logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

10 Obat Radang Amandel Anak yang Ampuh Atasi Nyeri secara Alami

open-summary

Tonsilitis atau radang amandel dapat membuat hari-hari anak menjadi tidak nyaman. Jangan khawatir, terdapat beberapa obat radang amandel anak yang alami dan ampuh hilangkan nyeri, mulai dari air garam, teh hangat dengan madu, sari cuka apel, akar licorice, hingga echinacea. Jika kasusnya parah, dokter mungkin akan merekomendasikan operasi pengangka


close-summary

3.23

(22)

27 Mei 2022

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Obat amandel anak dapat dari peroleh dari bahan-bahan alami

Kumur air garam dipercaya sebagai obat radang amandel anak yang alami.

Table of Content

  • Obat radang amandel anak yang alami
  • Cara mengatasi radang amandel
  • Pengobatan medis amandel pada anak
  • Cara mencegah radang amandel pada anak

Tonsilitis atau radang amandel merupakan salah satu penyakit yang sering menimpa anak. Kondisi ini dapat disebabkan infeksi bakteri ataupun virus. Di samping pengobatan medis, terdapat berbagai obat radang amandel anak alami yang bisa membantu mengatasi penyakit ini.

Advertisement

Ketika terkena radang amandel, anak akan mengalami sakit tenggorokan, sulit menelan, suara serak, dan bau mulut. Bahkan saat melihat ke dalam mulut mereka, amandel yang membengkak bisa terlihat.

Obat radang amandel anak yang alami

Cara mengobati amandel pada anak bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Namun, beberapa di antaranya memerlukan proses berkumur sehingga pastikan si kecil sudah bisa berkumur dengan baik.

Berikut adalah obat radang amandel anak alami agar kondisinya segera membaik.

1. Air garam

Air garam ternyata dapat menjadi obat amandel alami untuk anak. Ajak anak Anda berkumur dengan air garam untuk meredakan radang amandelnya.

Berkumur dengan air garam yang hangat dapat mengurangi sakit tenggorokan dan nyeri yang disebabkan oleh amandel. Selain itu, juga dapat membantu mengobati infeksi di tenggorokan.

Adapun cara mengobati radang amandel dengan air garam, yaitu masukkan ½ sendok teh (sdt) garam ke dalam satu cangkir air. Selanjutnya, aduk hingga garam menjadi larut.

Arahkan anak Anda untuk berkumur menggunakan campuran tersebut, dan minta mereka untuk sedikit mengangkat kepalanya agar air menyentuh tenggorokan tapi tidak ditelan. 

Lakukan cara mengobati amandel secara alami ini selama 10-15 menit. Kemudian, minta anak Anda untuk berkumur dengan air biasa.

2. Teh hangat dengan madu

teh hangat dicampur madu
Teh madu hangat memiliki sifat antibakteri

Teh hangat memang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, salah satunya meredakan gejala amandel.

Minum teh hangat ternyata juga mampu mengurangi rasa tidak nyaman di tenggorokan yang diakibatkan amandel. Apalagi jika dicampur madu, yang dinilai dapat meningkatkan efektivitasnya.

Anda dapat menambahkan madu ke dalam teh sebagai obat amandel anak. Minuman ini dipercaya memiliki sifat antibakteri yang kuat dan membantu mengobati infeksi yang menyebabkan radang amandel.

Namun, pastikan Anda melakukan cara mengobati amandel bengkak ini pada anak usia 1 tahun ke atas. Jangan pula menggunakan air panas karena dapat memperparah radang amandel anak. 

Untuk membuatnya, campur satu sdt madu ke dalam air hangat. Aduk hingga larut dan minta si kecil meminumnya sampai habis. Radang amandel dipercaya dapat membaik dan tenggorokan anak bisa kembali nyaman.

3. Sari cuka apel

Tak hanya untuk kecantikan, sari cuka apel juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Salah satunya adalah sebagai obat amandel anak alami.

Berkumur dengan sari cuka apel dianggap membantu menghancurkan batu amandel dan membantu mengecilkan amandel yang bengkak.

Anda dapat mencampurkan 1 sendok makan (sdm) sari cuka apel dengan 1 cangkir air hangat. Lalu, minta anak Anda untuk berkumur secara rutin kurang lebih sebanyak 3 kali sehari.

Meski bermanfaat, terdapat risiko masalah pencernaan dan kerusakan gigi dalam penggunaan sari cuka apel. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter sebelum memberikannya kepada anak.

4. Akar licorice

Akar licorice telah terbukti banyak digunakan dalam membantu mengobati sakit tenggorokan, salah satunya akibat radang amandel.

Akar ini dinilai efektif dalam meredakan radang tenggorokan. Caranya adalah dengan mengolahnya menjadi larutan untuk berkumur.

Kandungan akar licorice juga dapat ditemukan dalam permen pelega tenggorokan, yang dapat menghilangkan rasa tidak nyaman dan pembengkakan amandel serta tenggorokan.

Namun, sebaiknya permen pelega tenggorokan tidak diberikan pada anak karena berisiko mengalami tersedak. 

Akan lebih aman jika Anda menggantinya dengan semprotan pelega tenggorokan yang mengandung akar licorice saja.

Walaupun begitu, pastikan obat amandel tradisional ini aman digunakan untuk anak-anak.

5. Echinacea

Echinacea merupakan jenis bunga yang banyak digunakan untuk pengobatan herbal.

Bunga ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengobati berbagai penyakit menular. Echinacea juga memiliki sifat antiradang yang berguna sebagai obat amandel anak.

Anda dapat menemukannya dalam bentuk ekstrak cair, yang bisa ditambahkan ke dalam air hangat atau sup yang dikonsumsi anak.

Campuran echinacea dalam air hangat atau sup dapat dikonsumsi sebanyak tiga kali sehari. 

Obat herbal amandel ini dapat dengan mudah dikonsumsi anak karena bukan merupakan tablet atau kapsul. Selain itu, rasanya juga tersamarkan jika dikonsumsi bersama dengan sup.

6. Es loli atau es krim

anak makan es krim
Es krim membantu meredakan peradangan pada amandel

Asupan yang dingin, seperti es loli, es krim, atau yogurt, dapat membantu meredakan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan pada amandel. 

Selain bermanfaat dan menyegarkan, cara mengobati amandel ini juga memiliki rasa yang lezat sehingga mudah disukai oleh anak-anak.

7. Lemon

Lemon juga termasuk salah satu obat untuk amandel anak. Vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan anak lebih banyak kekuatan untuk melawan infeksi. 

Anda dapat mencampurkan 1 sdt perasan lemon ke dalam segelas air hangat untuk anak. Konsumsi minuman ini dinilai mampu meredakan tenggorokan anak yang terasa nyeri akibat radang amandel.

8. Meningkatkan kelembapan udara di rumah

Salah satu cara menghilangkan radang amandel beserta gejalanya yang mengganggu adalah meningkatkan kelembapan udara di rumah.

Sebab, udara yang terlalu kering dipercaya dapat mengiritasi tenggorokan akibat radang amandel.

Oleh karena itu, cobalah untuk menggunakan alat humidifier untuk mengambalikan kelembapan udara di dalam rumah.

Meski begitu, Anda juga perlu membersihkan humidifier secara rutin untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur.

Namun, jika Anda tidak memiliki humidifier di rumah, Anda dapat meminta anak untuk menghirup uap hangat.

9. Istirahat yang cukup

Cara menyembuhkan radang amandel anak lainnya adalah dengan istirahat yang cukup.

Penderita tonsilitis perlu mendapatkan istirahat sebanyak mungkin. Dengan beristirahat, tubuh dapat melawan infeksi virus atau bakteri yang bisa menyebabkan radang amandel.

Izinkan anak untuk tidak sekolah terlebih dahulu. Pasalnya, infeksi virus dan bakteri yang dialami mereka dapat ditularkan kepada orang lain.

10. Berbicara dengan halus

Pembengkakan di bagian tenggorokan yang dialami penderita radang amandel dapat menyebabkan suara mereka menjadi serak atau seperti hilang.

Hal ini dapat membuat anak memaksa untuk bersuara kencang agar bisa didengar oleh orang lain.

Mintalah anak untuk tidak berbicara dengan kencang karena dapat memperparah iritasi di tenggorokan.

Jika anak mengalami sakit saat berbicara, minta mereka untuk mengistirahatkan suaranya terlebih dahulu.

Selain itu, cobalah ajak anak ke dokter untuk berkonsultasi. Pasalnya, sulit berbicara dapat mengindikasikan komplikasi.

Cara mengatasi radang amandel

Selain obat amandel anak secara alami, terdapat beberapa cara lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kondisi ini.

Anda dapat meminta anak untuk beristirahat dengan cukup, serta menghindari berbagai aktivitas yang dapat membuat sistem kekebalan tubuhnya semakin lemah.

Jika sistem kekebalan tubuh menurun, maka radang amandel akan semakin sulit untuk sembuh.

Selain itu, sebaiknya Anda juga memberi makanan yang hangat dan bergizi untuk anak agar rasa tidak nyaman di tenggorokannya berangsur membaik.

Jika radang amandel anak tak kunjung membaik, sebaiknya segera periksakan mereka ke dokter. Dokter mungkin memerlukan tindakan lebih lanjut untuk mengobati amandel anak.

Pengobatan medis amandel pada anak

Radang amandel pada anak umumnya disebabkan oleh virus sehingga tidak ada pengobatan khusus. Namun, jika kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter mungkin dapat meresepkan obat antibiotik untuk amandel.

Obat radang amandel di apotek bisa Anda dapatkan dengan resep dokter. Pastikan anak mengonsumsinya sesuai dosis yang telah ditentukan. Jika kondisi anak tak kunjung membaik, segera bawa kembali ke dokter.

Kapan perlu operasi?

Jika kasusnya sudah parah, dokter dapat merekomendasikan cara menyembuhkan radang amandel dengan operasi.

Dokter biasanya akan melakukan operasi pengangkatan amandel jika terjadi pendarahan amandel, demam berulang akibat amandel, sering kambuh, tidak mempan terhadap antibiotik, bau mulut. Meski demikian, operasi amandel cukup jarang dilakukan.

Cara mencegah radang amandel pada anak

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Terdapat sejumlah cara mencegah radang amandel pada anak yang perlu diketahui orangtua, di antaranya:

  • Rajin mencuci tangan, terutama sebelum menyentuh mulut atau hidung.
  • Jangan berbagai makanan, minuman, atau alat makan dengan orang yang sedang sakit tenggorokan atau batuk dan bersin.
  • Rajin mengganti sikat gigi jika sudah tak layak pakai.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar obat amandel anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

radang amandelamandelsakit tenggorokan

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved