Rasa Kantuk Mengganggu Aktivitas? Ikuti Cara Agar Tidak Mengantuk Ini!

Salah satu cara agar tidak mengantuk yang dapat dilakukan adalah mengubah waktu tidur menjadi lebih awal
Rasa kantuk berlebihan di siang hari dapat mengganggu aktivitas.

Rasa kantuk yang berlebihan di siang hari dapat mengganggu aktivitas, menurunkan produktivitas, dan bahkan bisa mengganggu keselamatan Anda. Kebiasaan tidur yang kurang baik biasanya sering menjadi penyebab rasa kantuk yang berlebihan ini.

Pada beberapa orang dengan gangguan tidur, hal seperti ini sulit untuk dihindari. Namun, tenang, ada berbagai cara agar tidak mengantuk yang dapat dilakukan untuk dapat tetap segar dan terjaga menjalani hari.

Cara Agar Tidak Mengantuk

1. Singkirkan Seluruh Gangguan Sebelum Tidur

Menonton televisi, main game, atau sibuk dengan gawai dan perangkat elektronik lainnya sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

2. Cukup Tidur di Malam Hari

Cara ini terdengar mudah dan sederhana, namun memberikan banyak manfaat. Orang dewasa memerlukan waktu 7-9 jam untuk tidur di malam hari. Oleh karena itu, atur waktu Anda dan tentukan waktu rutin untuk dapat tidur selama 8-9 jam setiap malam.

3. Ubah Waktu Tidur Menjadi Lebih Awal

Cara agar tidak mengantuk lainnya bisa dilakukan dengan tidur 15 menit sebelum jadwal yang ditentukan selama 4 hari berturut-turut, lalu ikuti jadwal tidur yang diinginkan. Perubahan yang perlahan-lahan seperti ini lebih membantu untuk dapat tidur teratur jika dibandingkan harus segera pergi tidur.

4. Tentukan Waktu Bangun Tidur yang Teratur

Mulailah untuk bangun tidur di waktu yang sama pada minggu pertama, lalu lanjutkan selama bulan pertama untuk menetapkan ritme tidur rutin sehari-hari sebagai cara agar tidak mengantuk di siang hari.

5. Lakukan Gerakan Ini agar Dapat Tertidur

  • Latihan Pernapasan

Cobalah untuk bernapas dan perhatikan napas yang mengalir. Rasakan setiap aliran napas yang melewati hidung atau mulut. Visualisasi napas dapat membantu mengurangi ketegangan dan kecemasan.

  • Imajinasikan Gambaran yang Indah

Berbaring dalam posisi tenang sambil membayangkan hal-hal yang indah dan menenangkan seperti kegiatan yang berulangkali sehingga membuat kita fokus dan membiarkan pikiran yang lain berlalu.

6. Tentukan Menu Makanan Sehat yang Konsisten

Menu makanan sehat juga dapat mendukung pola tidur yang sehat. Hindari makanan junk food, seperti gorengan, minuman bersoda, dan makanan berpengawet. Usahakan untuk selesai makan sekitar 2-3 jam sebelum jadwal tidur di malam hari.

7. Berolahraga

Olahraga aerobik rutin selama 30 menit per harinya dapat menunjang pola tidur yang sehat. Olahraga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena aliran darah yang lebih lancar. Para ahli menyarankan untuk berolahraga 30 menit di siang hari untuk membantu mengatur pola tidur.

8. Buang Kegiatan yang Tidak Perlu

Jangan lakukan kegiatan yang tidak perlu sebelum tidur sehingga dapat mengurangi waktu tidur Anda. Berselancar di internet atau mengecek email bisa dilakukan saat di pagi hari karena dengan tidur yang cukup, aktivitas dan tugas akan dapat dikerjakan dengan lebih baik

9. Tidak Tidur Siang di Sore Hari

Jika mulai mengantuk di sore hari, usahakan untuk tetap terjaga sampai waktu tidur tiba. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga konsistensi jadwal.

10. Temui Ahli Kesehatan di Bidang Tidur

Jika Anda mengalami sleep apnea, restless leg syndrome (RLS), atau narkolepsi, disarankan untuk menemui dokter yang ahli di bidang tidur. Pada penderita sleep apnea, penggunaan mesin PAP dapat membantu penderita dengan pengaturan tekanan udara di saluran napas. Penderita RLS dapat diberikan obat sesuai dengan tingkat keparahan dari penderita. Khusus untuk narkolepsi, pengobatan dapat diberikan sesuai dengan keluhan yang dihadapi, seperti penggunaan antidepresan pada keluhan ‘tindihan’ dan halusinasi, atau pemberian stimulan untuk dapat membantu pasien tetap terjaga di siang hari.

WebMD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/daytime-sleepiness-tips#1
Diakses pada April 2019

National Sleep Foundation. https://www.sleepfoundation.org/shift-work-disorder/shift-work-you/relaxation-exercises-falling-asleep
Diakses pada April 2019

Alaska Sleep Clinic. https://www.alaskasleep.com/blog/sleep-disorders-causing-you-to-feel-tired-everyday
Diakses pada April 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed