Minum pil KB dan menjaga berat badan dapat membantu mempercepat menstruasi
Siklus menstruasi yang tidak teratur atau terlambat kerap merepotkan

Sebagian wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur sering dilanda kebingungan kapan ‘tamu bulanan’ itu akan datang. Apalagi bagi mereka yang sudah punya rencana tertentu, seperti jalan-jalan, tentunya menginginkan menstruasi datang lebih awal sebelum jadwal melancong tiba.

Sayangnya, tak ada cara yang menjamin menstruasi akan langsung datang, misalnya dalam satu atau dua hari. Meski demikian, ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan di sekitar waktu mendekati datangnya haid untuk membantu mempercepat menstruasi. Lantas, bagaimana cara agar cepat menstruasi yang bisa dilakukan?

Cara agar cepat menstruasi

Ada beberapa cara mempercepat menstruasi yang bisa Anda lakukan. Sebelum mempraktikkannya beberapa cara di bawah ini, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu keamanan dari tindakan-tindakan tersebut.

  • Minum pil KB

Minum pil KB kombinasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat haid. Pil KB ini mengandung hormon estrogen dan progestin yang efektif mengendalikan siklus menstruasi.

Untuk mempercepat haid, minum pil hormon selama 21 hari, kemudian berhenti atau minum pil plasebo selama 7 hari. Dalam rentang waktu 7 hari tersebut, menstruasi umumnya akan datang. Namun, minum pil KB tidak bisa dilakukan sembarangan karena harus ada pemeriksaan dokter dahulu untuk menimimalisir efek samping.

Segera periksakan diri Anda ke dokter, jika setelah minum pil KB timbul gejala seperti sakit perut yang parah, sakit kepala hebat, nyeri dada, sesak napas, serta betis yang sakit, kemerahan, dan bengkak. Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk menghentikan penggunaan pil KB.

  • Menjaga berat badan ideal

Berat badan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Kondisi ini disebabkan karena berat badan dapat memengaruhi proses ovulasi.

Ovulasi yang tak kunjung terjadi membuat menstruasi juga tak kunjung datang. Oleh sebab itu, jagalah berat badan Anda di angka yang normal. Jika Anda kekurangan atau kelebihan berat badan dan ingin mencapai kisaran ideal, sebaiknya konsultasikan pada dokter.

  • Berhubungan seks

Melakukan hubungan seks dapat membantu mempercepat menstruasi, baik dengan penetrasi ataupun tidak. Ketika mengalami orgasme, serviks akan membesar dan menciptakan ruang hampa yang dapat menarik darah menstruasi ke bawah sehingga memicu keluarnya menstruasi.

Tak hanya itu, berhubungan seks secara teratur juga dapat mengurangi stres, serta membantu meningkatkan keseimbangan hormon yang sehat hingga dapat mendorong terjadinya haid.

  • Berolahraga

Melakukan olahraga ringan, seperti berenang, jogging atau berjalan kaki, dapat melemaskan otot dan membantu haid datang lebih cepat. Tak hanya itu, olahraga secara rutin dalam jumlah sedang juga dapat membantu mengembalikan hormon yang dibutuhkan untuk menciptakan siklus menstruasi teratur.

Namun, hindari olahraga berlebihan atau melakukan olahraga yang terlalu berat karena malah bisa menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur atau terlambat. Hal ini disebabkan karena menurunnya kadar estrogen yang memicu menstruasi berhenti.

  • Melakukan relaksasi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa stres memiliki keterkaitan dengan menstruasi yang tidak teratur. Ketika stres, tubuh menghasilkan hormon kortisol dan adrenalin yang dapat menghambat hormon estrogen dan progesteron (hormon penting untuk siklus menstruasi teratur).

Melakukan relaksasi, seperti yoga, meditasi, mencari hiburan, menggeluti hobi, berkumpul bersama keluarga atau teman dapat membantu mengurangi stres dan mendorong mempercepat menstruasi terutama jika terlambat.

  • Kompres air hangat

Menggunakan kompres air hangat dan menempelkannya ke perut dapat meningkatkan aliran darah ke area tersebut sehingga secara perlahan mempercepat siklus menstruasi.

Tak hanya itu, mandi air hangat juga diyakini dapat mengendurkan otot-otot yang tegang dan menghilangkan stres emosional sehingga mendorong Anda untuk haid. Namun, belum ada bukti yang menunjukkan hal ini benar-benar efektif.

  • Mengonsumsi vitamin C

Vitamin C juga dipercaya sebagai solusi untuk mempercepat haid. Namun, tak ada bukti ilmiah yang mendukung hal ini. Diperkirakan bahwa vitamin C dapat meningkatkan kadar hormon estrogen dan menurunkan hormon progesteron. Kondisi ini dapat menyebabkan kontraksi rahim dan lapisan rahim rusak sehingga timbul menstruasi.

Sebelum mencoba cara agar cepat menstruasi ini, Anda dapat mengonsumsi vitamin C atau makanan yang merupakan sumber vitamin C, seperti jeruk, buah berry, brokoli, bayam, paprika, dan lainnya. Akan tetapi, pastikan bahwa Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena dikhawatirkan akan memberi dampak yang buruk pada tubuh.

Umumnya, cara-cara di atas aman dilakukan dan tidak menimbulkan risiko yang berbahaya bagi wanita dewasa yang sehat. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat pada setiap aspek kehidupan Anda, seperti batasi konsumsi makanan manis, rutin mengonsumsi buah dan sayur, serta minum air putih dua liter setiap harinya.

Jika Anda ingin cara mempercepat haid lainnya, sebaiknya konsultasikan pada dokter kandungan untuk mendapatkan saran yang tepat dan aman untuk kesehatan Anda.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324830.php#risks
Diakses pada 26 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/induce-period#see-a-doctor
Diakses pada 26 November 2019

Artikel Terkait