6 Cara Berkomunikasi yang Baik dalam Kehidupan Personal dan Profesional

(0)
27 Feb 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu cara berkomunikasi yang baik adalah tidak fokus pada diri sendiriCara berkomunikasi yang baik membawa banyak manfaat
Tidak dapat dipungkiri bahwa komunikasi merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Cara berkomunikasi yang baik bahkan dapat berpengaruh pada kesehatan dan kesejahteraan seseorang.Sebagai makhluk sosial, manusia bisa merasakan kebahagiaan dan kepuasan dari berinteraksi, berkomunikasi, dan berhubungan dengan orang lain.Beberapa studi menunjukkan bahwa orang dengan keterampilan komunikasi yang baik memiliki kecenderungan merasakan kepuasan hidup, harapan, dan kebahagiaan yang lebih tinggi, serta tingkat stres yang lebih rendah jika dibandingkan orang dengan keterampilan komunikasi yang buruk.

Berbagai cara berkomunikasi yang baik

Untuk bisa menjalin komunikasi yang baik secara personal atau profesional, berikut ini adalah berbagai cara berkomunikasi yang baik untuk Anda praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Jangan hanya fokus pada diri sendiri

Komunikasi harus bersifat dua arah. Oleh karena itu, cara berkomunikasi yang baik dan benar adalah tidak mendominasi pembicaraan dan tidak mengutamakan fokus pada diri Anda sendiri.Berikan perhatian dan kesempatan yang sama pada lawan bicara Anda. Perlakukan pendapat dan perasaan orang lain sama pentingnya dengan Anda.

2. Mendengarkan dengan baik

Cara bekomunikasi dengan baik dapat dilakukan saat Anda bisa mendengarkan dengan baik. Perhatikan dengan seksama apa yang orang lain katakan, nada bicara, dan bahasa tubuhnya.Jika Anda mendengarkan lawan bicara, mereka akan dapat bersikap lebih terbuka terhadap pendapat dan perasaannya. Mereka juga bisa memercayai Anda sehingga akhirnya bisa menjalin hubungan yang baik.

3. Perhatikan nada dan bahasa tubuh

Tidak hanya pemilihan kata yang penting dalam cara berkomunikasi yang baik. Hal-hal nonverbal, seperti nada bicara dan bahasa tubuh, juga sama pentingnya dan dapat mengungkapkan lebih banyak tentang perasaan dan pikiran Anda.Jika nada bicara dan bahasa tubuh Anda konsisten dengan kata-kata yang diucapkan, orang lain akan lebih mudah percaya dengan Anda.

4. Bersikap jujur dan terbuka

Cara berkomunikasi dengan baik dan benar selanjutnya adalah bersikap terbuka dan jujur apa adanya sehingga lawan bicara tidak salah paham.Bahkan, jika Anda merasa keberatan dengan topik pembicaraan, ungkapkan bahwa Anda tidak ingin membicarakannya atau merasa tidak nyaman dengan pembicaraan tersebut. Orang yang bersikap jujur akan terlihat lebih tulus dan mudah diterima oleh orang lain.

5. Bersikap mendukung

Menunjukkan dukungan termasuk salah satu cara berkomunikasi yang baik. Walaupun Anda tidak setuju dengan pendapat lawan bicara, bukan berarti Anda harus menyerangnya habis-habisan.Berikan kritik membangun dan pendapat yang dapat membantu. Tunjukkan empati dan alasan yang logis saat berkomunikasi, tanpa bersikap agresif.

6. Jangan memberi nasihat tanpa diminta

Salah satu hal penting dalam cara berkomunikasi dengan baik adalah tidak memberikan nasihat tanpa diminta. Ada kondisi di mana seseorang hanya butuh didengarkan, dan pada saat inilah ungkapkan pendapat Anda hanya ketika diminta lawan bicara.Sering menasihati orang lain tanpa diminta juga akan membuat Anda terlihat sok tahu dan menyebabkan orang lain enggan berkomunikasi dengan Anda.

Manfaat berkomunikasi dengan baik

Komunikasi yang baik membangun kedekatan
Komunikasi yang baik dapat membangun kedekatan dan kepercayaan
Ada beberapa manfaat yang bisa Anda nikmati setelah menerapkan cara-cara berkomunikasi yang baik. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Membangun kepercayaan

Cara berkomunikasi dengan baik dapat menumbuhkan rasa saling percaya. Khususnya, jika Anda mampu mendengarkan dan berempati dengan lawan bicara.

2. Mencegah dan mengatasi masalah

Cara berkomunikasi yang baik dan benar juga dapat membantu mencegah terjadinya konflik dan mengatasi masalah yang tengah terjadi.Seorang komunikator handal akan dapat memahami setiap sudut pandang dan menemukan solusi terbaik bagi semua pihak.

3. Menciptakan hubungan yang lebih baik

Komunikasi yang terjalin dengan baik akan membuat suasana menjadi harmonis sehingga mampu mendorong terciptanya hubungan yang lebih baik.Cara berkomunikasi dengan baik akan membuat orang lain merasa dihargai, dan kemudian akan memupuk perasaan saling menghormati.

4. Mendapatkan pengarahan

Cara berkomunikasi yang baik akan membuat harapan Anda dapat disampaikan dengan jelas. Anda juga bisa memberikan instruksi-instruksi yang mudah diterima sehingga mampu mengarahkan semua pihak pada jalur yang diharapkan.Hal ini tentunya dapat membantu menyelesaikan konflik dan kebingungan karena kesalahan dalam komunikasi.

5. Meningkatkan kedekatan dan kekompakan

Komunikasi yang baik akan mendorong perasaan dan hubungan positif antarindividu. Kondisi ini akan meningkatkan rasa saling percaya dan dapat mengandalkan satu sama lain.

6. Meningkatkan partisipasi dan produktivitas kelompok

Cara berkomunikasi yang baik dapat membangun kedekatan dan hubungan sehingga meningkatkan keterlibatan seseorang dalam kelompok.Suasana komunikasi yang harmonis juga mendorong masalah selesai lebih cepat sehingga produktivitas dapat meningkat karena Anda dapat sepenuhnya fokus pada pekerjaan.Itulah berbagai cara berkomunikasi yang baik dan manfaat yang bisa Anda dapatkan. Tidak ada salahnya untuk menerapkan cara-cara tersebut dalam kehidupan sehari-hari Anda mulai dari sekarang.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
asmaramenjalin hubungan
Portland Community College. https://climb.pcc.edu/blog/the-7-benefits-of-effective-communication-in-personal-and-professional-settings
Diakses 11 Februari 2021
E Leaning Industry. https://elearningindustry.com/communicating-with-others-6-tips
Diakses 11 Februari 2021
Springer Link - Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research. https://link.springer.com/referenceworkentry/10.1007%2F978-94-007-0753-5_446
Diakses 11 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait