logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

Pria Wajib Tahu, 12 Cara Agar Tahan Lama Berhubungan Intim Tanpa Obat

open-summary

Cara agar tahan lama saat berhubungan intim adalah dengan menjalani gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga, berhenti merokok, dan menjaga berat badan. Dengan begitu, kesehatan organ intim akan terus terjaga dan membuat stamina saat berhubungan juga bisa bertambah.


close-summary

22 Sep 2022

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Cara agar tahan lama berhubungan intim adalah dengan menjalani gaya hidup sehat

Cara agar tahan lama berhubungan intim salah satunya adalah dengan mejaga komunikasi satu sama lain

Table of Content

  • Cara agar tahan lama berhubungan intim tanpa obat secara alami
  • Catatan dari SehatQ

Seks dan kesehatan adalah dua hal yang tak terpisahkan. Siapa sangka, cara agar tahan lama di ranjang bisa Anda lakukan tanpa obat, salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Advertisement

Ketika seseorang merasa tidak bisa memuaskan pasangan di ranjang, seks bisa jadi hal yang tidak menyenangkan, bahkan mengganggu kualitas hubungan. 

Apabila hal ini yang Anda rasakan, saatnya mencari tahu tips tahan lama di ranjang tanpa obat demi kehidupan seksual yang lebih berkualitas. 

Cara agar tahan lama berhubungan intim tanpa obat secara alami

Masalah seksual seperti disfungsi ereksi, ejakulasi dini, hingga mitos seputar ereksi lainnya sering kali membuat pasangan tidak tahan lama di ranjang. Meski demikian, apabila masalahnya bukan pada penis atau organ reproduksi lainnya, tentu tak perlu buru-buru mengonsumsi obat. 

Bisa jadi, rahasia kuat tahan lama tanpa obat bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

1. Berolahraga

Rajin olahraga adalah salah satu cara agar tahan lama di ranjang
Rajin berolahraga bisa membuat tahan lama di ranjang

Olahraga bisa menjadi cara agar tahan lama di ranjang. Melakukan olahraga secara berkala dapat meningkatkan fungsi seksual seseorang karena membuat aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk organ intim, semakin lancar. 

Sebisa mungkin, pilih olahraga yang benar-benar disukai dan cocok untuk tubuh Anda. Ketika Anda telah menentukan olahraga apa yang cocok, lakukan dengan rutin. Lebih baik durasinya singkat, tapi dilakukan dengan frekuensi teratur seperti 2-3 kali dalam seminggu. Ini lebih baik ketimbang durasi terlalu lama, tapi hanya sekali dalam sepekan.

Selain itu, berolahraga juga membuat jantung lebih kuat. Hal ini bisa membantu durasi berhubungan seks menjadi lebih lama. 

2. Berhenti merokok

Tips tahan lama di ranjang selanjutnya adalah menghentikan kebiasaan buruk yaitu merokok. Paparan tembakau dan racun dalam rokok membuat pembuluh darah menyempit, sehingga aliran darah ke organ reproduksi tidak lancar. Konsekuensinya, bisa saja ereksi dan ejakulasi tak optimal.

Parahnya lagi, merokok juga bisa membuat libido seseorang menurun, sehingga mengurangi kualitas kehidupan seksual seseorang di semua level. Jadi, jika ingin tahan lama tanpa obat di ranjang, pertimbangkan untuk berhenti merokok.

3. Kendalikan berat badan

Kelebihan berat badan hingga obesitas dapat mengganggu kehidupan seksual seseorang. Untuk mengatasinya, Anda cukup mengurangi berat badan sebanyak 4 kg saja agar stimulus hormon seksual bisa bekerja lebih aktif.

4. Konsumsi makanan bernutrisi

Daging salah satu makanan yang bisa membuat pria tahan lama saat berhubungan seks
Daging salah satu makanan yang bisa membuat pria tahan lama saat berhubungan seks

Untuk bisa tahan lama di ranjang, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan. 

Ada beberapa makanan yang bisa membuat kehidupan seksual menjadi lebih baik. Beberapa di antaranya adalah daging, tiram,apel, dan pisang. Makanan-makanan ini kaya antioksidan sehingga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, termasuk penyakit yang berpengaruh pada gairah seksual. 

Lebih lanjut, konsumsi kacang pistachio juga dianjurkan untuk membantu meningkatkan hormon melatonin yang baik untuk performa seksual. endahnya kadar melatonin dipercaya berkaitan dengan risiko disfungsi ereksi. 

Bagi pria, konsumsi makanan yang mengandung L-citrulline juga bisa menjadi cara agar tahan lama di ranjang. 

L-citrulline sangat dianjurkan untuk meningkatkan kekuatan dan stamina, serta mempertahankan ereksi. Beberapa makanan yang mengandung L-citrulline antara lain semangka, bawang putih, kacang-kacangan, salmon, dan dark chocolate. 

Tentunya, rahasia kuat tahan lama tanpa obat bukan hanya mengonsumsi makanan di atas saja, tapi juga harus diiringi dengan gaya hidup sehat.

5. Komunikasi

Cara agar tahan lama di ranjang yang satu ini sangat penting untuk dilakukan, namun kerap kali dianggap sebelah mata.. 

Dengan menciptakan komunikasi yang lancar dengan pasangan, maka Anda berdua bisa mengerti hal-hal yang diinginkan serta ekspektasi masing-masing ketika berhubungan seksual.

Ketika Anda dan pasangan sudah saling mengerti kesenangan dan hal yang tidak disukai ketika berhubungan intim, maka sesi bercinta bisa jadi semakin menyenangkan. 

Jangan ragu untuk menyampaikan kekurangan dan kelebihan satu sama lain. Sampaikan juga stimulus atau titik rangsang yang paling sensitif pada pasangan.

6. Imajinasi

Berimajinasi juga bisa menjadi salah satu cara sex tahan lama dan membuat wanita klimaks dengan cepat

Tak ada salahnya bercinta dengan role play yang membuat Anda dan pasangan semakin bergairah. Coba eksplorasi berbagai fantasi seks maupun posisi berhubungan yang bisa membuat Anda bisa lebih tahan lama. 

7. Melakukan foreplay

Melakukan foreplay bisa membuat pria tahan lama saat berhubungan seks
Melakukan foreplay bisa membuat pria tahan lama di ranjang

Berbeda dengan role play, melakukan foreplay bisa menjadi gaya berhubungan agar tahan lama. Foreplay mencakup sentuhan, ciuman, maupun oral seks yang dilakukan perlahan sebelum berhubungan seksual. Foreplay dalam bercinta dapat meningkatkan pengalaman seksual bagi kedua pasangan. 

Konsep lain seperti merangsang payudara juga menarik untuk dicoba. Anda juga bisa melakukan eksplorasi di area klitoris untuk meningkatkan kemungkinan orgasme pasangan. 

8. Berdamai dengan stres

Tak hanya membuat produktivitas menurun, stres juga bisa berpengaruh terhadap libido seseorang. Saat stres, tekanan darah bisa meningkat dan kemudian membuat hasrat seksual berantakan. Selain itu, stres psikologis membuat seorang pria sulit ereksi dan orgasme. 

Kondisi stres atau kecemasan juga bisa mengalihkan perhatian seseorang saat bercinta, sehingga mengurangi keintiman seksual. Orang yang mengalami stres atau kecemasan pun lebih sulit menciptakan dan mempertahankan ereksi. 

Untuk itu, cari agar tahan lama di ranjang bisa dicapai ketika mengetahui cara berdamai dengan stres versi Anda sendiri. Entah dengan bercerita pada pasangan, menuangkannya dalam tulisan, meditasi, menekuni hobi, atau berolahraga.

9. Membuat jadwal berhubungan intim

Buatlah hubungan intim menjadi salah satu prioritas yang terjadwal. Carilah waktu untuk berdiskusi dengan pasangan mengenai halyang Anda sukai dan tidak sukai saat melakukan hubungan intim termasuk gerakan baru yang ingin dicoba hinggafantasi yang selama ini Anda sembunyikan. 

10. Mengonsumsi ginseng merah

Ginseng merah yang baik untuk membuat pria tahan lama saat berhubungan intim
Ginseng merah yang baik untuk membuat pria tahan lama saat berhubungan intim

Menurut sebuah riset, ginseng merah dapat meningkatkan produksi oksida nitrat, senyawa yang mampu membantu sirkulasi darah dan membantu otot-otot di penis menjadi rileks.

Faktanya, ginseng merah memang telah lama dipercaya sebagai cara tahan lama menggunakan bahan alami yang mampu memperkuat ereksi penis.

Tak ada salahnya Anda mengonsumsi ginseng merah sebagai cara agar tahan lama saat berhubungan dengan bahan alami. 

Namun, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mencoba cara sex tahan lama menggunakan bahan alami guna menghindari efek sampingnya.

11. Melakukan metode “start-stop”

Cara sex tahan lama selanjutnya adalah melakukan metode “start-stop”. Cara ini dilakukan dengan menghentikan rangsangan pada penis sebelum orgasme terjadi. Tujuannya, mengurangi keinginan untuk ejakulasi terlalu cepat. 

Meski awalnya sulit, seiring waktu mungkin Anda bisa belajar mengendalikan orgasme dan meningkatkan stamina saat bercinta. 

12. Mengonsumsi kafein 

Konsumsi kafein juga bisa menjadi cara agar tahan lama di ranjang secara alami. Pasalnya, kafein memiliki efek stimulan yang mampu meningkatkan stamina dan menghasilkan lebih banyak tenaga. 

Kafein diketahui mampu mengendurkan pembuluh darah dan otot polos di penis, membuat aliran darah lebih lancar, dan meningkatkan fungsi ereksi. 

Selain kopi, guarana, jenis tanaman asal Brasil juga diketahui memiliki kandungan kafein tinggi yang mampu meningkatkan energi dan libido. 

Baca Juga

  • Cara Merangsang Puting Pria untuk Seks yang Semakin Bergairah
  • 9 Tips Seks Populer dari Pakar yang Dapat Anda Coba
  • Fingering Bisa Sebabkan Bercak Darah Setelah Bercinta, Benarkah?

Catatan dari SehatQ

Menjalani gaya hidup sehat ada banyak manfaatnya untuk tubuh, termasuk membuat Anda bisa tahan lebih lama di ranjang. 

Jika cara di atas tidak juga berhasil membuat Anda tahan lama, maka Anda juga bisa berkonsultasi tentang masalah reproduksi maupun hubungan seksual melalui fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang! 

Advertisement

hubungan sekshubungan seksualmanfaat hubungan seks

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved