Cara Bahagia Saat Anda Merasa Sendiri di Keramaian Manusia

Merasa sendiri bukan berarti Anda kesepian, melakukan me time di kedai kopi bisa dilakukan
Saat Anda merasa sendiri, melakukan me time ke kedai kopi bisa dilakukan untuk refleksi diri

Dunia memang semakin ramai dan dipenuhi banyak manusia. Walau begitu, merasa sendiri dan kesepian kerap kita rasakan. Terlebih seiring waktu, Anda mungkin semakin merasa jauh dengan teman-teman lama dan belum bertemu dengan teman baru yang cocok.

Agar tak menjadi masalah dan tak menjelma menjadi kesepian yang kronis, ada beberapa saran yang bisa Anda lakukan saat merasa sendiri.

Merasa sendiri? Terapkan tips bahagia ini

Di saat Anda merasa sendiri, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar tetap semangat menghadapi hari:

1. Batasi penggunaan media sosial

Jika terus-menerus scrolling di linimasa media sosial membuat Anda merasa tersisih dan tertekan, alokasikanlah waktu untuk membatasi penggunaan media sosial tersebut.

Anda bisa mencoba absen dari penggunaan media sosial selama 48 jam. Jika kondisi suasana hati Anda semakin membaik, buatlah durasi penggunaan media sosial dan usahakan untuk mematuhi aturan tersebut.

2. Melakukan me time

Mungkin terdengar klise, tetapi ‘berkencan’ dengan diri sendiri atau me time dapat menjadi cara yang ampuh untuk belajar menjadi bahagia saat merasa sendiri.

Tidak yakin apa yang harus dilakukan? Beberapa ide yang bisa Anda coba, yaitu makan di restoran kesukaan sendirian, atau menonton film di bioskop sendirian.

Beberapa dari Anda mungkin tak terbiasa melakukannya. Sebagai permulaan, Anda bisa sekadar duduk di kedai kopi hanya 10 menit. Belajarlah untuk mengamati lingkungan di sekitar. Jika Anda merasa nyaman dengan hal tersebut, pergi keluar sendirian tidak akan menjadi hal yang menakutkan lagi.

3. Berolahraga

Anda mungkin sudah terlalu sering menerima nasihat untuk berolahraga. Namun, kenyataannya, aktivitas fisik memang menjadi cara yang positif untuk menghabiskan waktu, termasuk saat Anda merasa sendiri.

Berolahraga dapat melepaskan endorfin, neurotransmitter yang mampu membuat Anda merasa lebih bahagia.
Apabila Anda belum terbiasa untuk berolahraga, lakukan aktivitas yang ‘ringan’ terlebih dahulu. Misalnya, dengan melakukan peregangan saat bangun tidur. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa mulai mencoba latihan aerobik seperti lari atau berolahraga di pusat kebugaran sendirian.

4. Menyatu dengan alam

Tips ini bukanlah isapan jempol belaka. Studi telah menemukan, rutin menghabiskan waktu di alam terbuka, seperti di taman selama 30 menit membantu meringankan gejala depresi. Selain itu, kegiatan positif ini juga membantu menurunkan tekanan darah.

Pilihan paling mudah untuk menghabiskan waktu di alam terbuka, yakni duduk-duduk dan berkeliling di taman kota.

5. Menjadi relawan sosial

Manfaat menjadi relawan sosial tak sekadar untuk mencari teman baru. Dengan berbuat kebaikan dan membantu orang lain, Anda akan belajar untuk mengembangkan makna hidup. Menjadi relawan sosial juga membantu meredakan gejala berbagai gangguan mental, termasuk stres dan depresi.

Ada banyak yayasan dan bidang layanan sosial yang bisa Anda bantu. Misalnya, yayasan panti jompo, lembaga untuk anak positif HIV, hingga organisasi peduli hewan.

6. Merawat hewan peliharaan

Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing dapat membantu mencegah rasa kesepian saat Anda merasa sendiri. Studi menunjukkan, pemilik hewan peliharaan memiliki risiko yang lebih kecil untuk menderita depresi serta tekanan darah yang lebih rendah saat merasa stres.

Memelihara hewan juga membantu tubuh melepaskan serotonin dan dopamin, neurotransmitter di otak yang berkaitan dengan ketenangan diri.

Bagian terbaiknya, Anda bisa menyelamatkan satu atau dua hewan terlantar yang tentu membutuhkan perawatan dan makanan.

7. Catat hal yang membantu Anda untuk bersyukur

Studi menemukan, perasaan bersyukur membantu meningkatkan perasaan bahagia dan mengembangkan harapan baru. Di saat Anda mudah mengabaikan nikmat hidup, cobalah alokasikan waktu untuk merefleksikan hal-hal yang patut untuk disyukuri.

Catatan dari SehatQ

Di tengah keramaian, beberapa orang rentan untuk tetap merasa sendiri. Cara di atas membantu Anda agar tetap bersemangat menjalani hidup, walau seolah-olah tak ada orang mampu memahami.

Apabila tips di atas tidak dapat membantu, menemui konselor amat disarankan. Konselor dapat menjadi teman bicara maupun memberikan saran untuk hal yang perlu untuk Anda lakukan.

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-be-happy-alone
Diakses pada 3 Desember 2019

Help Guide. https://www.helpguide.org/articles/mental-health/mood-boosting-power-of-dogs.htm
Diakses pada 3 Desember 2019

Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/how-to-cope-with-loneliness-3144939 Diakses pada 3 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed