11 Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami dengan Mudah


Cara mengatasi sesak nafas secara alami tanpa obat dapat dilakukan dengan bernapas melalui mulut, dan tarik napas yang dalam. Hal ini bisa membantu saluran udara menjadi lebih rileks.

0,0
04 Sep 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengatasi sesak nafas bisa dengan menarik napas dalam-dalam melalui perutCara mengatasi sesak nafas bisa dengan teknik pernapasan dalam
Sesak napas atau dyspnea terjadi ketika Anda mengalami kesulitan bernapas karena kurangnya pasokan udara yang masuk ke paru-paru.Penyebab sesak napas bermacam-macam bisa karena kelebihan berat badan, merokok, alergi terhadap sesuatu, suhu ekstrim ataupun gelisah. Selain itu, dapat pula disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya, seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), asma, anemia, TBC, fungsi paru abnormal, kanker paru, stroke, gagal jantung, emboli paru, Covid-19, dan lainnya.Cara mengatasi sesak nafas secara alami ini dilakukan agar saluran udara menjadi lebih rileks. Namun, di samping itu sebaiknya Anda juga perlu menghubungi dokter. Lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

11 cara mengatasi sesak nafas secara alami

Ada sejumlah cara mengatasi sesak napas secara alami yang bisa Anda pelajari. Langkah-langkah berikut ini bisa membantu saluran udara menjadi lebih rileks. Sehingga, sesak napas pun akan berkurang.

1. Bernapas melalui mulut

Bernapas melalui mulut merupakan cara sederhana dalam mengatasi sesak nafas tanpa obat. Langkah ini dapat membantu memperlambat laju pernapasan Anda, sehingga membuat setiap napas menjadi lebih dalam. Ini sangat berguna jika sesak napas disebabkan oleh kecemasan.Selain itu, cara ini membantu melepaskan oksigen yang terperangkap di paru-paru. Anda bisa melakukannya dengan langkah-langkah berikut ini.
  • Duduk tegak di kursi dengan bahu bersandar.
  • Buatlah otot leher, dan bahu Anda menjadi rileks.
  • Tarik napas secara perlahan melalui hidung selama dua hitungan, dan jangan membuka mulut Anda.
  • Kencangkan bibir, seolah Anda akan bersiul.
  • Lalu, keluarkan napas secara perlahan melalui mulut, sampai hitungan keempat.
  • Ulangi kembali, dan lakukan cara ini selama 10 menit.
Cara ini dapat dilakukan kapan saja, saat Anda mengalami sesak nafas.

2. Bernapas dalam-dalam

Bernapas dalam-dalam melalui perut dapat membantu Anda mengatasi sesak napas. Lakukan dengan cara berikut ini.
  • Berbaringlah dan letakkan tangan di perut.
  • Tariklah napas secara dalam-dalam melalui hidung, dan tarik perut, hingga paru-paru terisi udara dengan penuh.
  • Tahanlah napas selama beberapa detik.
  • Lalu, keluarkan napas melalui mulut. Hal tersebut dapat mengosongkan udara di paru-paru dengan baik.
  • Ulangilah cara ini selama 5-10 menit.
Lakukan langkah-langkah ini setiap kali merasakan sesak napas.

3. Melakukan posisi tertentu

Beberapa posisi berdiri, duduk atau berbaring dapat membantu Anda rileks dalam mengatur pernapasan. Jika sesak napas disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan atau kegelisahan, maka cara ini akan sangat membantu.Beberapa posisi berikut ini dapat Anda lakukan untuk mengatasi sesak napas tanpa obat.
  • Duduk di kursi dengan kepala ditopang oleh bantal di atas meja.
  • Berdiri dengan menyandarkan punggung dan pinggang pada tembok.
  • Berdiri dengan tangan ditopang di atas meja.
  • Berbaring dengan kepala dan lutut ditopang oleh bantal.
Beberapa posisi tersebut dapat mengurangi tekanan pada saluran pernapasan, dan meningkatkan kemampuan untuk bernapas, saat mengalami sesak nafas.

4. Mengonsumsi jahe segar

Mengonsumsi jahe segar dengan menambahkan air hangat sebagai minuman, dapat membantu mengatasi sesak napas, yang disebabkan oleh infeksi pernapasan.Sebuah studi telah menunjukkan,  jahe efektif dalam memerangi virus yang menjadi penyebab umum infeksi saluran pernapasan. Tak hanya dapat diminum oleh orang dewasa, anak anak juga dapat mengonsumsi minuman jahe.

5. Menggunakan kipas angin

Berdasarkan penelitian, penggunaan kipas angin untuk meniupkan udara ke hidung dan wajah, dapat mengurangi sesak nafas.Saat menghirup udara dari kipas angin, Anda mendapat banyak udara yang masuk. Ini terbukti menjadi cara yang efektif dalam mengurangi gangguan pernafasan tanpa obat obatan.

6. Meminum kopi hitam

Minum kopi hitam dapat membantu mengatasi sesak napas tanpa obat. Kafeina dalam kopi dapat mengurangi kelelahan pada otot-otot saluran napas Anda. Beberapa penelitian membuktikan, kafeina dapat meningkatkan fungsi saluran pernapasan pada penderita asma, sehingga memudahkannya untuk menghirup udara.Akan tetapi, Anda tidak boleh terlalu banyak mengonsumsinya, karena kopi dapat meningkatkan detak jantung Anda.

7. Batuk

Anda mungkin memiliki banyak lendir yang membuat sulit bernapas. Namun, batuk yang terkontrol dapat membantu bernapas menjadi lebih baik. Batuk memiliki kekuatan yang cukup untuk melonggarkan sumbatan lendir pada saluran pernapasan.Cobalah untuk batuk sebanyak 2-3 kali melalui mulut yang terbuka dengan posisi duduk. Batuk harus kuat dan tajam agar lendir yang menghalangi bisa keluar dengan mudah.

8. Menghirup uap

Menghirup uap dapat menjaga saluran hidung tetap bersih sehingga membantu bernafas lebih mudah. Uap dapat memecah lendir di paru-paru sehingga dapat pula mengurangi sesak napas. Anda dapat mencobanya di rumah dengan cara siapkan mangkuk berisi air panas.Lalu, tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint atau eucalyptus. Letakkan wajah di atas mangkuk, dan tutup kepala menggunakan handuk. Tarik napas dalam-dalam, dan hiruplah uapnya. Sebaiknya, biarkan air sedikit dingin untuk menghindari kulit melepuh.

9. Cari udara bersih

Jika Anda mengalami sesak napas saat berada di area yang penuh dengan polusi, sebaiknya segera keluar dari area tersebut dan carilah udara yang bersih. Menghirup udara bersih dapat membantu Anda bernapas lebih baik sehingga mengurangi sesak.

10. Menggunakan humidifier

Jika udara di rumah terlalu kering, Anda dapat mencoba menggunakan humidifier. Alat ini berfungsi untuk menjaga kelembapan udara sehingga membantu mengatasi saluran hidung yang kering dan membuat napas terasa lebih mudah. Namun, pastikan kondisi humidifier tetap bersih agar tidak menjadi tempat berkembangnya bakteri dan jamur.

11. Melakukan gaya hidup sehat

Dalam mengatasi sesak napas, Anda juga harus melakukan perubahan dalam gaya hidup. Hal ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pernapasan. Terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam melakukan gaya hidup sehat, di antaranya:
  • Berhenti merokok dan hindari asap tembakau.
  • Hindari paparan polusi, alergan maupun racun.
  • Turunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Rutin berolahraga untuk meningkatkan kebugaran.
  • Menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang baik, tidur dengan cukup, dan menemui dokter jika terdapat masalah kesehatan.
  • Mengikuti rencana perawatan yang direkomendasikan oleh dokter jika Anda memiliki penyakit yang mendasari terjadinya sesak napas, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis, bronkitis, dan lainnya.
Jika sesak napas tak kunjung membaik, tiba-tiba terjadi dengan parah atau disertai nyeri dada, maka segera periksakan diri Anda ke dokter. Dokter tentu akan melakukan diagnosis, dan menentukan penanganan yang tepat untuk Anda.Perawatan yang dilakukan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter jika terjadi sesak napas.
asmasesak napasgangguan pernapasancoronavirus
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-treatments-for-shortness-of-breath#lifestyle-changes
Diakses pada 13 Mei 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319175.php
Diakses pada 13 Mei 2019
Web MD. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319175.php#what-causes-shortness-of-breath
Diakses pada 16 Desember 2019
Dr Axe. https://draxe.com/health/dyspnea/#6_Natural_Remedies_for_Dyspnea
Diakses pada 18 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait