Cara Bermain Biliar dan Aturannya yang Perlu Dipahami Pemula

(0)
07 May 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara bermain biliar bergantung pada jenis permainannyaCara bermain biliar ditentukan berdasarkan jenis permainannya
Biliar adalah salah satu jenis olahraga yang digemari banyak orang, terutama anak muda. Secara umum, cara bermain biliar dilakukan dengan mendorong (menyodok) bola-bola kecil yang telah diberi nomor supaya bisa masuk ke dalam lubang-lubang yang ada di sisi meja.Bola-bola biliar disodok dengan menggunakan tongkat panjang yang disebut dengan stik biliar atau kiu (cue).  

Cara bermain biliar dan aturan-aturannya

Jenis permainan biliar yang paling populer adalah biliar Inggris. Permainan biliar ini dapat dilakukan secara tunggal atau tim. Sebelum bermain, perlu disetujui terlebih dahulu poin yang dibutuhkan untuk menang (biasanya 300).Setelah poin disepakati, berikut adalah cara bermain biliar Inggris dan peraturannya yang perlu Anda pahami.
  • Cara bermain biliar Inggris dilakukan dengan tiga bola yang terdiri dari bola merah, kuning, dan putih.
  • Kedua pemain memiliki bola kiu (cue ball) sendiri. Pemain pertama memiliki bola putih dan pemain kedua memiliki bola kuning.
  • Sebelum permainan dimulai, kedua pemain memukul bola kiu bersamaan hingga terpantul pada tepi meja dan kembali ke arah pemain. Pemain yang bolanya lebih dekat ke tepi dapat memilih siapa yang memulai tembakan (sodokan) pertama terlebih dahulu.
  • Bola merah ditaruh di meja biliar. Pemain yang mulai pertama menempatkan bola kiunya di dalam D dan membuat sodokan pertama.
  • Cara bermain biliar dilakukan secara bergiliran, di mana kedua pemain mencoba mencetak jumlah poin terbanyak untuk memenangkan permainan.
  • Pemain dapat mencetak angka dalam olahraga biliar dengan cara:
    • In-off: ini terjadi ketika pemain menyodok bola kiu mereka, lalu mengenai bola lainnya dan masuk ke dalam lubang. Skor tiga poin dapat diberikan jika bola merah yang terkena bola kiu, sementara dua poin diberikan jika mengenai bola kiu pemain lainnya terlebih dahulu..
    • Pot: ini terjadi ketika bola merah masuk ke dalam lubang setelah terkena bola kiu yang disodok pemain. Skor yang diberikan adalah tiga poin. Jika bola kiu pemain mengenai bola kiu lainnya dan masuk ke dalam lubang, skornya adalah dua poin.
    • Cannon: bola kiu mengenai bola merah atau bola kiu lainnya secara bersamaan (2 poin).
  • Pemain yang sedang mendapat giliran bisa tetap bermain sampai ia gagal memasukkan bola ke dalam lubang.
  • Pemenang permainan adalah pemain pertama yang mencapai total poin yang telah ditentukan sebelum pertandingan.

Perlengkapan biliar yang perlu dipersiapkan

Semua cara bermain biliar membutuhkan perlengkapan biliar berupa meja, stik biliar, dan bola biliar.

1. Meja biliar

Meja biliar memiliki panjang dua kali lipat daripada lebarnya. Permukaan meja memiliki papan yang dilapisi kain tenunan dari wol.

2. Stik biliar (kiu)

Stik biliar atau kiu digunakan untuk memukul atau mendorong bola. Tongkat ini terbuat dari memiliki panjang sekitar 100-150 cm. Ujung tongkat yang kecil digunakan untuk mendorong bola kiu.

3. Kapur biliar

Kubus kapur digunakan dengan cara digosokkan pada ujung stik biliar. Kapur ini memungkinkan pemain memukul bola kiu secara lebih akurat sehingga dapat membuat gerakan bola berputar.

4. Bola biliar

Bola biliar memiliki diameter sekitar 5,7-6 cm. Bola biliar yang banyak dijual di pasaran umumnya terbuat dari berbagai bahan plastik.Biliar adalah permainan taktis yang membutuhkan kecerdasan dan keterampilan. Selain memikirkan untuk menyerang dan cara mencetak poin, Anda juga harus memikirkan cara bermain biliar secara defensif untuk mempersulit lawan.Sementara itu, jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan anak, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
olahragatips olahraga
Mental Floss. https://www.mentalfloss.com/article/582807/whats-difference-between-pool-and-billiards
Diakses 14 April 2021
Rules of Sport. https://www.rulesofsport.com/sports/billiards.html
Diakses 14 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait