9 Cara Alami dan Tradisional untuk Atasi Sakit Kencing pada Wanita


Obat tradisional untuk mengobati sakit kencing pada wanita antara lain bawang putih dan air putih. Sementara cara alami untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan memastikan kebersihan alat genital setelah berhubungan intim maupun buang air kecil.

(0)
27 Nov 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Obat tradisional untuk mengobati infeksi saluran kemih ampuh digunakanObat tradisional untuk mengobati infeksi saluran kemih pada wanita salah satunya jus cranberry
Infeksi saluran kemih atau yang sering juga disebut sebagai sakit kencing, adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Sehingga, pengobatannya yang paling efektif adalah dengan antibiotik. Meski begitu, ada beberapa obat tradisional sakit kencing pada wanita yang dapat dicoba.Namun perlu diingat bahwa obat tradisional sebaiknya tidak digunakan untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih parah atau memiliki gejala yang sudah sangat mengganggu.Pada tahap infeksi tersebut, Anda perlu mendapatkan penanganan langsung oleh dokter sebelum penyakit ini menimbulkan berbagai komplikasi yang berbahaya bagi kesehatan.

Ragam cara alami untuk obati infeksi saluran kemih pada wanita

Meggunakan obat atau cara alami untuk mengobati sakit kencing pada wanita, bisa membantu meredakan gejala secara cepat. Namun, langkah ini tidak menjamin bahwa bakteri yang ada di saluran kemih benar-benar mati atau hilang.Berikut ini ragam cara alami yang biasa dilakukan untuk mengobati infeksi saluran kemih pada wanita.
Cara alami untuk atasi infeksi saluran kemih adalah dengan minum air putih
Minum air putih bisa redakan infeksi saluran kemih secara alami

1. Banyak minum air putih

Dengan banyak minum air putih, maka bakteri-bakteri yang menumpuk di saluran kemih bisa ikut keluar dan larut saat Anda buang air kecil. Semakin jarang buang air kecil, maka risiko terkena infeksi saluran kemih akan semakin tinggi.

2. Mengonsumsi buah-buahan dengan vitamin C

Vitamin C dapat meningkatkan kadar asam dalam urine. Saat itu terjadi, maka bakteri-bakteri yang bercokol di sana akan mati. Anda dapat menambah asupan vitamin C dengan mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, melon, dan tomat.

3. Minum jus cranberry

Jus cranberry tanpa gula, telah sejak lama dipercaya bisa mengobati sakit kencing pada wanita secara alami. Sari buah alami ini dinilai bisa menghambat bakteri penyebab infeksi saluran kemih, E. Coli, menempel di sel area tersebut.Jus cranberry juga kaya akan antioksidan, termasuk polifenol, yang terbukti memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri.
Cara alami mengobati sakit kencing pada wanita menggunakakn yogurt
Yogurt bisa jadi cara mengobati sakit kencing secara alami

4. Mengonsumsi probiotik seperti yogurt dan tempe

Probiotik adalah bakteri baik. Berbeda dari bakteri penyebab infeksi, keberadaan probiotik justru akan membantu menjaga saluran kemih tetap sehat.Bakteri baik ini, dinilai baik untuk digunakan sebagai obat tradisional sakit kencing pada wanita karena dengan mengonsumsinya, kelembapan atau pH urine akan turun, sehingga bakteri jahat akan sulit bertahan di urine.Selain itu, probiotik juga akan memicu produksi hidrogen peroksida dalam urine yang memiliki sifat antibakteri yang kuat. Contoh makanan dan minuman yang mengandung probiotik adalah yogurt, kefir, tempe, dan kimchi.

5. Tidak menahan keinginan buang air kecil

Mengalami infeksi di saluran kemih akan membuat Anda sering ingin buang air kecil dan merasakan perih saat melakukannya. Hal ini tentu mengganggu. Beberapa orang jadi lebih memilih untuk menahan hasrat tersebut.Namun, kebiasaan ini tentu harus dihilangkan. Saat infeksi sedang terjadi, menahan urine untuk keluar akan membuat bakteri justru bertambah banyak. Alhasil, penyakit ini akan semakin sulit sembuh.

6. Menjaga kebersihan saat buang air kecil

Pastikan setelah selesai buang air kecil, Anda membersihkan area genital dengan baik. Saat membasuh alat kelamin, lakukan dari arah depan ke belakang, bukan sebaliknya.Membasuh dari belakang ke depan akan membuat bakteri di area anal menyebar ke area depan, sehingga meningkatkan risiko infeksi.
Bawang putih bisa mengobati infeksi saluran kemih secara alami
Ekstrak bawang putih dinilai ampuh atasi infeksi saluran kemih

7. Memanfaatkan ekstrak bawang putih

Ekstrak bawang putih juga dinilai bisa dijadikan sebagai obat tradisional sakit kencing pada wanita. Pada penelitian yang dilakukan di laboratorium, bahan ini terbukti bisa menghambat pertumbuhan bakteri E. Coli.Meski begitu, penelitian ini belum dilakukan secara klinis atau langsung pada manusia. Oleh karena, cara penggunaan maupun dosis yang tepat untuk digunakan masih belum bisa diketahui secara pasti.

8. Membersihkan diri setelah berhubungan seks

Berhubungan seks bisa mempermudah bakteri dari luar untuk masuk ke dalam saluran kemih. Sehingga, Anda perlu membersihkan diri setelah melakukannya, agar bakteri tidak menumpuk di dalam dan mengakibatkan infeksi semakin parah.Beberapa tahap membersihkan diri setelah beraktivitas intim antara lain buang air kecil segera sesudah selesai berhubungan dan membasuh alat kelamin hingga bersih, sebelum dan sesudah berhubungan.

9. Menggunakan pakaian dalam yang longgar

Menggunakan pakaian dalam yang longgar akan mencegah area kelamin menjadi lembap. Hal ini akan mencegah infeksi saluran kemih menjadi semakin parah.Selain menggunakan yang longgar, Anda juga disarankan untuk memilih pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga area genital tetap bersih dan kering.

Kapan infeksi saluran kemih harus diperiksakan ke dokter?

Untuk bisa benar-benar mengetahui bahwa Anda mengidap infeksi saluran kemih, tentu diperlukan pemeriksaan oleh dokter. Namun sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan gejala penyakit ini sehingga menunda untuk mendapatkan penanganan medis.Pada beberapa kasus, infeksi saluran kemih bisa berkembang menjadi kondisi yang berbahaya jika tidak segera ditangani. Segera hubungi dokter apabila Anda mengalami gejala-gejala di bawah ini, untuk mencegah keparahan lebih lanjut.
  • Jadi sangat sering buang air kecil
  • Terasa sakit dan perih saat buang air kecil
  • Demam
  • Kram di area perut bagian bawah
  • Aroma urine berubah tidak seperti biasanya
  • Warna urine terlihat keruh atau bahkan disertai darah
Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang obat sakit kencing pada wanita maupun perawatan lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
infeksi saluran kencinginfeksi saluran kemihsaluran kemihpenyakit saluran kemih
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322411
Diakses pada 16 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/uti-home-remedies
Diakses pada 16 November 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3217283/
Diakses pada 16 November 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318048
Diakses pada 16 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait