10 Cara Ampuh Atasi Batuk di Malam Hari yang Ganggu Jam Tidur

Batuk di malam hari juga bisa diakibatkan oleh rokok.
Batuk di malam hari bisa dihindari dengan dudukan bantal yang tinggi.

Setelah beraktivitas seharian penuh di luar rumah, malam hari merupakan waktu paling tepat untuk tidur pulas, guna mempersiapkan cadangan tenaga agar siap hadapi hari esok.

Namun, batuk di malam hari terkadang datang menghantui, yang membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Akibatnya, rasa ngantuk terus mengintai pada keesokan harinya.

Mengapa batuk di malam hari terjadi?

Batuk di malam hari bisa terjadi pada setiap orang. Jangan kaget jika hal ini terjadi pada Anda.
Sebab, batuk adalah cara tubuh membersihkan paru-paru dan saluran udara dari mikroba, lendir, hingga polutan.

Tergantung dari penyebabnya, terdapat berbagai cara ampuh untuk atasi batuk di malam hari:

  • Tinggikan dudukan bantal

Ketika Anda berbaring tanpa bantal, hal-hal yang mengiritasi atau lendir akan lebih mudah masuk ke dalam tenggorokan. Akibatnya, tenggorokan menjadi gatal dan menyebabkan batuk di malam hari.

Untuk mengatasi hal ini, meninggikan dudukan bantal--agar posisi kepala Anda tidak sejajar dengan kasur--bisa jadi opsi untuk dicoba.

  • Gunakan humidifier

Udara yang kering dan hangat bisa mengiritasi tenggorokan serta saluran udara Anda sehingga menyebabkan batuk di malam hari.

Humidifier bisa membantu udara dalam kamar tetap terjaga kelembapannya. Alat ini dapat membantu menenangkan tenggorokan dan mencegah batuk yang disebabkan oleh udara kering.Konsumsi madu

Perpaduan madu dan air hangat bisa mengusir lendir yang bersarang di dalam tenggorokan. Campurkan dua sendok madu ke dalam air teh hangat, dan minumlah sebelum tidur.

Namun ingat, Anda tidak boleh memberikan madu kepada anak berumur di bawah 1 tahun. Karena berpotensi terjadinya keracunan makanan yang disebut botulisme.

  • ‘Bentengi’ kamar dan tempat tidur

Ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap alergen, gejala alergi seperti batuk di malam hari bisa terjadi. Hal ini disebabkan oleh debu, yang Anda hirup ketika sedang tidur.

Untuk mencegah hal ini, Anda bisa menggunakan pelindung kasur antitungau dan mencuci kasur dengan air panas seminggu sekali.

  • Berhenti merokok

Merokok merupakan salah satu faktor dari batuk tiada akhir, termasuk batuk di malam hari. Berhenti merokok bisa menghilangkan kebiasaan itu sehingga tidur jadi nyenyak.

  • Meredakan asma

Penyakit asma bisa menyebabkan batuk di malam hari. Jika Anda mengidapnya, menggunakan inhaler yang mengandung obat pernapasan bisa melebarkan saluran udara Anda sehingga batuk di malam hari dapat dihindari.

  • Mengonsumsi obat pereda batuk

Obat mengandung ekspektoran mampu menghilangkan lendir dalam tenggorokan. Sedangkan, obat supresan batuk mampu menghilangkan gejala yang ‘mengundang’ batuk di malam hari. Obat ini bisa Anda konsumsi demi kualitas tidur yang lebih baik.

  • Kumur dengan air garam

Air garam dapat ‘menenangkan’ tenggorokan yang teriritasi dan menghilangkan lendir dari tenggorokan.
Campurlah satu sendok teh garam dengan sedikit air dan berkumurlah beberapa kali. Ingat, air garamnya tidak perlu ditelan.

  • Kunjungi dokter

Jika batuk di malam hari terus terjadi selama satu minggu tanpa henti, ini waktu yang tepat untuk berkunjung ke dokter. Dokter akan mencari tahu penyebab utama batuk di malam hari yang Anda alami, serta mencari solusinya.

  • Obati GERD

Gastroesophageal reflux (GERD) merupakan penyakit pencernaan yang bisa membuat beberapa isi lambung naik ke kerongkongan. Jika dibiarkan, hal ini bisa membuat iritasi tenggorokan dan batuk di malam hari.

Untuk menghindari gejalanya, pengidap GERD lebih baik tidak mengonsumsi makanan yang bisa membuat perut mulas. Usahakan untuk tidak makan apa pun sekitar 4 jam sebelum tidur, agar gejalanya tidak parah.

[[artikel-terkait]]

Kesepuluh cara di atas bisa Anda coba untuk mengatasi batuk di malam hari. Apabila batuk belum juga sirna, ada baiknya Anda datang ke dokter untuk mencari tahu sebab dan solusi dari batuk di malam hari yang mengganggu.

Sumber:
Healthline. https://www.healthline.com/health/coughing-at-night
Diakses pada 10 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319498.php
Diakses pada 10 Oktober 2019

Web MD. https://www.webmd.com/cold-and-flu/features/nighttime-relief#1
Diakses pada 10 Oktober 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed