ada hal-hal yang harus diperhatikan dengan detil. 

Bagi mereka, urusan makan bukan sekadar memenuhi nutrisi sehari tiga kali saja. Lebih jauh lagi, mudah merasa kenyang membuat pemenuhan nutrisi jadi hal yang jauh lebih menantang.

Cara cepat gemuk bagi penderita gastroparesis

Jika banyak orang yang khawatir ketika jarum timbangan bergeser ke kanan, hal sebaliknya bisa jadi ada di benak penderita gastroparesis. Mereka justru ingin tahu cara cepat gemuk karena tubuh mereka cenderung ‘menolak’ makanan.

Padahal rasa lapar itu tetap mereka rasakan. Hanya saja, ketika baru memasukkan beberapa suap makanan, sinyal yang muncul adalah rasa kenyang. Lagi-lagi, ini karena sistem pencernaan yang tidak bisa mengosongkan perut dengan baik.

Berikut beberapa panduan pola makan sekaligus cara cepat gemuk bagi penderita gastroparesis:

  • Makan porsi kecil

Jelas bahwa penderita gastroparesis mudah sekali merasa kenyang. Untuk itu, makanlah dalam porsi kecil namun dengan durasi yang lebih sering. Jangan menunggu sampai merasa sangat lapar dan makan dengan porsi besar.

Porsi kecil akan mengantisipasi rasa mual dan mengosongkan perut pun bisa jadi lebih cepat. Makanlah dalam porsi 4-6 kali sehari. 

  • Hindari makanan berserat dan berlemak

Kemampuan mencerna bagi penderita gastroparesis tidak maksimal. Itu sebabnya sebaiknya menghindari makanan berserat dan berlemak yang memerlukan proses cerna lebih lama.

Selain itu, makanan berserat justru menghambat proses mengosongkan perut. Makanan berserat juga dapat memicu penumpukan makanan di perut (bezoar).

Contoh makanan berserat yang sebaiknya dihindari adalah buah seperti apel dan jeruk, sayuran seperti kentang dan selada, serta kacang-kacangan.

  • Hindari makanan yang sulit dikunyah

Selain makanan berserat dan berlemak, penderita gastroparesis juga sebaiknya menghindari makanan yang sulit dikunyah. Contoh makanan yang sulit dikunyah adalah brokoli, jagung, popcorn, dan kacang-kacangan.

Makanan dengan tekstur cair seperti kaldu atau sop sangat disarankan. Jika ingin mengonsumsi sayur dan buah-buahan, sebaiknya diolah dengan cara diblender atau disaring. 

  • Kunyah makanan sebelum menelan

Mengunyah makanan dengan baik akan membantu proses mencerna. Penderita gastroparesis sebaiknya menghancurkan makanan menjadi partikel-partikel kecil sehingga usus kecil lebih mudah menyerapnya.

  • Postur tubuh

Apa yang Anda lakukan setelah makan juga menentukan bagaimana proses pencernaan. Sebisa mungkin duduklah dengan tegak atau berjalan ringan selama 1 jam setelah makan dapat membantu mengosongkan perut.

  • Prioritaskan makanan bernutrisi

Salah satu cara cepat gemuk bagi penderita gastroparesis yang tak kalah penting adalah memprioritaskan untuk konsumsi makanan bernutrisi. Sebelum perut memberi sinyal kenyang atau bahkan mual, setidaknya makanan yang bernutrisi sudah lebih dulu masuk ke perut dan bisa dicerna.

  • Makanan ‘cair’

Apabila perut masih sulit mencerna makanan berbentuk padat, coba siasati dengan mengonsumsi makanan yang sudah diolah menjadi cairan. Menu seperti yogurt smoothies, jus sayur dan buah, protein shakes, hingga sop bisa jadi cara cepat gemuk bagi penderita gastroparesis.

Untuk jus, coba smoothies peach dan pisang atau jus sayuran. Selain itu, sop sayur dan kentang tumbuk juga bisa jadi opsi makanan berserat yang lezat.

Hal yang tak kalah penting adalah memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Hindari mengonsumsi alkohol yang dapat membuat tubuh semakin dehidrasi hingga memicu konstipasi.

Berbeda orang, berbeda pula gejala gastroparesis yang dialaminya. Pastikan tubuh tetap mendapat asupan vitamin dan mineral penting agar tubuh tetap sehat. Cara cepat gemuk bagi penderita gastroparesis bisa dilakukan dengan menyenangkan.

Healthline. https://www.healthline.com/health/gastroparesis/gastroparesis-diet#takeaway
Diakses pada 20 Juni 2019

International Foundation for Gastrointestinal Disorders. https://aboutgastroparesis.org/dietary-lifestyle-measures/basic-dietary-guidelines.html
Diakses pada 20 Juni 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318753.php
Diakses pada 20 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed