8 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Puasa yang Ampuh Dilakukan


Mengantuk saat puasa wajar terjadi akibat adanya perubahan jam biologis tubuh. Cara menghilangkan ngantuk saat puasa bisa dengan menciptakan suasana ideal untuk tidur serta menghindari cahaya dari gawai sesaat sebelum tidur.

0,0
16 Apr 2021|Anita Djie
Mengantuk saat puasa bisa terjadi akibat perubahan jam biologis tubuhMengantuk saat puasa bisa mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan di siang hari
Mengantuk saat puasa sering kali dialami oleh orang-orang yang tengah berpuasa. Bahkan, rasa kantuk ini mungkin  membuat Anda merasa lemas dan tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas di siang hari. Belum lagi, Anda jadi kurang konsentrasi dan sulit dalam menyelesaikan masalah. 

Apa penyebab mengantuk saat puasa?

Mengantuk saat puasa disebabkan oleh adanya perubahan ritme sirkadian atau jam biologis tubuh, yang menimbulkan efek serupa jet lagPerubahan jam biologis tubuh terjadi karena pola makan dan aktivitas yang dilakukan selama bulan Ramadan berbeda dengan hari-hari biasanya. Ya, pada bulan Ramadan, umat Islam mungkin sering kali menunda jam tidurnya agar memiliki waktu lebih untuk makan, minum, olahraga, dan melakukan aktivitas lainnya di malam hari. Waktu tidur mereka semakin berkurang lantaran harus bangun di seperempat malam menjelang subuh, untuk menyiapkan makan dan menyantap sahur. Nah, perubahan tersebut yang sedikit banyak menjadi penyebab seseorang mengantuk saat puasa di siang hari. Tidak hanya pola tidur, pola makan juga dapat memengaruhi tidur Anda. Hal ini karena adanya peningkatan hormon kortisol dan insulin akibat pertambahan kalori atau dan pola makan yang berubah di malam hari. Hormon kortisol yang tinggi dapat meningkatkan nafsu makan. Alhasil, Anda jadi memilih makanan yang tidak sehat untuk tubuh sehingga memengaruhi kualitas tidur Anda. Jika Anda makan berlebih sebelum tidur, maka peningkatan asam lambung ke esofagus bisa terjadi dan mengganggu tidur Anda. Anda pun jadi kesulitan tidur dan merasa mengantuk saat puasa di siang hari.

Kapan waktu rentan ngantuk saat puasa?

Sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam Journal Sleep of Research mengungkapkan bahwa adanya pengurangan jam tidur sebanyak 40 menit menyebabkan orang berpuasa jadi mengantuk di siang hari. Umumnya, orang yang berpuasa akan merasakan kantuk pada jam 14.00 sampai 17.00. Ngantuk rawan menyerang pada jam tersebut karena kadar gula yang mulai menurun. Selain itu, tidak adanya asupan makanan dan kafein pada pagi dan siang hari dapat meningkatkan rasa kantuk pada sebagian besar orang yang berpuasa.

Cara menghilangkan ngantuk saat puasa

Pada hari biasa, minum kopi atau ngemil mungkin jadi cara menghilangkan ngantuk saat puasa. Namun, hal ini tentu tidak bisa Anda lakukan di bulan Ramadan karena sedang berpuasa, bukan? Nah, berikut adalah berbagai cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang bisa diterapkan.

1. Hindari paparan cahaya sebelum tidur di malam hari

Cara mengatasi mengantuk saat puasa adalah dengan hindari cahaya
Paparan cahaya dari smartphone bisa ganggu siklus tidur
Salah satu cara menghilangkan ngantuk saat puasa adalah dengan menghindari paparan cahaya sebelum tidur di malam hari. Pasalnya, baik cahaya lampu, layar televisi, maupun gawai dapat merusak siklus tidur Anda. Jadi, hentikan pemakaian smartphone, tablet, laptop, televisi, atau menyalakan lampu setidaknya satu jam sebelum waktu tidur.Cahaya yang berasal dari gadget akan dipersepsikan sebagai cahaya matahari oleh tubuh Anda. Alhasil, tubuh Anda pun berpikir bahwa itu adalah siang hari sehingga tubuh akan dikondisikan untuk bangun.Cahaya tersebut juga menekan hormon melatonin pada tubuh yang diperlukan untuk menjaga siklus bangun-tidur manusia.

2. Ciptakan suasana ideal untuk tidur

Tips agar tidak mudah ngantuk saat puasa adalah menciptakan suasana yang ideal untuk tidur. Anda bisa membuat kamar tidur menjadi gelap, sejuk, dan tenang. Kamar tidur yang nyaman dapat membantu Anda untuk tidur lebih baik.

3. Tidur lebih nyenyak dengan wudu dan zikir

Tidur lebih nyenyak dengan wudu sebagai cara mengatasi mengantuk saat puasa
Tidur lebih nyenyak seraya melantunkan zikir
Agar tidak mengantuk saat puasa di siang hari, cobalah untuk berwudu sebelum tidur pada malam hari. Wudu akan membantu menurunkan suhu tubuh sehingga mempercepat datangnya rasa kantuk.Efek wudu serupa dengan efek berendam dalam air hangat satu atau dua jam sebelum tidur. Air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh, lalu menurunkan suhu tubuh saat Anda ingin tidur.Melantunkan ayat suci Al Quran dan zikir juga dapat menimbulkan efek menenangkan, seperti meditasi, sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak pada malam hari. 

4. Durasi tidur yang cukup

Durasi tidur yang cukup adalah salah satu cara supaya tidak mengantuk saat puasa. Jadi, cobalah untuk selalu tidur dengan durasi setidaknya 4-5 jam. Jika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup, Anda bisa tidur saat siang atau sore hari.Tidur siang atau sore dengan durasi 15-30 menit sudah cukup untuk mengatasi ngantuk saat puasa. Namun, jangan lupa untuk mengatur alarm untuk bangun dan melanjutkan aktivitas kembali, ya. 

5. Kebiasaan tidur

Kebiasaan tidur, seperti posisi tidur, jadwal tidur, dan apa yang dilakukan sebelum tidur dapat membantu untuk mengatasi ngantuk saat puasa. Posisi tidur yang direkomendasikan adalah tidur menyamping ke arah kanan dengan tangan kanan di bawah pipi kanan.Tidur menyamping dapat meningkatkan kualitas tidur dan mencegah mendengkur dan sleep apneaAnda juga dapat meregangkan tubuh, melakukan latihan pernapasan, atau menyesap teh hangat yang tidak mengandung kafein, 15 menit sebelum tidur.Anda pun perlu mengatur jadwal tidur dan bangun yang konsisten, serta tidak menggunakan tempat tidur untuk hal lain, selain tidur dan melakukan hubungan intim dengan pasangan.

6. Hindari konsumsi kafein

Mengonsumsi kafein sebelum tidur membuat Anda kesulitan untuk tidur yang memicu rasa kantuk saat puasa. Sebaiknya, hindari konsumsi kafein 4-6 jam sebelum tidur.

7. Usahakan sering terpapar sinar matahari

Tips atasi mengantuk saat puasa adalah dengan membiarkan diri terpapar cahaya matahari
Cahaya matahari bisa membuat Anda terbangun
Cahaya matahari dari jendela dapat membantu Anda terbangun dan mengatasi ngantuk saat puasa. Cahaya matahari dapat membuat siklus tidur Anda menjadi lebih teratur. Setidaknya biarkan diri Anda terpapar cahaya matahari pagi selama kurang lebih 10 menit.

8. Perhatikan pola makan

Cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang terakhir adalah lakukan pola makan yang sehat dan seimbang. Jangan makan berlebihan saat buka puasa, serta berhenti makan setidaknya 2 jam sebelum waktu tidur.Anda bisa minum susu sebelum tidur, karena kandungan triptofan dalam susu dapat memicu rasa kantuk.Mengantuk saat puasa memang lumrah terjadi. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mencegahnya. Coba ikuti cara menghilangkan ngantuk saat puasa di atas agar ibadah puasa Anda tetap lancar tanpa rasa kantuk yang berlebihan.
tidurwaktu tidurtips puasamasalah tidurkurang tidurmengantuk
Al-Madina Institute. https://almadinainstitute.org/blog/the-effect-of-fasting-on-sleeping-tips-on-sleeping-well-for-a-better-ramada/
Diakses pada 02 Mei 2019
Hamad Medical Corporation. https://www.hamad.qa/EN/your%20health/Ramadan%20Health/Health%20Information/Pages/Sleeping.aspx
Diakses pada 02 Mei 2019
WebMD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/10-results-sleep-loss#1
Diakses pada 02 Mei 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3630968/
Diakses pada 3 Mei 2019
Journal of Sleep Research. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1046/j.1365-2869.2003.00341.x
Diakses pada 15 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait