Praktis, Begini Cara Cek Gula Darah di Rumah


Orang dengan diabetes bisa dibilang "wajib" memiliki alat cek gula darah (glukometer). Tujuannya, agar bisa memantau kadar gula dengan mudah. Cara cek gula darah di rumah pun cukup mudah, Anda bisa melakukannya beberapa kali dalam sehari dengan biaya yang murah.

0,0
cara cek gula darah sendiri di rumahCara cek gula darah di rumah menggunakan glukometer (alat ukur gula darah)
Bagi orang dengan diabetes, memantau kadar gula darah menjadi suatu keharusan. Tujuannya, untuk mengetahui keberhasilan pengobatan diabetes. Itu sebabnya, Anda perlu tahu cara cek gula darah secara mandiri di rumah.

Cara cek gula darah secara mandiri di rumah 

Penting bagi diabetesi (orang dengan diabetes) memantau kadar gula darahnya. Untuk melakukan hal ini, Anda tak perlu bolak-balik periksa ke laboratorium. Mengetahui cara cek gula darah di rumah bisa memudahkan Anda untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pengobatan diabetes yang Anda lakukan.Untuk melakukan tes gula secara mandiri di rumah pun caranya cukup mudah. Anda hanya membutuhkan alat cek gula darah (glukometer). Glukometer ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko alat kesehatan atau apotek. Cara ini juga jauh lebih murah dibandingkan Anda harus melakukan pengecekan ke lab.Cara menggunakan alat cek gula darah cukup mudah. Alat cek gula darah biasanya terdiri atas alat pengukur, strip test, jarum lancet untuk mengambil sampel darah di ujung jari.Berikut ini adalah cara mengecek gula darah menggunakan glukometer.
  • Cuci tangan dengan bersih lalu keringkan
  • Letakkan strip test pada alat ukur
  • Bersihkan ujung jari tangan dengan alcohol swab dan tunggu kering
  • Tusuk ujung jari tangan dengan jarum (lancet)
  • Jangan memijat jari untuk mengeluarkan darah. Hal ini berpotensi membuat plasma darah keluar lebih banyak sehingga hasil pengukuran mungkin tidak akurat
  • Dekatkan jari tangan dengan strip test hingga setetes darah masuk pada strip pengukur
  • Tunggu beberapa saat hingga alat ukur menampilkan kadar gula darah Anda
Untuk melakukan cek gula darah secara mandiri, Anda bisa melakukannya kapan saja sesuai dengan kebutuhan.Anda bisa mengecek kadar gula darah sewaktu atau misalnya dua jam setelah Anda makan.

Manfaat melakukan cek gula darah

Melansir dari Mayo Clinic, beberapa manfaat cek gula darah dalam manajemen diabetes, antara lain:
  • Memantau efek obat diabetes pada kadar gula darah
  • Mengidentifikasi kadar gula darah yang tinggi atau rendah
  • Melacak kemajuan perawatan diabetes yang Anda lakukan
  • Mempelajari diet (pola makan) dan olahraga yang memengaruhi kadar gula darah
  • Memahami faktor lain, seperti penyakit dan stres yang memengaruhi kadar gula darah.
Gula darah atau glukosa berasal dari makanan terutama karbohidrat. Ketika Anda makan karbohidrat maka akan diubah menjadi glukosa dan dialirkan melalui pembuluh darah menuju sel tubuh sebagai sumber energi. Tubuh sendiri memiliki kadar normal gula darah. Artinya, gula darah tidak boleh terlalu rendah ataupun terlalu tinggi. Keduanya bisa memengaruhi kondisi kesehatan Anda. Mengecek kadar gula darah merupakan bagian penting dari manajemen diabetes yang baik. Dengan begitu, Anda dapat menjaga glukosa darah agar terkendali sehingga mencegah kemungkinan komplikasi diabetes di masa depan.Tidak hanya bagi penderita diabetes, orang dewasa sehat terutama orang tua juga perlu melakukan cek gula darah rutin. Hal ini bertujuan sebagai “pengingat” dalam mengontrol pola makan dan gaya hidup sehat agar mencegah hipoglikemia, hiperglikemia, dan diabetes. 

Kapan waktu yang tepat untuk cek gula darah?

Umumnya, cek gula darah secara mandiri di rumah bisa dilakukan kapan saja. Akan tetapi, dokter biasanya akan merekomendasikan waktu pengecekan gula darah sesuai jenis dan rencana pengobatan diabetesPada diabetes tipe 1, frekuensi tes gula darah akan lebih sering, yakni 4-10 kali sehari, yaitu pada:
  • Menjelang waktu makan dan makan camilan untuk diabetes
  • Sebelum dan sesudah olahraga 
  • Sebelum tidur
  • Di antara waktu tidur (jarang)
  • Ketika sedang sakit
  • Jika terjadi perubahan rutinitas harian
  • Lebih sering jika menjalani pengobatan baru
Sementara itu, pada diabetes tipe 2, cek gula darah tergantung pada jenis insulin dan dosis yang diberikan dokter.Waktu yang tepat untuk mengecek gula darah di rumah ketika Anda memiliki diabetes tipe 2, yaitu:
  • Jika Anda menggunakan beberapa kali suntikan insulin dalam sehari, cek gula darah dianjurkan sebelum makan dan sebelum tidur. 
  • Jika menggunakan insulin long acting atau intermediate acting, Anda bisa mengecek kadar gula darah sebelum sarapan dan sebelum makan malam.
  • Apabila dokter hanya merekomendasikan perubahan pola makan dan olahraga, cek gula darah tidak perlu dilakukan sering-sering. Anda bisa mengecek secara berkala, seperti dua jam setelah makan. Hal ini untuk mengetahui seberapa baik pola makan yang Anda jalani. 

Adakah cara cek gula darah tanpa alat?

Pernah ada anggapan bahwa urine yang dikerubungi semut adalah salah satu cara cek kadar gula darah tanpa alat. Ini menandakan adanya gula di dalam urine.Namun, tetap tidak menggambarkan seberapa kadar gula darah dalam tubuh Anda. Sejauh ini, cara cek gula darah yang paling akurat adalah dengan melakukan pemeriksaan laboratorium atau menggunakan glukometer yang akurat.Berikut adalah kisaran kadar gula darah normal pada tubuh yang penting untuk Anda ketahui:
  • Setelah puasa selama setidaknya 8 jam: 70–100 mg/dL
  • 2 jam setelah makan: kurang dari 140 mg/dL.
  • Pemeriksaan gula darah sewaktu atau tanpa didahului puasa: kurang dari 200 mg/dL.
Selain itu, dokter juga mungkin akan memeriksa gejala diabetes lainnya.Tak hanya glukometer, ada pula beberapa alat khusus untuk mengukur kadar gula darah secara akurat. Beberapa pemeriksaan gula darah yang saat ini digunakan, antara lain:
  • Alat pengukur gula darah (glukometer)
  • Continuous glucose monitor (CGM)
  • Freestyle libre
  • Tes urine 

Catatan dari SehatQ

Tiap alat pengukur gula darah memiliki batasan angka normal gula darah yang berbeda. Untuk itu, penting bagi Anda untuk melakukan perawatan pada alat ukur dan rutin berkonsultasi dengan dokter. Siapkan catatan khusus tentang tanggal, waktu, hasil tes gula darah, pengobatan, dosis, serta informasi diet dan olahraga yang Anda lakukan. Selanjutnya bawa catatan tersebut setiap kali Anda bertemu dengan dokter.Dengan begitu, dokter akan memberikan langkah perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Jika masih ada pertanyaan terkait cara cek gula darah mandiri, Anda juga bisa berkonsultasi secara online menggunakan fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
diabetesgula darahprediabetesdiabetes melitus tipe 1diabetes melitus tipe 2
Diabetes.co.uk https://www.diabetes.co.uk/blood-glucose/blood-glucose-testing-times.html
Diakses 1 Agustus 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/in-depth/blood-sugar/art-20046628
Diakses 1 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/diabetes/how-to-check-blood-sugar-without-meter#tips-for-finger-pricks
Diakses 1 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait