7 Cara Aman Menjajal Online Dating

(0)
05 Jun 2020|Azelia Trifiana
Waspada dengan data pribadi saat melakukan online datingOnline dating bisa menjadi salah satu cara mencari pasangan
Dunia digital menyimpan berjuta misteri. Termasuk saat mencoba peruntungan untuk mencari jodoh lewat online dating. Ada yang berakhir happy ending di pelaminan, ada pula yang berjalan buruk hingga menimbulkan trauma. Baik laki-laki maupun perempuan sama-sama harus tahu konsekuensi online dating, termasuk cara mengantisipasinya.Membaca kata trauma, bukan berarti online dating adalah hal yang buruk. Selama tahu batasan apa yang boleh dan tidak, mencari jodoh di dunia maya bisa jadi sesuatu yang mengasyikkan.

Mengapa online dating?

Ada banyak alasan seseorang mencoba mencari jodoh lewat online dating. Bukan berarti putus asa belum bertemu pasangan di dunia nyata hingga mencoba peruntungan di internet, namun ada banyak faktor lain yang berperan.Setiap orang punya karakter berbeda, termasuk dengan cara mereka bertemu dengan orang baru. Apabila merasa kesulitan berkenalan dan memulai topik dengan orang asing, online dating bisa menjembatani kebutuhan itu.Selain itu, orang yang sama-sama ada di berbagai platform online dating sudah terkurasi. Memang banyak yang hanya iseng atau bermain-main saja, namun tak sedikit pula yang benar-benar serius mencari pasangan. Jika berjodoh, contoh yang terakhir ini bisa bersambut.Online dating tetap amanNamun dengan banyaknya laporan kasus online dating yang tak sesuai harapan, penting untuk membekali diri sebelum terjun ke dunia online dating. Ada banyak predator di luar sana, sehingga wajib hukumnya untuk tetap waspada.Bukan hanya untuk perempuan, laki-laki juga harus punya kewaspadaan yang sama. Keduanya punya risiko yang sama mengalami hal buruk saat mencoba online dating. Jadi, apa saja kiat menjalani online dating yang aman?

1. Tentukan platform

Hal pertama yang dilakukan saat terjun ke dunia online dating adalah memilih platform apa untuk mendaftarkan diri. Pastikan memilih platform yang punya reputasi baik dan tidak banyak laporan kasus negatif di dalamnya. Jika ada teman yang sudah pernah mencoba beberapa platform online dating, tanyakan testimoni dari mereka.

2. Jangan berikan data lengkap

Tidak ada yang tahu apakah lawan bicara di platform online dating benar-benar sosok yang di foto dan namanya. Untuk itu, pastikan tidak memberikan data terlalu jauh seperti nama lengkap, nomor telepon, dan alamat sebelum bertemu langsung saat kencan pertama.Selain itu, menuliskan nama lengkap di platform online dating hanya akan memberi akses mudah bagi orang lain untuk mengulik latar belakang digital Anda. Sebaiknya, tunggu hingga benar-benar bertemu sebelum memberi tahu banyak hal personal.

3. Identitas profesional tidak gamblang

Selain identitas personal yang sebaiknya tidak diumbar dalam platform online dating, hal yang sama berlaku pada identitas profesional. Jangan dulu memberi tahu di mana tempat Anda bekerja hingga pengalaman selama ini. Cara aman menjalani online dating adalah tetap menjaga identitas tetap “kabur”.

4. Bertemu di tempat publik

Ketika memutuskan untuk berlanjut ke tahap berikutnya yaitu first date, pilih tempat publik. Pastikan lokasi yang dipilih masih ramai dengan orang lain dan bukan tempat discreet seperti rumah calon teman kencan, bar, hotel, dan lainnya.

5. Orang lain perlu tahu

Ketika memutuskan bertemu dalam first date dengan kenalan di platform online dating, beri tahu orang terdekat sedetil mungkin. Mulai dari foto teman kencan, nama, dan link map lokasi pertemuan. Beri kabar tentang first date secara spesifik termasuk berapa lama waktu yang dialokasikan. Harapannya, jika ada hal tak diharapkan terjadi, ada orang yang tahu di mana Anda berada.

6. Pilih foto profil dengan bijak

Memasang foto profil seperti di Facebook atau Instagram pada platform online dating memang tidak ada salahnya. Namun demi mengantisipasi predator yang ingin mengulik segala informasi personal tentang Anda, sebaiknya pilih foto selfie yang belum pernah digunakan di platform media sosial manapun sebelumnya.

7. Berangkat dan pulang sendiri

Meskipun first date berjalan dengan lancar dan akan berlanjut ke kencan-kencan berikutnya, sebaiknya tetap bawa sendiri kendaraan untuk berangkat dan pulang dari kencan. Alternatifnya, naik transportasi umum atau taksi online. Terlalu tergesa-gesa membiarkan teman kencan tahu di mana tempat tinggal Anda di pertemuan pertama, demi mengantisipasi hal yang tak diinginkan.Membangun kepercayaan dan rasa nyaman terutama ketika berkenalan dengan orang dari platform online dating perlu waktu. Tak perlu terburu-buru karena semuanya butuh proses. Dengan melakukan beberapa cara aman menjalani online dating di atas, maka hal buruk bisa dicegah.Jika memang kenalan di platform online dating ini adalah yang terbaik untuk Anda, jodoh tak akan ke mana-mana, bukan?
kesehatan mentalhidup sehatmenjalin hubungan
Cosmopolitan. https://www.cosmopolitan.com/uk/love-sex/relationships/a19603997/online-dating-safety-tips/
diakses 21 Mei 2020
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/how-do-life/201911/my-most-potent-dating-tips
diakses 21 Mei 2020
Bustle. https://www.bustle.com/articles/193400-11-tips-for-safe-online-dating-straight-from-an-expert
diakses 21 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait