Saat menstruasi kram perut akan dialami oleh kaum wanita
Kram perut akibat menstruasi memang membuat tak nyaman dan mengganggu aktivitas

Periode menstruasi adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari oleh para wanita tiap bulannya. Kram perut yang dialami saat menstruasi terkadang membuat kesal dan bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tingkat kesakitan yang dirasakan saat kram perut akibat periode menstruasi dapat bervariasi pada tiap wanita. Namun, Anda perlu berkonsultasi ke dokter jika kram perut yang dirasakan sangat mengganggu atau semakin parah.

Anda juga perlu berkonsultasi ke dokter jika mengalami kram perut saat mengalami periode menstruasi yang parah di atas usia 25 tahun.

8 cara mengatasi kram perut

Bila Anda hanya mengalami kram perut yang menimbulkan ketidaknyamanan dan tidak parah, terdapat beberapa cara yang untuk meringankan kram perut yang dirasakan tanpa mengonsumsi obat-obatan, yaitu:

teh herbal

1. Teh Herbal

Teh herbal dapat digunakan sebagai alternatif untuk meringankan kram perut yang dirasakan saat periode menstruasi. Rasa hangat dan nyaman yang ditimbulkan dapat membantu menenangkan diri Anda.

Beberapa kandungan herbal di dalamnya juga mungkin dapat membantu mengurangi kram perut yang dirasakan. Beberapa jenis teh herbal yang dapat Anda beli di pasaran adalah chamomile, dandelion, dan sebagainya.

2. Pergantian Pola Makan

Jaga kesehatan dengan mengonsumsi lebih banyak makanan yang kaya akan asam amino omega-3, protein yang rendah lemak (lean protein), kacang-kacangan, biji-bijian utuh, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Anda juga dapat mempertimbangkan penggunaan suplemen asam amino omega-3, vitamin E, vitamin B-1, magnesium, dan vitamin B-6, karena suplemen-suplemen tersebut dapat membantu mengurangi kram perut saat menstruasi.

Selain itu, salah satu yang dapat memperparah kram perut saat menstruasi adalah dehidrasi. Oleh karenanya, tingkatkan konsumsi cairan Anda dan kurangi konsumsi kafein yang dapat membuat dehidrasi.

Anda juga perlu mengurangi konsumsi garam karena garam dapat mengakibatkan pengumpulan cairan dalam tubuh yang menyebabkan kembung.

3. Mengurangi Stres

Jangan salah, stres dapat berkontribusi dalam memperparah kram perut yang dirasakan saat menstruasi. Oleh karenanya, Anda perlu menerapkan teknik-teknik untuk mengatasi stres, seperti meditasi, dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa tips mengurangi kram perut saat menstruasi secara alami yang dapat Anda lakukan di rumah. Jika Anda merasa kram perut sudah sangat mengganggu, jangan sungkan untuk berkonsultasi ke dokter.

olahraga rutin

4. Berolahraga

Olahraga yang berlebihan dapat memperparah kram perut yang dialami, tetapi olahraga ringan yang merenggangkan badan dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat kram perut saat periode menstruasi.

Hal ini karena olahraga memicu tubuh untuk mengeluarkan hormon endorfin yang dapat membantu mengurangi rasa sakit. Beberapa olahraga ringan yang dapat Anda lakukan adalah, berjalan-jalan, yoga, dan sebagainya.

5. Pijat

Serupa dengan penggunaan rasa hangat, kegiatan pijat dapat merilekskan otot yang menegang dan mengurangi rasa sakit akibat kram perut saat menstruasi. Anda dapat meminta orang lain untuk memijat perut Anda atau Anda dapat memijat diri sendiri.

Anda juga dapat menggunakan minyak esensial saat memijat karena minyak esensial dapat mengurangi rasa sakit karena kram perut saat menstruasi.

6. Akupuntur

Teknik akupuntur tidak hanya berguna untuk penyakit-penyakit tertentu, tetapi juga dapat digunakan untuk meringankan kram perut saat menstruasi.

Akupuntur dapat mengurangi peradangan dan membuat rileks karena memicu keluarnya endorfin dalam tubuh. Namun, Anda mungkin membutuhkan lebih dari sesi untuk merasakan manfaatnya.

hubungan suami istri

7. Orgasme

Anda tidak salah baca! Orgasme, serupa dengan olahraga, dapat membantu untuk mengurangi kram perut saat menstruasi.

Saat orgasme, tubuh Anda mengeluarkan banyak endorfin dan hormon-hormon lain yang dapat mengurangi rasa sakit dan membuat Anda merasa lebih baik.

8. Kompres Air Hangat

Rasa hangat dapat membantu untuk merilekskan otot perut yang tegang karena kram perut dan mengurangi rasa sakit karena kram perut.

Anda bisa menggunakan kantong pemanas (heating pad) atau menggunakan botol yang diisi air hangat untuk diletakkan di atas perut Anda. Anda juga dapat mencoba untuk berendam di dalam air hangat.

Kapan harus ke dokter?

Apabila kram perut yang dialami saat menstruasi tidak kunjung hilang dan makin menyakitkan, meskipun Anda sudah menerapkan cara mengatasi kram perut saat menstruasi di atas, maka konsultasikanlah ke dokter untuk menjalani pemeriksaan dan pemberian penanganan yang tepat.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/menstrual-cramps/diagnosis-treatment/drc-20374944
Diakses pada 05 April 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324484.php
Diakses pada 05 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed