Ini Cara Bleaching Rambut Sebelum Diwarnai, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah


Cara bleaching rambut agar tidak rusak bisa dilakukan dengan sederhana. Ini cara bleaching rambut sebelum diwarnai yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

(0)
12 Mar 2020|Marco Anthony
Cara leaching rambut sendiri di rumah bisa dilakukan dengan mudahBleaching rambut di rumah dapat juga dilakukan dengan bantuan keluarga
Mewarnai rambut bisa menjadi cara tiap orang untuk berekspresi. Tidak jarang karena ingin bereksperimen dalam berekspresi, mewarna rambut sendiri di rumah menjadi pilihan dibandingkan pergi ke salon. Cuma yang sering menjadi masalah adalah ketika harus melakukan bleaching rambut. Pasalnya, jika tidak di-bleach terlebih dahulu, hasil warna rambut akan menjadi tidak maksimal.Sama halnya dengan mewarnai atau mengecat rambut, sebenarnya Anda juga bisa melakukan bleaching rambut tanpa bantuan profesional di salon. Dengan beberapa langkah yang simpel, Anda bisa membuat warna hitam rambut Anda tampak pudar sehingga siap untuk dicat dengan warna-warna yang Anda suka. Bahkan membiarkan tampilan Anda hanya dengan rambut yang sudah di-bleach bisa menjadi pilihan yang tidak kalah bagus.

Cara bleaching rambut sendiri

Nah, penasaran bagaimana cara melakukan bleaching rambut sendiri di rumah? Ikuti langkah-langkah cara bleaching rambut agar tidak rusak di bawah ini sebagai panduannya, ya.

Istirahatkan Rambut Terlebih Dahulu

Anda mungkin kerap mengeringkan rambut atau melakukan blowing pada rambut tiap harinya untuk kepentingan penampilan. Pastikan ketika Anda mau melakukan bleaching, rambut Anda mesti sudah berisitrahat dari hal-hal tersebut. Tujuannya supaya rambut Anda tidak kaku ketika proses bleaching dilakukan.Tidak hanya dari proses pengeringan maupun blowing, pastikan ketika mau melakukan bleaching rambut, Anda juga sudah tidak melakukan treatment pengecatan ataupun hal lainnya yang berhubungan dengan proses menaruh zat kimia di rambut. Pasalnya, zat kimia tersebut bisa memengaruhi hasil bleaching.

Siapkan Peralatan

Ketika rambut Anda sudah dalam kondisi siap untuk dilakukan bleaching, hal berikutnya yang pasti Anda lakukan adalah memastikan sudah peralatan yang dibutuhkan tersedia. Peralatan tersebut sudah tentu dari bubuk pemutih, wadah, kuas rambut, juga cairan oksidan untuk pencampuran.Tidak lupa Anda mesti menyiapkan sarung tangan yang akan digunakan ketika proses bleaching dilakukan. Ini untuk memastikan bahan pemutih tersebut tidak menimbulkan iritasi bagi tangan Anda.

Campur Bahan Pemutih

Anda bisa mendapatkan bubuk pemutih untuk bleaching rambut di berbagai toko yang menjual perlengkapan perawatan rambut. Bahkan saat ini sudah tersedia bubuk bleaching instan di mana Anda hanya tinggal mencampurnya dengan cairan oksidan sebagai pengencer.

Mulai Aplikasikan pada Rambut

Kini saatnya mulai melakukan bleaching pada rambut Anda. Cobalah mengenakan handut dan pakaian putih ketika melakukan aplikasi agar tidak ada bubuk pemutih yang luntur ke pakaian Anda.Ketika melakukan bleaching, lakukan dengan kuas rambut secara perlahan dari bagian yang paling mendekati akar rambut sampai ke bagian ujung. Lakukan beberapa kali pemolesan sampai rambut Anda tertutupi dengan merata.

Diamkan dan Bilas

Setelah seluruh bagian rambut tertutupi dengan sempurna, biarkan campuran untuk bleaching itu menyerap sempurna. Diamkan rambut Anda sekitar 30—45 menit sebelum Anda mulai membilasnya.Setelah rambut Anda sudah tampak mulai kaku, itulah saat yang baik untuk melakukan pembilasan. Bilasan pertama cukup dengan air. Namun ada baiknya, Anda kembali membilas rambut dengan conditioner agar rambut Anda bisa lembut setelah proses bleaching. Setelah itu, biarkan rambut mengering secara alami.

Beri Jeda Waktu untuk Pengulangan

Di beberapa orang yang memiliki tingkat rambut hitam pekat, proses satu kali bleaching mungkin tidak akan berakhir maksimal. Warna putih yang Anda harapkan tidak akan terlalu tampak. Anda bisa melakukan proses ulang untuk bleaching rambut sekali lagi untuk memaksimalkan hati. Namun, jangan langsung ya! Beri jeda sekitar 1—2 minggu untuk proses ulang tersebut.

Kenapa bleaching membuat rambut rusak

Dikutip dari penelitian yang dipublikasikan dalam National Library of Medicine, kerusakan rambut yang bisa disebabkan oleh bleaching atau pemutihan adalah adanya luka bakar di kulit kepala. Dalam penelitian disebutkan, larutan amonum persulfat dan hidrogen peroksida (6% atau 9%) yang dicampur dengan perbandingan 1:2 (rasio berat) pada rambut manusia saat bleaching menyebabkan sisik kutikula rambut menjadi tidak teratur dan terangkat. Penggunaan bahan kimia yang berlebih dan berulang pada rambut juga akan menghasilkan perubahan pada tekstur rambut. Jika perubahan tersebut terjadi secara ekstrim maka akan menyebabkan kerusakan rambut.Dikatakan bahwa matriks ekstraseluler kulit mengalami gangguan serius setelah proses pemutihan. Itulah sebabnya mengapa proses bleaching atau pemutihan yang sesunyai hanya disarankan untuk menghindari cedera. 

Tips melembapkan rambut setelah bleaching agar tidak cepat rusak

Salah satu tips perawatan setelah bleaching adalah dengan mengembalikan kelembapan rambut. Melakukan sejumlah hal berikut akan membantu.
  • Memberikan ragam minyak alami seperti olive oil, minyak kelapa hingga argan oil pada kulit kepala dan rambut
  • Menggunakan produk perlindungan matahari (SPF) untuk rambut
  • Memberikan masker rambut dengan bahan-bahan alami seperti alpukat, madu dan putih telur
  • Membilas rambut dengan air beras. Air beras mengandung inositol yang dapat memperbaiki dan memperkuat helai rambut
  • Menggunakan conditioner
  • Hindari terlalu sering keramas dengan sahmpo. Cobalah untuk keramas sekali atau dua kali saja dalam seminggu dan menggunakan air dingin
 
kulit dan kecantikankesehatan rambutrambut putih
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait