Cara Berhenti Merokok Secara Alami dengan Mengonsumsi 5 Asupan Sehat Ini

Kayu manis bisa menjadi "pengganti" rokok sebagai cara berhenti merokok secara alami.
Anggur beku menjadi asupan sehat yang bisa dimakan sebagai cara berhenti merokok secara alami.

Setelah makan, biasanya para perokok mencari rokoknya untuk diiisap, agar bisa menghilangkan sensasi "asam" di mulut dan lidahnya. Hal ini menjadi salah satu tantangan terbesar ketika orang ingin atau sedang berhenti merokok. Lantas, bagaimana cara berhenti merokok secara alami, agar sensasi “asam” itu tak muncul?

Menurut penelitian, pola makan yang sehat, bisa membantu Anda berhenti merokok. Selain itu, ada beberapa asupan sehat yang bisa dikonsumsi, sebagai cara berhenti merokok secara alami. Tidak hanya menghilangkan hasrat ingin merokok, tapi beberapa asupan sehat ini juga dipercaya mampu membuat Anda konsisten dalam "jalur" berhenti merokok.

Cara berhenti merokok secara alami dengan asupan sehat

Mungkin sulit dipercaya, bahwa makanan maupun minuman yang Anda konsumsi, ternyata bisa membantu Anda untuk berhenti merokok.

Walau tidak ada daftar makanan dan minuman sebagai acuan untuk berhenti merokok, namun ada studi mengenai asupan sehat yang bisa membantu Anda tidak lagi merokok. Apa saja asupan sehat itu?

1. Susu

Susu menjadi salah satu asupan sehat yang bisa Anda konsumsi, agar keinginan merokok menghilang. Susu juga bisa membantu Anda tetap konsisten untuk tidak lagi menyentuh rokok.

Dalam sebuah studi yang dirilis dalam jurnal Nicotine & Tobacco Research, terdapat penelitian yang melibatkan 209 perokok aktif sebagai responden. Peneliti mencari tahu tentang makanan maupun minuman, yang bisa membuat rasa rokok menjadi tidak enak bagi para responden.

Susu menjadi asupan yang menduduki peringkat pertama. Maka dari itu, tidak heran jika susu bisa membuat Anda konsisten untuk berhenti merokok.

2. Anggur beku

Buah dan sayuran menjadi asupan sehat yang terbukti bisa memicu perokok untuk berhenti merokok. Dalam sebuah studi, peneliti melihat kebiasaan makan 1.000 perokok. Ternyata, perokok yang lebih suka makan buah dan sayuran, lebih cenderung berhenti merokok.

Tidak hanya berhenti merokok, mereka juga konsisten dalam keputusannya, sehingga efek “jera” bisa terasa untuk waktu yang lama.

Masih dalam studi yang sama, ternyata mengonsumsi makanan hasil produk alam, seperti buah dan sayuran, juga mampu membuat rasa rokok tidak enak di mulut.

Anggur beku menjadi salah satu buah yang sangat efektif untuk bantu Anda berhenti merokok. Bahkan, American Heart Association (AHA) juga mengatakan bahwa anggur beku memiliki rasa manis yang mampu membuat Anda “lupa” akan rokok.

Sebab, mantan perokok cenderung menginginkan makanan manis secara terus-menerus. Tentu saja, anggur beku adalah opsi yang sangat baik.

3. Kayu manis

Terdapat pepatah yang mengatakan, bagi mantan perokok yang “rindu” akan rokok, cari saja benda yang dapat Anda pegang, layaknya memegang sebatang rokok. Secara psikologis, ternyata hal ini bisa membantu Anda berhenti merokok.

Bahkan, Anda bisa mengganti benda-benda itu dengan sebatang kayu manis, yang bentuknya mirip seperti rokok, dan dapat Anda hisap juga. Selain itu, rempah-rempahan ini juga memiliki rasa manis yang enak di lidah.

Walau tidak untuk dimakan, kayu manis bisa membantu Anda untuk mencari “pengganti” rokok yang bisa diisap di mulut.

4. Kacang-kacangan

Terkadang, para perokok takut, jika mereka berhenti merokok, nafsu makan bertambah dan perut membesar. Sebenarnya, hal ini tidak bisa dijadikan alasan, untuk tidak mau berhenti merokok.

Memang benar, ketika berhenti merokok, Anda akan merasa ada yang aneh, karena mulut tidak lagi punya sesuatu untuk dimainkan atau isap. Hasilnya, Anda akan lebih banyak makan, sehingga badan bisa menggemuk.

Namun, hal ini bisa dihindari dengan mengonsumsi kacang-kacangan berserat tinggi. Di saat mulut sudah merasa asam karena “ditinggal” rokok, itulah saat yang tepat untuk Anda mulai mengonsumsinya. Ketika mulut sibuk dengan makanan yang Anda kunyah itu, maka rokok akan dilupakan.

5. Popcorn

Makanan yang biasanya dimakan saat nonton bioskop ini juga bisa “menyibukkan” tangan Anda, agar tidak merokok.

Apalagi, popcorn sangat kaya akan serat, namun rendah kalori. Bayangkan saja, 5 cangkir popcorn, hanya mengandung 150 kalori.

Sama seperti kacang dan kayu manis, popcorn menjadi salah satu makanan yang bisa membuat Anda melupakan rokok, dan akhirnya membantu Anda untuk berhenti merokok. Agar tidak terjadi lonjakan kalori, Anda disarankan untuk tidak menambahkan mentega dan garam ke dalam popcorn.

Catatan dari SehatQ

Berhenti merokok, bagi mereka yang sudah kecanduan berat, memang tidak mudah. Namun, dengan memilih makanan yang sehat, hal ini bisa membantu Anda mencari “pelarian” yang tepat. Selain bisa menghentikan kebiasaan buruk merokok, Anda juga bisa menyehatkan tubuh dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat ini.

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/hs/stop-smoking/best-and-worst-foods-quit-smoking/

Diakses pada 7 November 2019

 

Cancer. https://www.cancer.org/healthy/stay-away-from-tobacco/guide-quitting-smoking/quitting-smoking-help-for-cravings-and-tough-situations.html

Diakses pada 7 November 2019

 

Smoke Free. https://smokefree.gov/challenges-when-quitting/weight-gain-appetite/nutrition-appetite-while-quitting

Diakses pada 7 November 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed