8 Cara Melemaskan Rambut Mengembang dan Kaku yang Bisa Dicoba di Rumah


Cara melemaskan rambut yang mengembang bisa dimulai dari kebiasaan merawat rambut sehari-hari, seperti tidak sering keramas dan menggunakan produk perawatan rambut yang tepat. Selain itu, cara agar rambut lemas bisa menggunakan bahan alami berupa cuka apel hingga madu.

(0)
07 Jan 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara melemaskan rambut yang mengembang bisa dimulai dari kebiasaan merawat rambutRambut mengembang jadi masalah bagi banyak orang karena membuat tampilan seperti rambut singa
Rambut mengembang bisa menjadi masalah bagi sejumlah orang. Umumnya, kondisi ini terjadi akibat kondisi rambut kering. Tak ayal bila cara melemaskan rambut yang mengembang perlu diketahui bagi pemilik rambut mengembang dan kaku. Bagi orang dengan rambut mengembang yang bukan karena perawatan kecantikan (disengaja), kondisi ini dapat digolongkan sebagai masalah kulit kepala. Oleh karena itu, Anda membutuhkan cara membuat rambut mengembang menjadi lemas dengan tepat agar kondisinya tidak semakin parah dan tidak seperti “rambut singa”.

Apa penyebab rambut mengembang?

Rambut mengembang bisa terjadi akibat kondisi rambut yang kering. Ketika rambut kering, ia akan berusaha menyerap kelembapan di udara sehingga membuat rambut semakin mengembang.Terlebih, jika kondisi cuaca yang lembap disertai kulit kepala berkeringat juga membuat rambut mengembang kian menjadi-jadi. Di samping itu, penyebab rambut mengembang bisa terjadi sebagai efek samping dari pemakaian produk perawatan rambut yang tidak cocok dengan kulit kepala. Misalnya, sampo yang mengandung alkaline, tidak jarang membuat rambut kering dan mengembang.Produk rambut, seperti styling gel yang mengandung alkohol juga menyebabkan rambut mengembang. Begitu pula kesalahan dalam merawat rambut yang dapat mengakibatkan hal yang sama.Sebut saja, terlalu sering memakai penggunaan alat penata rambut, seperti hair dryer atau catokan.

Bagaimana cara melemaskan rambut yang mengembang?

Cara melemaskan rambut yang mengembang biasanya dapat diatasi ketika Anda mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Dengan mengikuti pola makan yang benar seraya mengelola stres, kondisi kesehatan rambut akan kembali sehat secara perlahan.Meski demikian, tetap perlu diiringi dengan berbagai cara melemaskan rambut yang mengembang dan tidak kaku, seperti:

1. Keramas dengan air dingin

Cara melemaskan rambut yang mengembang dengan keramas air dingin
Mandi dengan air dingin bantu kurangi rambut mengembang
Salah satu cara melemaskan rambut yang mengembang adalah dengan keramas air dingin. Jika Anda membilas rambut dengan air yang terlalu panas, kutikula rambut bisa terbuka. Kutikula adalah lapisan terluar rambut yang melindungi inti rambut. Ketika kutikula terbuka dan kelembapan rambut hilang, maka rambut mengembang bisa jadi. Nah, agar kutikula tidak terbuka, Anda disarankan untuk keramas menggunakan air dingin.

2. Jangan terlalu sering keramas

Cara melemaskan rambut yang mengembang berikutnya adalah jangan terlalu sering keramas.Sebab, keramas terlalu sering bisa menyebabkan minyak alami pada kulit kepala jadi berkurang, bahkan hilang. Hal ini yang bisa memengaruhi kelembapan rambut sehingga rambut mengembang dan kaku.Namun, pastikan jika kulit kepala senantiasa bersih walaupun Anda sedang tidak keramas.

3. Gunakan sampo yang terbuat dari bahan-bahan alami

gunakan sampo dari bahan alami sebagai cara melemaskan rambut
Keramas dua hari sekali lembapkan rambut kering
Penggunaan sampo yang tepat juga mendukung cara melemaskan rambut yang mengembang dan kaku. Anda dianjurkan untuk menghindari sampo yang mengandung zat kimia, seperti sodium lauryl sulfate, karena bisa membuat rambut mengembang semakin parah.Sebagai gantinya, gunakan sampo yang mengandung bahan alami agar rambut tidak mengembang dan senantiasa sehat.

4. Gunakan conditioner

Oleskan kondisioner sebagai cara melemaskan rambut yang mengembang
Conditioner menambah kadar protein pada rambut
Setelah mencuci rambut, selalu gunakan conditioner yang mengandung protein. Cara melemaskan rambut yang mengembang ini bertujuan untuk membuat kondisi rambut jadi halus dan tampak berkilau. Bila memungkinkan, gunakan conditioner tidak hanya pada ujung rambut, melainkan juga sepanjang rambut. Sebab, penggunaan conditioner bisa jadi cara membuat rambut lemas dan mudah diatur dalam sekejap. Namun, cara menggunakan conditioner perlu menghindari area kulit kepala agar rambut tidak tampak berminyak, ya.

5. Jangan menyisir rambut yang sudah kering

Jangan menyisir rambut yang sudah kering juga jadi cara agar rambut lemas.Pasalnya, menyisir rambut yang kering bisa merusak kutikula sehingga menyebabkan rambut mengembang dan kaku. Anda justru disarankan untuk menyisir rambut dalam kondisi masih setengah basah.

6. Hindari terlalu sering menata rambut

Cara membuat rambut lemas tidak akan berhasil apabila Anda terlalu sering menata rambut. Misalnya, mengecat, meluruskan, mengeriting, dan menggunakan alat penata rambut, seperti catokan maupun hair dryer, merupakan penyebab rambut kering, mengembang, dan kaku.Jika harus menggunakan alat penata rambut, pastikan Anda mengoleskan serum rambut untuk menjaganya tetap sehat. Bila perlu, keringkan rambut menggunakan hair dryer bersuhu rendah atau kipas angin.

7. Pakai produk perawatan rambut tanpa alkohol

Cara melemaskan rambut yang mengembang dengan produk bebas alkohol
Hairspray mengandung alkohol bisa buat rambut mengembang
Cara agar rambut lemas selanjutnya, yakni dengan menggunakan produk perawatan rambut, seperti sampo dan kondisioner yang bebas alkohol. Kandungan produk perawatan rambut yang mengandung alkohol rentan membuat rambut mengembang, kaku, dan kering.

8. Lindungi rambut dari sinar matahari

Cara melemaskan rambut yang mengembang dan kaku juga perlu melindunginya dari paparan sinar matahari. Penelitian yang terbit pada jurnal Collegium Antropologicum membuktikan bahwa paparan sinar ultraviolet (UV) mampu mengganggu kondisi rambut. Dalam hal ini, sinar matahari rentan merusak struktur batang rambut.Pada sinar UV A, kerusakan ini ditandai dengan berkurangnya warna rambut.  Sedangkan, sinar UV B mampu menghilangkan protein rambut sehingga rambut mengembang terjadi.Oleh karena itu, gunakan topi atau produk perawatan rambut dengan filter UV sebagai cara membuat rambut lemas dan lurus.Baca Juga: Cara agar Rambut Tidak Mengembang yang Mudah Dilakukan

Cara mengatasi rambut mengembang dengan bahan alami

Ada berbagai cara mengatasi rambut mengembang dengan bahan alami yang bisa dilakukan, seperti:

1. Cuka apel

Cara melemaskan rambut kaku dengan cuka apel
Asam alfa hidroksi mampu semibangkan pH rambut
Cara mengatasi rambut mengembang dengan bahan alami bisa dengan cuka apel. Rupanya, manfaat cuka apel bisa digunakan sebagai cara agar rambut lemas dan lurus.Cuka apel mengandung asam alfa hidroksi yang dapat mengembalikan pH rambut. Efeknya, rambut Anda menjadi lebih sehat dan tidak mengembang.Cara melemaskan rambut secara alami dengan cuka apel adalah campurkan 1/3 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir air hangat.Lalu, oleskan ke helaian rambut mengembang, diamkan selama 1-3 menit. Kemudian, bilas rambut dengan air dingin. Jika Anda memiliki alergi terhadap cuka apel, sebaiknya hindari penggunaan produk ini.

2. Minyak kelapa

Cara melemaskan rambut mengembang dengan minyak kelapa
Minyak kelapa menjaga protein rambut dengan asam laurat
Tahukah Anda kalau manfaat minyak kelapa untuk rambut bisa digunakan sebagai cara mengatasi rambut mengembang dengan bahan alami?Hal ini karena kandungan asam laurat pada minyak kelapa yang mudah meresap ke dalam rambut. Asam laurat bisa menjaga protein rambut agar tidak hilang, terutama saat terpapar sinar matahari atau menggunakan catokan atau hair dryerAnda cukup mengoleskan minyak kelapa pada helaian rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air sampai bersih. Nantinya, rambut Anda akan terasa lebih lembut.

3. Minyak argan

Cara melemaskan rambut tidak mengembang dengan minyak argan
Minyak argan membuat rambut tidak mengembang
Manfaat minyak argan untuk rambut sebagai cara mengatasi rambut mengembang dengan bahan alami bekerja layaknya kondisioner.Minyak argan bisa menjaga kelembapan dan menyehatkan rambut berkat kandungan asam oleat dan asam linoleat, serta antioksidan seperti vitamin E. Rambut pun akan terasa lebih lembut, lurus, dan lemas setelah diolesi minyak argan. Anda bisa mengoleskan sedikit minyak argan sebelum menyisir rambut. Diamkan sebagai leave-on-conditioner dan tidak perlu membilasnya, asal penggunaannya tidak terlalu banyak.

4. Alpukat

Cara melemaskan rambut kaku dan mengembang dengan alpukat
Kalium dan magnesium pada alpukat membuat rambut halus
Buah alpukat juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi rambut mengembang dengan bahan alami. Manfaat alpukat untuk rambut mengembang berasal dari kandungan biotin dan vitamin B kompleks. Selain itu, alpukat juga mengandung kalium dan magnesium. Kedua kandungan ini baik untuk melindungi kutikula rambut agar terasa halus, bercahaya, serta tidak mudah rapuh.Cara membuat rambut lemas menggunakan alpukat adalah dengan menghaluskan 1 buah daging alpukat matang. Lalu, campur dengan 2 sendok makan gel lidah buaya dan 2 sendok makan minyak kelapa. Aduk merata dan masker siap digunakan.

5. Madu

Madu bisa digunakan sebagai cara melemaskan rambut
Madu mengikat kandungan bermanfaat untuk rambut
Manfaat madu untuk rambut bisa digunakan sebagai cara agar rambut lemas dan lurus. Madu berfungsi sebagai bahan pengikat. Artinya, jika Anda menggunakan bahan alami agar rambut tidak mengembang, maka madu berfungsi untuk mengikat bahan berkhasiat tersebut agar terserap oleh rambut.Anda bisa memanaskan 2 sendok makan madu dan minyak kelapa secara bersamaan. Diamkan sampai suhunya dingin, tambahkan satu butir telur yang sudah dikocok dalam campuran tersebut. Oleskan pada helaian rambut selama 15-20 menit, lalu bilas rambut dengan air dingin.

Catatan dari SehatQ

Cara agar rambut lemas dan lurus di atas berguna untuk mengatasi rambut mengembang dan kering.Jika Anda memilih penggunaan bahan alami agar rambut tidak mengembang, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter agar khasiat yang didapat bisa terasa maksimal. Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter apabila cara membuat rambut lemas di atas tidak kunjung membuat rambut mengembang yang Anda alami berkurang. Sebab, meski jarang terjadi, rambut mengembang yang tidak kunjung diatasi bisa jadi pertanda masalah kesehatan serius. Contohnya, mengalami trauma setelah kecelakaan atau stres.Anda bisa bertanya dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk bertanya lebih lanjut seputar cara membuat rambut mengembang menjadi lemas. Caranya, download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
kesehatan rambutrambut keringkesehatan kulit kepala
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/frizzy-hair-home-remedies
Diakses pada 6 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/damaged-hair
Diakses pada 6 Januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/how-to-tame-frizzy-hair
Diakses pada 6 Januari 2020
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/healthy-hair-tips
Diakses pada 6 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/honey-hair-mask
Diakses pada 13 Oktober 2020.
Healthline. https://www.healthline.com/health/avocado-hair-mask
Diakses pada 13 Oktober 2020.
Collegium Antropologicum. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19138021/
Diakses pada 13 Oktober 2020.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait