Cara Berbuka Puasa yang Benar supaya Tetap Sehat di Bulan Ramadan

(0)
16 Apr 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu cara berbuka puasa yang benar adalah membagi waktu makanCara berbuka puasa yang benar perlu dilakukan untuk menghindari makan berlebihan
Setelah seharian menahan lapar dan haus, waktu berbuka menjadi momen yang paling dinantikan saat menjalankan puasa. Namun, tidak banyak orang yang tahu cara berbuka puasa yang benar. Padahal, buka puasa yang sehat dan benar dapat membantu mengembalikan stamina tubuh sekaligus mencegah gangguan kesehatan yang berkaitan dengan kebiasaan berbuka.

Cara berbuka puasa yang benar dan sehat

Waktu makan di bulan puasa terbatas pada malam hari saja. Maka dari itu, Anda perlu memilih makanan buka puasa yang sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari. Supaya puasa dapat berjalan lancar dan bermanfaat bagi kesehatan, berikut ini adalah tips berbuka puasa yang benar

1. Membagi waktu makan

Cara buka puasa yang benar adalah dengan membagi waktu makan menjadi dua sesi. Jika Anda langsung memenuhi perut yang kosong seharian secara sekaligus, ini dapat memicu terjadinya gangguan pencernaan dan membuat kadar gula beserta tekanan darah melonjak.Buka puasa yang sehat dapat dilakukan dengan memberikan jeda sekitar 20 menit di antara dua sesi makan. Anda dapat memulainya dengan makanan pembuka, seperti buah atau sup.Setelah itu, Anda dapat menjalankan ibadah salat magrib terlebih dahulu sebelum menyantap makan hidangan utama. Cara berbuka yang benar akan membuat makanan lebih mudah dicerna oleh tubuh.

2. Penuhi kebutuhan cairan

Setiap hari, tubuh membutuhkan 2 liter air (8-10 gelas) supaya bisa berfungsi dengan baik dan tetap terjaga kesehatannya. Kebutuhna ini tidak berubah walaupun Anda sedang berpuasa. Buka puasa yang sehat dapat dilakukan dengan minum air secukupnya.Salah satu tips berbuka puasa untuk memenuhi kebutuhan cairan adalah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air, seperti sup atau buah-buahan sumber air. Kebutuhan cairan ini harus dipenuhi secara berkala sejak berbuka hingga sahur.Jika Anda banyak bergerak atau berkeringat, maka asupan air juga harus ditambah sesuai kebutuhan. Minum air mineral juga merupakan pilihan yang baik jika aktivitas Anda dipenuhi pekerjaan berat.

3. Memilih jenis makanan buka puasa yang sehat

Cara berbuka puasa yang benar juga berkaitan dengan jenis makanan yang dipilih. Saat berbuka, utamakan makanan yang mengandung banyak air, rendah lemak, dan mengandung gula alami. Beberapa jenis makanan buka puasa yang sehat, yaitu:
  • Air putih, susu, jus buah, atau smoothies tanpa gula tambahan.
  • Kurma, yaitu buah kering dengan kandungan gula alami sekaligus kaya serat dan mineral, seperti kalium, tembaga, dan mangan.
  • Buah-buahan adalah makanan buka puasa yang sehat karena mengandung air, gula alami, vitamin, dan mineral.
  • Sayur sop juga dianggap sebagai makanan buka puasa yang sehat karena mengandung banyak cairan sekaligus menjadi sumber energi dan berbagai nutrisi penting.

3. Konsumsi makanan utama bergizi seimbang

Sesuai anjuran cara berbuka puasa yang benar, waktu makan buka puasa dapat dibagi beberapa sesi. Setelah jeda 20 menit dari menu pembuka, Anda dapat mengonsumsi makanan utama dengan menu yang lebih lengkap.Cara berbuka puasa yang benar harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Pastikan makanan yang dikonsumsi memiliki gizi seimbang, baik makanan bertepung (termasuk biji-bijian), buah dan sayur, serta makanan kaya protein (daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan).Anda juga dapat menambahkan makanan olahan susu ke dalam menu makanan buka puasa yang sehat. Konsumsi yogurt atau minuman susu probiotik dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

4. Olahraga ringan

Setelah melakukan beberapa tips berbuka puasa di atas, sebaiknya Anda juga melakukan olahraga ringan untuk membantu pencernaan dan menjaga kebugaran tubuh.Anda dapat berjalan kaki setelah berbuka. Salat tarawih juga sangat dianjurkan. Akan lebih baik jika Anda berjalan kaki saat menuju ke masjid atau berjalan-jalan sejenak di halaman rumah.

Makanan yang sebaiknya dihindari saat buka puasa

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari atau dikonsumsi sedikit saja ketika berbuka puasa, di antaranya:
  • Makanan yang digoreng
  • Makanan tinggi lemak
  • Makanan kemasan dan kalengan yang diawetkan
  • Makanan yang mengandung banyak gula dan garam tambahan.
Selain itu, jangan konsumsi minuman dengan tambahan pemanis, minuman berkarbonasi, dan jus kemasan yang sudah jadi karena bisa menyebabkan sakit perut.Hindari juga makan dalam porsi besar sekaligus atau langsung tidur setelah makan. Hal ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan beserta masalah pencernaan.Jika Anda punya pertanyaan lain seputar kesehatan dan puasa, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tips puasadiet puasa
Nutrition UK. https://www.nutrition.org.uk/healthyliving/seasons/ramadan.html?limitstart=0
Diakses 5 April 2021
Daily Sabah. https://www.dailysabah.com/life/ramadan-2020-dont-skip-sahur-split-iftar-into-2-parts-and-more-fasting-tips/news
Diakses 5 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait