logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Masalah Tidur

Penyebab Ngantuk Saat Puasa dan Cara Menghilangkannya, Agar Bugar Seharian!

open-summary

Perubahan waktu tidur jadi salah satu penyebab mengantuk saat puasa. Cara paling ampuh menghilangkan ngantuk saat puasa tentu dengan tidur, meski sejenak. Selain itu, ada pula beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan tanpa perlu tidur.


close-summary

7 Mei 2019

| Rena Widyawinata

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Mengantuk saat puasa bisa terjadi akibat perubahan jam biologis tubuh

Mengantuk saat puasa bisa mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan di siang hari

Table of Content

  • Apa penyebab mengantuk saat puasa?
  • Cara menghilangkan ngantuk saat puasa
  • Tips agar tidak mudah mengantuk saat puasa

Mengantuk saat puasa adalah hal yang sangat umum terjadi. Jika terjadi di akhir pekan mungkin tidak seberapa mengganggu. Akan tetapi, bagaimana kalau ngantuk menyerang saat aktivitas padat? Konsentrasi bisa jadi terganggu.

Advertisement

Supaya mata tetap melek dan badan segar seharian, ini dia beberapa cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang mudah dilakukan. 

Apa penyebab mengantuk saat puasa?

Kenapa saat puasa orang sering mengantuk? Penyebab mengantuk saat puasa umumnya karena kadar gula darah yang menurun akibat tidak ada asupan makanan dalam waktu lama dan hilangnya konsumsi kafein di siang hari.

Bukan cuma itu, puasa juga menciptakan perubahan gaya hidup, seperti pola tidur dan pola makan yang berbeda. Bangun sahur di waktu sebelum subuh dan mungkin tidur yang lebih larut dari biasanya membuat beberapa orang kerap mengantuk saat puasa karena kurang tidur.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal Sleep of Research menyebutkan, saat berpuasa, rata-rata orang kekurangan waktu tidur sebanyak 40 menit. Alih-alih optimal mendapat manfaat puasa, Anda malah jadi sering mengantuk di siang hari saat puasa. Rasa kantuk umumnya mulai dirasakan antara pukul 14.00-17.00.

BACA JUGA: 10 Tips Puasa Sehat untuk Buat Tubuh Bugar

Cara menghilangkan ngantuk saat puasa

Cara paling mudah menghilangkan ngantuk saat puasa adalah dengan tidur. Akan tetapi, tentu tidak semua orang bisa melakukannya. Sementara, minum kopi juga tak mungkin dilakukan tengah hari karena dapat membatalkan puasa.

Tak perlu khawatir, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar tidak mengantuk saat puasa:

1. Bergerak

Saat Anda melakukan pekerjaan yang monoton, yang mengharuskan Anda dalam posisi yang sama dalam waktu lama, hal ini bisa jadi penyebab sering mengantuk saat puasa.

Itu sebabnya, aktif bergerak bisa jadi salah satu cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang cukup ampuh. Tak perlu yang berat-berat, cukup berjalan santai di luar ruangan sudah bisa menghilangkan rasa kantuk.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Public Health menyebutkan, berjalan 10 menit di luar ruangan dapat meningkatkan kinerja otak secara signifikan. 

Aktif bergerak dapat membuat seseorang terjaga karena aliran darah mengalir ke otak. Ini membuat otak jadi lebih aktif.  

2. Berada di tempat terang

Apakah Anda pernah merasa saat suasana lebih redup dan temaram, Anda akan menjadi lebih cepat mengantuk? Ya, ini berhubungan dengan mekanisme kita yang merespons suasana sekitar, seperti terang dan gelap secara berbeda. 

Apabila Anda merasa sangat mengantuk, cobalah untuk berpindah ke tempat yang lebih terang. Kalau bisa, cari ruangan yang penerangannya sama terang dengan kondisi siang hari. Hal ini bisa membantu Anda menghilangkan kantuk yang muncul di bulan puasa.

3. Duduk tegak

Saat rasa kantuk menyerang di tengah hari berpuasa, keinginan untuk merebahkan diri di atas meja tentu jadi sangat besar. Hal ini justru akan membuat Anda semakin mengantuk dan tergoda untuk tidur.

Nah, cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang bisa Anda coba adalah sesederhana duduk tegak. Pasalnya, duduk tegak dapat mengaktifkan saraf simpatis. Saraf inilah yang mengontrol sistem saraf pusat untuk tetap terbangun dan waspada.

4. Mengobrol

Mengobrol juga bisa jadi cara menghilangkan kantuk saat puasa yang ampuh. Membicarakan topik-topik tertentu, seperti ide bisnis, masalah pekerjaan, atau bahkan politik bisa membuat otak Anda kembali aktif dan segar.

5. Bernapas dalam

Teknik pernapasan dalam memang terlihat sederhana, tapi nyatanya juga jadi cara ampuh agar Anda tidak mengantuk saat puasa. Bernapas dalam bisa meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh.

Bernapas dalam juga bisa menurunkan detak jantung, tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi udara. Kondisi ini bisa menambah energi Anda dan menghilangkan kantuk yang Anda alami.

6. Mencoba beralih tugas

Tidak puasa saja, mengerjakan tugas yang monoton akan membuat Anda mengantuk dengan cepat. Itu sebabnya, beralih tugas juga bisa jadi salah satu cara menghilangkan ngantuk saat puasa.

Cobalah beralih sejenak dari pekerjaan Anda yang monoton ke tugas lain yang lebih menantang atau lebih membuat otak berpikir. Dengan demikian, rasa kantuk bisa perlahan menghilang dan membuat Anda kembali segar.

7. Melihat ke kejauhan

Terus-menerus menatap layar monitor bisa membuat mata lelah. Kondisi ini tentu akan membuat Anda semakin mengantuk dan kelelahan.

Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan ngantuk saat puasa akibat mata lelah adalah dengan mengistirahatkan mata Anda. Cobalah untuk melihat ke kejauhan atau pemandangan yang hijau-hijau. Dengan begitu, mata Anda jadi lebih relaks dan rasa kantuk bisa menghilang.

8. Tidur

Cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang paling ampuh tentu saja dengan tidur. Pasalnya, kadang kala berbagai cara di atas tetap tidak bisa menghalau kantuk yang amat sangat.

Tak perlu lama-lama, untuk menghilangkan kantuk saat puasa, Anda cukup tidur sejenak sekitar 15 sampai 30 menit paling lama. Tidur siang singkat selama 15 menit dapat membantu Anda jadi lebih segar ketika terbangun nanti. Rasa kantuk yang dari tadi menggelayut pun bisa hilang.

Hindari tidur siang terlalu lama. Tidur siang terlalu lama justru dapat mengacaukan jadwal Anda dan malah membuat Anda sulit tidur di malam harinya. Hal ini akan menyebabkan Anda kembali mengantuk saat puasa keesokan harinya.

BACA JUGA: 7 Cara yang Bisa Anda Lakukan Agar Tidak Gampang Lemas saat Puasa

Tips agar tidak mudah mengantuk saat puasa

Mencegah selalu lebih mudah daripada mengobati. Begitu juga dengan rasa kantuk yang sering muncul ketika puasa.

Ketimbang harus memerangi rasa kantuk, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar tidak mudah mengantuk saat puasa, antara lain:

  • Cukup tidur. Tidur selama 6-8 jam bisa mencegah ngantuk di siang hari saat puasa. Jika tidak memungkinkan, cobalah tidur selama 5-6 jam, dan tidur siang sejenak di siang atau sore hari. Ciptakan suasana tidur yang nyaman agar bisa tidur lebih cepat dan nyenyak.
  • Tidak bermain gadget setidaknya 30 menit sebelum tidur. Cahaya dari gadget atau alat elektronik lainnya, seperti televisi, dapat membuat Anda tetap terjaga dan lebih susah tidur. Ini membuat Anda kurang tidur dan lebih mengantuk esok harinya.
  • Tidak melewatkan sahur. Puasa tapi tidak sahur bisa membuat kadar gula darah Anda selama berpuasa jadi semakin rendah. Ini akan membuat Anda jadi lebih mengantuk saat puasa. 
  • Konsumsi kafein. Anda bisa minum kopi saat sahur agar tidak mudah mengantuk saat puasa. Akan tetapi, hindari konsumsi kafein 4-6 jam sebelum tidur karena membuat Anda sulit tidur.
  • Cukup minum. Mengantuk bisa jadi salah satu tanda dehidrasi. Sementara, puasa bisa membuat Anda lebih berisiko mengalami dehidrasi. Penting untuk cukup minum saat puasa. Cobalah jadwal minum saat puasa, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur
  • Konsumsi makanan sehat yang tinggi protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat saat sahur. Nutrisi ini akan membantu Anda memiliki energi dan mencegah kantuk saat puasa di siang hari. Hindari makan terlalu banyak karena malah akan membuat Anda mengantuk.
  • Berolahraga. Olahraga saat puasa bisa membantu Anda lebih bugar. Cara ini juga bisa mencegah rasa kantuk saat berpuasa. Olahraga juga bisa membantu pola tidur Anda jadi lebih baik. Berolahraga menjelang buka puasa mungkin jadi pilihan waktu yang tepat.

BACA JUGA: 10 Menu Sahur Sehat yang Lezat dan Mudah Dibuat

Mengantuk saat puasa adalah hal yang normal terjadi. Penyebabnya, bisa jadi karena kadar gula yang menurun akibat tubuh tidak mendapatkan makanan dalam waktu lama.

Meski begitu, menjalankan kebiasaan tidur yang baik bisa jadi salah satu cara untuk menghilangkan bahkan mencegah mengantuk saat puasa.

Beberapa kondisi kesehatan tertentu mungkin perlu lebih waspada jika terus-terusan merasakan kantuk saat puasa. Konsultasikanlah dengan dokter mengenai tips berpuasa saat memiliki kondisi kesehatan tertentu. 

Anda juga bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.

Advertisement

tidurwaktu tidurtips puasamasalah tidurkurang tidurmengantuk

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved