Jangan Gampang Baper, Begini Cara agar Tidak Mudah Jatuh Cinta


Cara agar tidak mudah jatuh cinta pada lawan jenis adalah dengan menyibukkan diri bersama orang terdekat. Coba juga supaya tidak terlalu terburu-buru mengambil keputusan.

0,0
30 Sep 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara agar tidak mudah jatuh cinta pada lawan jenis adalah dengan menyibukkan diri bersama orang terdekatPerasaan mudah jatuh cinta sering disebut emophilia
Anda perlu khawatir saat mendadak jatuh cinta dengan orang lain terlalu mudah dan cepat. Hal tersebut cenderung membawa pengalaman percintaan yang kurang sehat. Anda perlu mencari cara agar tidak mudah jatuh cinta segera.Terlalu cepat pindah ke lain hati mungkin akan membuat banyak orang kecewa, termasuk Anda sendiri. Anda merasa sedang membangun hubungan dengan seseorang, tapi mendadak Anda hancurkan sendiri. Bisa jadi, Anda yang memang terlalu memanjakan perasaan.

Mengapa seseorang terlalu mudah jatuh cinta?

Perasaan cinta bisa diartikan berbeda oleh masing-masing individu. Sebagian orang memperlakukan perasaan dengan hati-hati. Mereka akan sangat lambat untuk jatuh cinta, pelan-pelan mendekati pasangan, hingga sengaja menahan emosi. Kelompok orang ini sengaja melakukan investasi perasaan untuk orang yang tepat.Lalu, ada sebagian orang jatuh cinta dengan sangat mudah dan cepat. Tidak sedikit dari mereka yang memberikan seluruh perasaan kepada satu orang. Namun, perasaan tersebut diambil kembali dalam waktu yang singkat.Perasaan mudah jatuh cinta ini sering disebut emophilia. Orang dengan emophilia yang tinggi bisa memunculkan pemahaman yang mendukung perasaannya tersebut. Mungkin mereka akan bisa mengatakan sangat cocok dengan satu orang, lalu mengatakan hal yang sama saat bertemu yang baru.

Dampak buruk mudah jatuh cinta

Sayangnya, orang dengan emophilia jarang melihat tanda bahaya yang muncul. Mereka akan mencari pasangan dengan sifat narsisme, machiavellianisme, dan psikopat. Tiga sifat ini sering disebut dengan Dark Triad.Berikut dampak yang mungkin akan dirasakan oleh mereka yang mudah jatuh cinta:
  • Memiliki pengalaman percintaan yang tidak sehat
  • Terlalu memikirkan pasangan hingga merasa cemas dan bahagia dalam waktu bersamaan
  • Kehidupan yang mudah berubah seiring dengan bergantinya pasangan
  • Merasa perlu mengubah kebiasaan sesuai dengan pasangan

Cara agar tidak mudah jatuh cinta

Selalu ada cara supaya Anda tidak mudah jatuh cinta. Selain perlu menahan diri, Anda juga bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

1. Jujur pada diri sendiri

Bertemu dengan orang baru yang menarik mungkin sebuah anugerah. Anda mungkin bisa mengajaknya kencan dan menemukan kecocokan dalam satu atau dua hal. Meskipun begitu, Anda perlu membuka diri dengan hal lain.Tanyakan pada diri sendiri apa Anda benar-benar jatuh cinta kepadanya. Bisa jadi itu hanya perasaan sesaat. Mungkin orang tersebut hanya tertarik sebagai teman dekat.

2. Menciptakan batasan

Batasan dalam sebuah hubungan sangat penting. Memberikan batasan kepada perasaan dengan orang lain pun akan memberikan Anda umur panjang. Pasalnya, jantung Anda tidak perlu bekerja lebih keras ketika merasakan perasaan bersalah atau kehilangan.Cobalah membuat waktu sendiri dan jauh dari orang lain. Cara ini akan membuat Anda berpikir lebih jernih sebelum benar-benar jatuh cinta.

3. Lebih memerhatikan pola perasaan

Mudah jatuh cinta bisa diartikan Anda sudah merasakan beberapa kali menjalin hubungan. Cobalah lihat ke belakang dan ingat lagi apa saja yang sudah pernah Anda rasakan. Jika ada pola yang berulang, mungkin saatnya Anda mengubah polanya.Cobalah memulai perasaan baru yang lebih intim dan terstruktur. Dibanding mengulang pengalaman yang sama, ada baiknya Anda mendapatkan satu pengalaman baru yang benar-benar berbeda.

4. Menyibukkan diri dengan teman atau keluarga

Menghabiskan waktu dengan orang terdekat akan sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental. Langkah ini seperti mengisi kembali energi sebelum menjalani kehidupan Anda sendiri. Pasalnya, berada dengan orang dekat akan membuat Anda merasa nyaman dan tidak khawatir.Seiring bertambahnya usia, teman dekat pun akan semakin berkurang. Cobalah dengarkan kata-kata sahabat Anda. Teman baik tidak akan membuat temannya terluka.

5. Mencoba membangun hubungan yang saling menguntungkan

Anda tentunya butuh seseorang untuk membuat kehidupan lebih baik. Jadi, cobalah menggali lebih banyak tentang seseorang sebelum jatuh cinta lagi. Cobalah membangun kehidupan yang saling menguntungkan satu sama lain.Dengan cara ini, Anda akan lebih mengenal orang tersebut dan hal-hal yang tidak ditemukan pada orang lain. Membangung hubungan saling menguntungkan juga akan menjadi ikatan cinta satu orang dengan orang lain.

6. Kendalikan diri sendiri

Jatuh cinta dengan cepat berarti memanjakan perasaan. Jika tidak ingin seperti itu, Anda yang seharusnya mengontrol perasaan. Mulailah banyak berpikir tentang baik dan buruk. Mungkin saja perasaan tersebut muncul karena Anda sedang kesepian. Menjaga emosi diri akan membantu Anda berpikir jernih sebelum mencoba jatuh cinta lagi.

7. Berkonsultasi dengan pakar

Langkah lain yang bisa Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan para ahli. Sekarang sudah banyak pilihan konsultasi online dengan dokter. Anda pun akan mendapatkan penanganan tepat dari masalah yang dihadapi.

Catatan dari SehatQ

Jatuh cinta dengan mudah bisa saja dirasakan oleh siapa saja akibat memanjakan perasaan. Mencoba untuk menyibukkan diri dengan orang terdekat merupakan cara ampuh untuk mencegahnya. Jika memang dibutuhkan, cobalah berkonsultasi dengan dokter.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar perasaan jatuh cinta yang terlalu mudah, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
percintaanmenjalin hubungan
Better Help https://www.betterhelp.com/advice/love/i-think-i-fall-in-love-too-easily-how-can-i-stop/
Diakses pada 15 September 2021
Psychology Today https://www.psychologytoday.com/us/blog/meet-catch-and-keep/202104/do-you-fall-in-love-too-quickly
Diakses pada 15 September 2021
Healthline https://www.healthline.com/health/relationships/how-long-does-it-take-to-fall-in-love
Diakses pada 15 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait