7 Cara Balikan sama Mantan yang Patut Dicoba


Cara balikan sama mantan tak selalu mudah. Anda tidak boleh melakukannya secara terburu-buru. Cobalah untuk menjalin komunikasi yang baik secara perlahan, kemudian ajak ia bertemu untuk mengutarakan keinginan Anda.

(0)
12 Feb 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara balikan sama mantan diawali dengan menjalin komunikasi yang baikSebagian orang merasa ingin kembali pada mantannya ketimbang menjalin hubungan baru
Apakah Anda masih sayang dengan mantan kekasih? Tenang, Anda tidak sendirian. Keinginan untuk kembali dengan mantan kekasih pernah diteliti oleh Morgan Cope of Florida Atlantic University dan Brent Mattingly of Ursinus College. Penelitian yang melibatkan 180 orang dengan rata-rata usia 34 tahun ini menunjukkan, sebagian peserta ingin balikan karena mereka merasa utuh dan bisa menjadi dirinya sendiri jika bersama dengan mantan kekasihnya. Alasan mengapa banyak orang ingin balikan juga dikemukakan oleh Terri Orbuch, PhD, penulis Finding Love Again. Dilansir dari Women’s Health, ia menyatakan bahwa keinginan untuk kembali bersama mantan muncul karena saat kita bersama dirinya, kita sudah tahu apa yang kita inginkan dan sebaliknya, serta bagaimana ia bertindak.Sayangnya, balikan dengan mantan setelah putus cinta tidak selalu bisa dilakukan, apalagi kalau hubungan Anda denganna berakhir dengan buruk. Namun, ada beberapa cara balikan sama mantan yang setidaknya bisa Anda coba.

Cara balikan sama mantan

Sebelum mengikuti berbagai cara ini, pastikan Anda telah mempertimbangkan dengan matang mengenai keinginan untuk balikan. Jangan sampai ini hanyalah pelampiasan rasa kesepian atau kejenuhan Anda saja. Jika sudah yakin, berikut adalah cara balikan sama mantan yang bisa Anda lakukan.

1. Jangan terburu-buru

Meski Anda ingin sekali untuk kembali dengan mantan kekasih, sebaiknya janganlah terburu-buru. Hal ini justru bisa membuat Anda cenderung bertindak tanpa berpikir matang-matang. Misalnya, mengirimkan chat bertubi-tubi kepada mantan atau memaksa bertemu dengannya. Sebaiknya gunakan waktu Anda untuk introspeksi diri terlebih dahulu untuk mempertimbangkan berbagai hal.

2. Jalin komunikasi yang baik

wanita berkirim pesan teks
Jalin komunikasi yang baik dengan mantan
Anda harus memastikan mantan kekasih belum memiliki pujaan hati yang baru. Dengan begitu, Anda bisa dengan bebas mendekatinya kembali. Berikan ia perhatian melalui chat secara berkala tanpa mengganggu waktunya. Tak ada salahnya untuk melakukan basa-basi maupun menanyakan kesehariannya. Akan tetapi, jika mantan sudah memiliki kekasih baru, sebaiknya Anda jangan mengganggu hubungan tersebut.

3. Jangan menghubunginya terlalu berlebihan 

Menunggu pesan dibalas memang bisa memicu rasa gelisah. Anda mungkin akan terus menatap layar ponsel dengan berharap ada notifikasi darinya. Kuncinya adalah bersabar. Jangan terus mengirimkan pesan atau bahkan memarahinya karena tidak membalas pesan Anda. Hal ini justru bisa membuatnya merasa tidak nyaman. Harapan Anda untuk bisa bersama kembali pun menjadi mustahil.

4. Ajak dia bertemu

mengobrol dengan mantan
Ajak mantan bertemu di waktu yang tepat
Meski Anda sudah mengenalnya dengan baik, waktu bisa mengubah seseorang. Maka dari itu, penting untuk kembali mengenal satu sama lain dengan mengajaknya bertemu. Hal ini bisa membantu menghidupkan lagi hubungan lama Anda dengannya. Pergilah makan malam, jalan-jalan ke suatu tempat, atau hanya sekadar minum kopi bersama. Namun, kalau ia tidak ingin bertemu, sebaiknya Anda jangan memaksanya.

5. Bicaralah dan minta maaf

Ketika berbincang dengannya, cobalah untuk minta maaf atas kesalahan yang telah Anda lakukan selama menjalin hubungan sebelumnya. Akui bahwa Anda menginginkannya kembali dan ingin memperbaiki semuanya. Buktikan bahwa Anda sudah menghilangkan hal-hal yang tidak ia sukai dalam diri Anda. Misalnya, jika dulu Anda bersikap cuek, maka saat ini Anda harus menjadi lebih perhatian padanya.

6. Selesaikan masalah yang lalu

Jika dalam obrolan mencuat seputar masalah terdahulu Anda dengannya, selesaikan baik-baik sebagai cara balikan sama mantan.Bukan untuk memulai pertengkaran, melainkan untuk menemukan solusi agar masalah tersebut tidak selalu menghantui kalian berdua. Cobalah untuk mengesampingkan ego dalam diri.

7. Berikan ruang untuk mantan kekasih Anda

Jangan dulu menghubungi mantan untuk memberinya ruang
Kalau Anda sudah mengajaknya berbicara, berikan ia ruang dan waktu. Jangan dulu menghubunginya agar ia memahami bagaimana rasanya ketidakhadiran Anda. Anda disarankan untuk tidak melakukan kontak apa pun selama 30 hari. Dalam masa ini, mantan kekasih Anda bisa jadi mengingat kembali kenangannya bersama Anda ataupun mempertimbangkan ajakan Anda untuk balikan. Jika ia menghubungi Anda kembali, ini bisa menjadi tanda yang positif. Namun, jika mantan tidak ingin balikan, ia tak akan mempedulikan Anda.Keputusan akhir berada di tangan mantan kekasih Anda sehingga Anda tidak bisa memaksakan kehendak sendiri. Meski begitu, sebaiknya Anda tidak berlarut-larut dalam kesedihan jika keinginan untuk balikan ditolak. Anda harus bisa bangkit, berubah menjadi pribadi yang lebih baik, dan move on.Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut mengenai masalah kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
percintaanmenjalin hubunganputus cinta
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-psychology-relationships/202012/who-most-wants-get-back-together-ex
Diakses pada 29 Januari 2021
Men's Health. https://www.menshealth.com/sex-women/a34715754/how-to-get-your-ex-back/
Diakses pada 29 Januari 2021
Womens Health Mag. https://www.womenshealthmag.com/relationships/a19950378/rules-for-getting-back-together/
Diakses pada 29 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait