Cara alami memperkuat rambut meliputi beberapa aspek, seperti mengetahui penyebab rontok, menggunakan suplemen dan nutrisi, serta memilih gaya rambut.
Mengetahui penyebab rambut rontok merupakan salah satu cara untuk memperkuat rambut

Tahukah Anda bahwa akar rambut merupakan bagian rambut yang menentukan bagaimana kondisi rambut secara keseluruhan? Itulah sebabnya, untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat, Anda perlu memenuhi kebutuhan nutrisi dari akar rambut.

Sayangnya, banyak sekali orang yang kurang memperhatikan perawatan pada akar rambut. Akibatnya, batang rambut menjadi kusam dan mudah sekali rontok atau bahkan patah. Kerontokan rambut memang merupakan hal yang alami, tetapi jika berlebihan dan di luar batas normal kerontokan dapat menjadi penyebab masalah kebotakan.

Meskipun ada banyak produk masa kini yang menjanjikan perawatan rambut untuk rambut rontok, kandungan bahan kimia di dalamnya malah menambah parah kondisi rambut. Itulah sebabnya Anda perlu mencari cara lain yang aman dan ampuh untuk mengatasi rambut rontok

Cara Alami Memperkuat Rambut

Daftar panjang tonik, krim, dan suplemen rambut yang menjanjikan perawatan rambut yang “alami” memang terlihat lebih praktis dan menjamin. Namun, harga mahal dan janji-jani tersebut belum tentu memberikan hasil yang optimal pada masalah rambut rontok Anda. Itulah sebabnya Anda perlu memahami bagaimana cara yang benar-benar alami untuk memperkuat rambut.

1. Ketahui Penyebab Rambut Rontok

Jika Anda menemukan jumlah rambut yang rontok lebih banyak dari biasanya, cobalah untuk mencari tahu penyebab yang mungkin memicu terjadinya kerontokan rambut, seperti misalnya kekurangan asupan vitamin, masalah tiroid, dan menopause. Jika penyebabnya adalah kondisi kesehatan, tentu yang perlu Anda perhatikan adalah pemulihan dari masalah kesehatan yang Anda alami.

2. Nutrisi

Seorang ahli gizi bernama Sally Kravich menemukan dalam penelitiannya bahwa memenuhi nutrisi dan gizi tubuh dengan seimbang akan memberikan hasil tampilan kulit dan rambut yang sehat dan kuat. Itulah sebabnya, memerhatikan rincian nutrisi dan mineral dari makanan yang dikonsumsi merupakan hal penting.

Dalam hal ini, vitamin, mineral, dan protein memiliki peran besar dalam memperkuat rambut dan meningkatkan pertumbuhannya. Jumlah harian yang disarankan adalah sekitar 2-3 porsi daging atau kombinasi 4-5 porsi susu dan kacang-kacangan. Selain itu, biji-bijian, telur, dan ikan juga disarankan untuk dikonsumsi karena mengandung asam lemak omega-3, yang membantu menurunkan peradangan dan membuat kulit kepala lebih sehat.

Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang dapat berperan langsung dalam menyehatkan dan memperbaiki struktur rambut:

  • Zat Besi. Anemia dapat menyebabkan terjadinya kerontokan rambut. Namun, untuk mulai mengonsumsi zat besi, pastikan Anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan apakah Anda benar-benar menderita anemia.

  • Zinc dan biotin. Suplemen ini diasumsikan dapat membantu pertumbuhan rambut karena orang-orang dengan gangguan metabolisme kerap mengalami masalah rambut dan kuku yang tipis atau rapuh.

3. Kenali Suplemen Anda

Jika Anda akan menggunakan suplemen untuk memperbaiki masalah rambut, pastikan untuk melakukan konsultasi sebelum memulainya. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui pertimbangan seputar efek samping dan dampak dari asupan suplemen pada tubuh Anda secara umum.

4. Pilih Gaya Rambut yang Tepat

Menggunakan ikatan rambut karet, pewarna rambut, pengering rambut, catokan, dan pengeriting dapat menjadi alasan kering dan rusaknya rambut Anda. Itulah sebabnya Anda perlu memberikan waktu-waktu tertentu untuk rambut beristirahat.

Anda juga dapat melakukan perawatan rambut sesekali seperti menggunakan masker rambut untuk memberikan nutrisi lebih pada tiap helai dan akar rambut. Anda juga dapat mencari referensi mengenai bahan-bahan alami yang dapat dijadikan bahan perawatan rambut, seperti misalnya lidah buaya.

5. Mengelola Stres

Terakhir, menghadapi rambut yang rontok kerap menjadi masalah dan tekanan tersendiri bagi Anda. Sayangnya, stres tersebut malah dapat menambah parah kondisi rambut rontok menjadi semakin parah.

Hindari untuk berlebihan dalam memikirkan masalah ini. Cobalah untuk berkonsultasi pada dokter atau ahli perawatan rambut untuk mencari solusi yang tepat, khususnya jika Anda sedang hamil atau melalui fase menopause.

Itulah beberapa cara alami untuk memperkuat rambut tanpa menggunakan produk-produk perawatan yang mahal dan mengandung bahan kimia. Semoga informasi ini bermanfaat.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/features/natural-treatments-for-hair-loss#1
Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed