5 Cara Belajar Nama Hewan yang Efektif untuk Anak


Terdapat berbagai macam cara efektif belajar nama hewan untuk anak-anak yang bisa dicoba oleh Ayah dan Bunda, mulai dari mengajaknya ke kebun binatang hingga menirukan suara binatang.

0,0
21 Jul 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
belajar nama hewan untuk anakAda banyak cara belajar nama hewan yang efektif untuk anak-anak, salah satunya memberikan mainan binatang.
Nama-nama hewan adalah bagian penting dari proses pembelajaran anak di usia dini. Selain bisa mengenal kata-kata baru, belajar nama hewan juga dianggap dapat mengajari anak untuk merangkai sebuah kalimat.Saat anak beranjak besar, ia mulai menyadari bahwa ada banyak hewan yang hidup di sekeliling mereka. Mulai dari kucing di depan rumah, anjing peliharaan tetangga, hingga burung yang beterbangan di langit.Berbagai hal ini dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan penasaran si kecil terhadap nama-nama hewan yang ia lihat. Kabar baiknya, ada cara efektif untuk belajar nama hewan supaya anak dapat mudah mengingatnya.

5 cara efektif belajar nama hewan untuk anak

Berikut adalah berbagai cara efektif dan menyenangkan dalam belajar nama hewan untuk anak-anak.

1.    Mengajaknya ke kebun binatang

Salah satu cara belajar nama hewan paling efektif untuk anak-anak adalah mengajaknya ke kebun binatang.Saat Anda dan anak melihat berbagai macam hewan, Anda dapat menyebutkan nama-nama hewan tersebut.Anak tidak hanya sekadar belajar nama hewan dengan menyaksikannya secara langsung, tapi juga bisa mengetahui suara hewan tersebut.Selain ke kebun binatang, Anda juga bisa mengajaknya ke peternakan sehingga si kecil dapat melihat bagaimana binatang berkembang biak.

2.    Menirukan suara hewan

Belajar mengenal nama hewan dan suaranya dapat dilakukan dengan cara menirukan suara hewan bersama anak.Cobalah mulai dari hewan-hewan yang ada di dekat anak terlebih dahulu, seperti suara kucing, ayam, anjing, atau kicauan burung.Setelah itu, cobalah minta anak untuk menebak suara hewan yang Anda buat. Metode ini dapat membuat anak belajar mengenal nama hewan dan suaranya. Anda juga bisa menunjukkan gambar binatang dan meminta anak untuk menirukan suaranya.

3.    Menyocokkan gambar hewan

Menyocokkan gambar hewan menjadi cara belajar nama-nama hewan yang menyenangkan bagi anak. Untuk mencobanya, kamu perlu mencetak foto-foto binatang atau membeli buku binatang.Anda boleh menyebutkan satu nama binatang yang ada di buku, lalu biarkan anak menebaknya dengan gambar.Permainan untuk belajar nama hewan ini dapat dilakukan dengan gambar hewan sungguhan atau karakter kartun hewan yang lucu.

4.    Membacakan dongeng tentang hewan

Jika Anda sudah membelikan buku atau mainan hewan, jadikan keduanya sebagai sarana untuk berdongeng.Sambil bercerita tentang hewan, sebutkan juga nama-nama hewan tersebut dan seperti apa suaranya.Jika anak sudah cukup dewasa untuk membaca buku sendiri, cobalah minta ia untuk lebih sering membaca buku tentang hewan. Metode ini dianggap sebagai cara efektif belajar mengenal nama hewan dan suaranya.

5.    Menyanyikan lagu tentang hewan

Menyanyikan lagu tentang hewan juga bisa dimanfaatkan sebagai cara efektif untuk belajar nama hewan.Ada banyak lagu-lagu tentang hewan yang dapat diputar, mulai dari Old MacDonald Had a Farm hingga Baa Baa Black Sheep. Kalau perlu, putarlah lagu-lagu ini dengan video yang menampilkan gambar hewannya.Dengan rutin menyanyikan lagu tentang hewan, anak-anak dapat menghafal nama-nama hewan yang ada di dalam lagunya dengan lebih mudah.

Catatan dari SehatQ

Selain menyenangkan, belajar mengenal nama dan suara hewan dapat menambah wawasan baru untuk anak. Tidak hanya itu, belajar nama hewan juga bisa menambah kosakata baru si kecil.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
tips parentinggaya parenting
School Zone. https://www.schoolzone.com/blog/teaching-baby-animal-names-sounds-and-habits-builds-important-skills
Diakses pada 6 Juli 2021
Scholastic. https://www.scholastic.com/parents/books-and-reading/raise-a-reader-blog/farm-animal-sounds.html
Diakses pada 6 Juli 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/list-of-animals-names-with-pictures-for-toddlers/
Diakses pada 6 Juli 2021
Abbot Family. https://abbottfamily.com.sg/articles/pre-school/teach-animals
Diakses pada 6 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait