logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

15 Obat Batuk Kering untuk Anak yang Alami dan Aman Dicoba

open-summary

Batuk kering dapat mengganggu aktivitas sehari-hari anak. Untuk mengatasinya, terdapat sejumlah obat batuk kering untuk anak yang bisa diberikan, mulai dari jahe, madu, berkumur dengan air garam, hingga mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik.


close-summary

3.26

(101)

21 Apr 2022

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Obat batuk kering untuk anak

Obat batuk kering untuk anak yang alami di antaranya madu hingga peppermint.

Table of Content

  • 15 obat batuk kering untuk anak yang alami
  • Mengapa batuk kering pada anak terjadi?
  • Kapan harus ke dokter?

Tidak ada orangtua yang ingin mendengar buah hatinya batuk terus-menerus. Masalahnya, batuk kering kadang membandel dan tak sembuh hingga beberapa hari. Nah, kali ini SehatQ akan membahas sederet obat batuk kering untuk anak yang alami dan bisa dicoba di rumah.

Advertisement

Terlebih, nafsu makan anak bisa terganggu karena batuk yang mereka alami. Konsekuensinya? Berat badan bisa terjun bebas. Mimpi buruk bagi orangtua!

Apakah masalahnya semudah memberikan obat dan menunggu reaksinya? Nyatanya tidak. Memberikan obat pada anak tidak bisa sembarangan karena dapat menimbulkan efek samping jika tidak sesuai dosis atau ada reaksi alergi.

15 obat batuk kering untuk anak yang alami

Berikut adalah beberapa obat batuk kering untuk anak yang alami dan bisa dicoba di rumah.

1. Madu

Untuk anak yang berusia di atas 1 tahun, madu bisa jadi pilihan untuk menenangkan tenggorokannya di kala menderita batuk kering. Berikan setengah sendok teh madu sebelum tidur.

Madu dipercaya sebagai obat anak batuk kering karena mengandung senyawa antibakteri dan bisa mencegah iritasi pada tenggorokan.

Namun, jangan pernah memberikan madu kepada anak di bawah 1 tahun karena bisa meningkatkan risiko botulisme yang berbahaya bagi kesehatannya.

2. Kunyit

Kunyit adalah rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masak. Namun, tahukah Anda kalau rempah ini juga dipercaya sebagai obat batuk kering untuk anak?

Dikutip dari Healthline, kunyit mengandung senyawa kurkumin yang bersifat antiradang, antivirus, dan antibakteri yang membantu redakan batuk kering.

Anda dapat mencampurkan setengah sendok teh kunyit ke dalam segelas susu hangat atau mencampurkannya dengan madu.

3. Jahe

Sama seperti kunyit, jahe juga dianggap sebagai obat batuk kering untuk anak yang bisa dicoba di rumah.

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Preventive Medicine, jahe diyakini mampu memperkuat sistem imun tubuh, meredakan rasa nyeri, dan mengatasi rasa tidak nyaman.

Anda dapat membuat teh jahe dengan cara merebusnya. Cobalah tambahkan madu agar bisa diterima di lidah anak.

4. Peppermint

daun peppermint
Daun peppermint

Batuk kering pada anak dapat diatasi dengan bahan alami lainnya seperti peppermint.

Peppermint adalah herbal yang mengandung menthol. Kandungan ini dinilai bisa membuat ujung saraf di tenggorokan mati rasa sehingga membantu redakan batuk kering pada anak.

Tidak hanya itu, obat batuk kering anak ini dianggap manjur untuk mengatasi hidung tersumbat dan mengandung senyawa antibakteri sekaligus antivirus. Obat batuk kering untuk anak ini dapat dikonsumsi sebagai teh atau lozenge (obat hisap).

Anda bisa memberikan si kecil teh peppermint sebelum tidur guna meredakan batuk kering pada anak di malam hari.

5. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi

Batuk bisa semakin sering terjadi ketika anak tidur. Hal ini diakibatkan oleh dahak mengendap di bagian belakang tenggorokan.

Satu trik yang efektif, baik untuk batuk kering maupun batuk berdahak, adalah menidurkan anak dengan posisi kepala lebih tinggi. Tambahkan bantal ekstra untuk membantu mereka bernapas dengan lebih mudah.

6. Gunakan humidifier

Sama seperti batuk berdahak pada orang dewasa, humidifier juga bisa membantu melegakan pernapasan anak saat mengalami batuk kering. American Academy of Pediatrics juga merekomendasikan penggunaan alat ini.

Pastikan humidifier selalu dibersihkan secara berkala. Sebab, bakteri dan jamur kadang ditemukan di bagian filter-nya.

Nyalakan alat ini saat anak tidur untuk membantu supaya mereka bisa beristirahat dengan lebih nyenyak.

7. Makanan mudah dikunyah

Saat buah hati Anda batuk, sebisa mungkin hindari makanan yang sulit dikunyah. Pilih makanan yang bisa ditelan dengan mudah, misalnya puding, yogurt, atau bubur.

Untuk sementara, hindari juga berbagai makanan yang perlu digoreng dalam proses pengolahannya.

8. Balsam

Mengoleskan balsam diyakini sebagai cara mengatasi batuk kering pada anak yang efektif. Oleskan balsam untuk anak di dada untuk membantu menenangkan batuk kering yang membandel.

Cara ini bisa Anda lakukan beberapa kali dalam sehari, terutama saat menjelang tidur, untuk membantu anak istirahat dengan lebih nyenyak.

9. Banyak minum

Salah satu hal utama yang perlu dilakukan saat anak mengalami batuk kering adalah banyak minum air supaya tubuh tetap terhidrasi.

Cara mengobati batuk kering pada anak ini bisa membantu tubuh mereka memulihkan imunitas sehingga bisa lebih cepat pulih dari batuk.

Utamakan pemberian air hangat untuk anak karena ini lebih efektif untuk mengatasi batuk kering daripada air dingin.

10. Berkumur dengan air garam

Obat batuk kering untuk anak 3 tahun ke atas yang bisa dicoba adalah berkumur dengan air garam. Alasannya, anak-anak di usia ini sudah bisa berkumur dengan baik.

Air garam berkhasiat dalam membantu meredakan iritasi dan rasa tidak nyaman akibat batuk kering. Tidak hanya itu, larutan ini juga dnilai mampu membunuh bakteri yang ada di dalam mulut dan tenggorokan.

Untuk mencoba obat batuk kering anak yang alami ini, tuangkan satu sendok teh garam ke dalam gelas berukuran besar yang sudah diisi dengan air hangat. Setelah itu, mintalah anak untuk berkumur dengan larutan tersebut.

Namun, jika anak Anda masih terlalu kecil, sebaiknya obat batuk kering pada anak ini jangan dilakukan. Pastikan mereka sudah bisa berkumur dengan benar sebelum melakukannya.

Jika perlu, konsultasikan dulu dengan dokter agar terhindar dari efek samping yang tak diinginkan. 

11. Berhenti merokok untuk orangtua

Jika Anda merokok di dekat anak, iritasi tenggorokan yang jadi penyebab batuk bisa semakin parah. Kalau sudah begini, batuk kering jadi semakin sulit diatasi.

Maka dari itu, segeralah berhenti merokok. Anda perlu melakukannya demi kesehatan diri sendiri, anak-anak, dan anggota keluarga lainnya.

Tidak hanya rokok, uap dari vape juga bisa memicu iritasi tenggorokan yang menyebabkan batuk.

12. Mengonsumsi probiotik

makanan yang mengandung probiotik
Makanan yang mengandung probiotik

Cara meredakan batuk kering pada anak juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi probiotik.

Probiotik adalah bakteri baik yang menyehatkan sistem pencernaan Anda. Selain bermanfaat bagi pencernaan, keberadaan bakteri baik ini juga dipercaya bisa memperkuat sistem imun anak sehingga infeksi penyebab batuk kering dapat dilawan.

13. Gunakan pembersih udara

Salah satu cara mencegah batuk kering pada anak di malam hari yang adalah menggunakan pembersih udara atau air purifier.

Alat ini dipercaya bisa menghilangkan berbagai macam alergen (penyebab alergi) dan iritan di udara yang sering kali menyebabkan batuk kering, misalnya debu.

14. Mandi air hangat

Anda juga bisa mengajak si kecil untuk mandi dengan air hangat. Minta mereka untuk menghirup uap yang keluar dari air untuk membantu redakan batuk kering yang dideritanya.

Jika anak tidak mau mandi, Anda bisa menyiapkan mangkuk besar berisi air panas dan meminta mereka untuk menghirup uapnya langsung dari atas mangkuk tersebut.

Namun, cara ini perlu dilakukan dengan hati-hati agar anak tidak terkena air panas yang digunakan.

15. Aromaterapi

aromaterapi
Aromaterapi

Dikutip dari Healthline, aromaterapi dapat dimanfaatkan sebagai cara mengobati batuk kering secara alami pada anak.

Salah satu minyak atsiri (essential oil) yang bisa meredakan batuk kering adalah minyak eucalyptus. Pasalnya, minyak eucalyptus dapat bertindak sebagai dekongestan.

Cobalah masukkan minyak eucalyptus ke dalam mesin diffuser atau inhaler. Jika Anda tidak memilikinya, tuangkan saja beberapa tetes minyak eucalyptus di dalam air panas dan minta anak untuk menghirup uapnya.

Jika anak kesulitan tidur di malam hari akibat batuk kering, bawalah aroma minyak eucalyptus ke dalam kamarnya. Cara alami mengobati batuk kering pada anak ini dipercaya bisa membuat mereka tidur lebih nyaman dan nyenyak.

Meskipun berbagai obat batuk kering untuk anak di atas dianggap ampuh, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu pada dokter sebelum melakukannya. Hal ini dilakukan guna mencegah efek samping atau reaksi alergi pada anak.

Umumnya, batuk kering pada anak bisa hilang lewat beberapa cara di atas. Jika batuk masih membandel dan berlangsung selama beberapa pekan, konsultasikan pada dokter anak kepercayaan Anda.

Mengapa batuk kering pada anak terjadi?

Sama seperti orang dewasa, batuk pada anak juga merupakan mekanisme pertahanan tubuhnya saat ada partikel asing yang masuk. Gerakan refleks ini ampuh untuk mengusir dahak dan membantu udara masuk ke paru-paru.

Penyebabnya bisa beragam. Mulai dari paparan debu, alergi makanan tertentu, asma, hingga gejala influenza.

Selama gejalanya masih wajar dan berlangsung beberapa hari saja, batuk kering pada anak bisa diatasi dengan mudah.

Kapan harus ke dokter?

Batuk kering jarang sekali menandakan masalah kesehatan yang serius. Namun, segera periksakan anak ke dokter jika berbagai hal ini terjadi:

  • Demam
  • Nyeri dada
  • Sulit bernapas atau sesak napas.

Jika batuk kering yang dialami anak bertahan lebih dari 2 bulan atau disertai sejumlah gejala di bawah ini, Anda juga perlu segera memeriksakan mereka ke dokter.

  • Batuk kering disertai dahak dan lendir
  • Batuk dengan dahak berwarna darah atau merah muda
  • Mengi atau napas berbunyi
  • Batuk yang membuat anak sulit tidur di malam hari
  • Batuk dengan nyeri dada atau tekanan
  • Batuk yang menyebabkan suara anak menjadi serak.

Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

Advertisement

batukbatuk keringbatuk berdahak

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved