Cara belajar efektif tidak lepas dari gaya hidup sehat.
Cara belajar efektif meliputi mengulang-ulang pelajaran hingga "berpura-pura" jadi guru.

Mengetahui cara belajar efektif, bisa menentukan prestasi Anda di kelas. Mulai dari tahap mengingat hingga mempraktikkan yang sudah dipelajari, semua faktor ini bisa membantu Anda menyelesaikan soal-soal ujian dengan lebih yakin dan percaya diri. Untungnya, ada banyak cara belajar efektif menurut para psikolog, yang bisa Anda coba.

Sebenarnya, cara ini tidak hanya efektif dijalankan pelajar maupun mahasiswa. Anda sebagai pekerja pun juga bisa mencobanya.

Cara belajar efektif menurut psikolog

Sebuah studi dari jurnal Association for Psychological Science dan Psychological Science in the Public Interest menjabarkan, ternyata ada cara belajar efektif yang bisa membuat Anda lebih mampu menyerap segala hal yang sudah dipelajari. Seperti apa caranya?

1. “Berpura-pura” jadi guru

Setelah belajar, cobalah “berpura-pura” menjadi guru untuk diri Anda sendiri. Jangan ragu untuk menjelaskan ulang materi yang telah dipelajari, kepada diri Anda sendiri. Tidak hanya itu, Anda juga bisa meminta teman atau keluarga, untuk mendengarkan penjelasan tersebut.

Menurut psikolog, hal ini akan membantu Anda untuk mengingat kembali bahan yang telah dipelajari. Dengan menjelaskan kembali materi tersebut, Anda dianggap lebih mampu mengingatnya.

Di saat sedang menjelaskan kembali, mungkin Anda akan lupa beberapa hal. Jangan khawatir, dengan adanya proses lupa ini, Anda akan melihat kembali materi yang sudah dipelajari, sehingga membuat Anda semakin mahir dalam mengingatnya.

2. Buat ujian sendiri

Sebelum menghadapi ujian sesungguhnya di hadapan para guru, ada baiknya Anda membuat ujian sendiri, dengan mencetak kertas-kertas ujian terdahulu. Menurut para psikolog, hal ini bisa membantu Anda siap secara mental, untuk menghadapi ujian keesokan harinya.

Menurut studi, membuat ujian sendiri dianggap sebagai cara belajar efektif yang bisa membantu Anda mengingat apa yang telah dipelajari. Dibandingkan terus-terusan membaca buku pelajaran, cobalah membuat ujian sendiri di rumah.

Setelah menyelesaikan ujian yang telah dibuat sendiri, jangan lupa untuk memeriksa jawabannya, ya. Dengan begitu, Anda jadi tahu bagian yang harus diperbaiki.

3. Berikan jeda di antara sesi belajar

Belajar terlalu keras dan memaksakan diri, dianggap sebagai cara belajar yang tidak efektif. Malah menurut para psikolog, memberikan diri Anda jeda di antara sesi belajar, menjadi cara belajar efektif yang bisa Anda lakukan.

Jangan anggap remeh sesi istirahat ini. Sebab, otak Anda akan mendapatkan “penyegaran” dan mampu mengingat lebih baik, saat sesi belajar dimulai lagi.

4. Lebih kritis dalam belajar

Belajar
Cara belajar efektif

Setelah merasa paham dengan apa yang dipelajari, kini saatnya Anda lebih kritis lagi terhadap semua hal yang telah tersimpan di otak.

Mencari tahu kebenaran dan keabsahan dari segala pelajaran yang telah dipelajari, dianggap mampu membuat Anda lebih mahir dalam mengingatnya kembali saat ujian tiba.

5. Menulis kembali materi yang sudah dipelajari

Cara belajar efektif selanjutnya adalah, menuliskan kembali materi yang telah Anda pelajari, dalam selembar kertas. Jangan ragu untuk menggunakan gaya berbahasa Anda. Jika perlu, gunakan saja bahasa sehari-hari. Lagipula, yang akan melihat catatan ini hanya Anda sendiri, bukan?

Menurut psikolog, hal ini membantu untuk lebih memahami materi yang telah dipelajari, sehingga membuat Anda mampu mengingatnya lebih baik.

6. Jangan mendengar musik “berat” saat belajar

Ada baiknya mendengarkan musik di antara jeda. Dengan begitu, Anda bisa lebih santai saat sedang beristirahat, dan pikiran kembali “segar” saat memulai sesi belajar berikutnya.

Studi memang menunjukkan bahwa musik-musik klasik, bisa membantu Anda belajar lebih baik. Namun ternyata, lagu-lagu dengan lirik yang sulit dimengerti, bisa membuat Anda terdistraksi. Oleh karena itu, hindarilah jenis lagu ini.

7. Membaca lagi catatan yang telah dibuat, sebelum tidur

Setelah Anda membuat catatan mengenai apa yang telah dipelajari, bacalah lagi catatan itu sebelum tidur. Studi membuktikan, tidur adalah cara efektif untuk membantu Anda mengingat materi yang telah dipelajari. Itulah sebabnya, membaca ulang catatan yang telah dibuat, sebelum tidur, bisa menjadi cara belajar efektif.

8. Jangan fokus terhadap satu pelajaran saja

Misalnya, Anda akan menghadapi ulangan matematika pada esok hari. Tentunya, Anda akan fokus terhadap matematika saja, dan tidak mau membuka-buka buku pelajaran lain.

Ternyata, cara ini dianggap tidak efektif. Menurut American Psychological Association, memfokuskan diri terhadap satu pelajaran saja, tidak akan membantu Anda mengingat pelajaran dengan baik.

Sebaliknya, jika Anda mencoba untuk lebih variatif dengan membuka buku pelajaran lainnya, Anda akan bisa mengingat pelajaran lebih baik lagi.

Menjaga kesehatan fisik sebelum ujian sangatlah penting

Belajar
Cara belajar efektif tidak lepas dari hidup sehat

Jika Anda merasa sudah siap secara akademis untuk menjalani ujian, jangan lupakan kesehatan fisik. Lakukanlah beberapa tips di bawah ini, sehari sebelum ujian berlangsung:

  • Tidur yang cukup

Penelitian telah membuktikan bahwa tidur adalah fase penting dalam mengingat materi yang telah Anda pelajari. Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, sehari sebelum menghadapi ujian. Dokter menyarankan Anda untuk tidur selama 7-9 jam supaya fisik dan mental terjaga.

  • Makan sehat

Otak tentu butuh asupan, apalagi setelah menyerap banyak pelajaran. Mengonsumsi makanan-makanan sehat, seperti buah dan sayur, bisa membantu Anda mendapatkan mental yang siap, energi yang kuat, dan konsentrasi yang mantap untuk menghadapi ulangan.

  • Banyak minum air

Meminum banyak air putih akan membantu tubuh terhidrasi. Sebab, jika tidak banyak minum, tubuh akan mengalami dehidrasi, dan kemampuan berpikir akan berkurang.

  • Berolahraga secara teratur

Tidak hanya mampu menjaga kesehatan, ternyata olahraga teratur juga bisa membantu Anda menghilangkan perasaan stres sebelum ujian. Terutama olahraga kardio, yang bisa memompa darah ke otak, dan membuat Anda lebih pintar dalam mengingat materi pelajaran.

Setelah mengetahui cara belajar efektif di atas, jangan lupakan juga kesehatan Anda. Sebab, apalah arti belajar, tanpa adanya dukungan fisik yang kuat? Semoga ujiannya lancar dan mendapatkan nilai terbaik, ya!

Study International. https://www.studyinternational.com/news/5-best-ways-to-study-according-to-psychologists/
Diakses pada 17 Maret 2020

Melbourne Child Psychology. https://www.melbournechildpsychology.com.au/blog/10-practical-study-tips-from-a-memory-expert-explained-by-our-staff/
Diakses pada 17 Maret 2020

American Psychology Association. https://www.apa.org/gradpsych/2011/11/study-smart
Diakses pada 17 Maret 2020

University of Murdoch. https://www.murdoch.edu.au/news/articles/what-to-do-the-night-before-an-exam
Diakses pada 17 Maret 2020

Artikel Terkait