5 Cara Agar Bisa Kentut yang Bisa Anda Coba

(0)
25 Jan 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara agar bisa kentut dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman tertentuSusah kentut bisa membuat perut terasa tidak nyaman
Pernahkah Anda mengalami tidak bisa kentut? Kondisi ini tentunya sangat mengganggu dan menjengkelkan. Padahal kentut merupakan proses alami tubuh untuk mengeluarkan gas-gas berlebih dalam pencernaan. Tidak bisa kentut bisa menyebabkan perut kembung, nyeri, dan tidak nyaman. Kalau masalah ini diabaikan tanpa penanganan, pencernaan Anda bisa kena imbasnya. Namun, jangan khawatir karena ada berbagai cara agar bisa kentut yang dapat Anda lakukan.

Berbagai cara agar bisa kentut

Berikut adalah beberapa cara agar bisa kentut yang bisa Anda lakukan supaya perut dan pencernaan Anda kembali nyaman:

1. Melakukan pose yoga

Pose yoga membantu gas di pencernaan keluar
Ada beberapa pose yoga yang dapat membantu Anda supaya bisa kentut. Berikut adalah beberapa di antaranya. 
  • Posisi lutut ke dada

Berbaringlah secara telentang dan angkat kaki Anda. Tekuk lutut 90 derajat dan pertahankan posisi lutut sekaligus pergelangan kaki. Pegang bagian depan lutut atau paha atas dan tarik paha mendekati dada. Sambil melakukan posisi ini, selipkan dagu Anda ke dada atau cobalah cium lutut Anda. Tahan posisi ini selama 15-60 detik untuk memberikan tekanan ke perut sehingga membantu tubuh mengeluarkan kentut. 
  • Pose anak (child’s pose)

Posisikan diri Anda dalam keadaan berlutut. Dorong tubuh untuk membungkuk hingga bokong sedikit terangkat dan dada menyentuh lutut. Pastikan kepala menunduk, biarkan dahi menyentuh lantai. Luruskan lengan hingga telapak tangan ikut menapak pada lantai.Tahan posisi ini sambil menarik napas dalam-dalam untuk memberikan tekanan lembut pada perut. Selain itu, pinggul dan punggung bawah Anda juga menjadi lebih rileks sehingga membantu mengeluarkan kentut dengan mudah. 
  • Seated forward bend

Posisikan diri Anda berbaring telentang dengan kedua lengan membentang ke samping. Lalu, angkat kedua kaki dan tekuk lutut. Sembari menarik napas, angkat tubuh sedikit. Sedangkan, saat menghembuskan napas, turunkan kembali tubuh. Tahan posisi ini hingga 3 menit. Ini bisa membantu Anda mengeluarkan gas di perut.

2. Menggosok perut dengan minyak penghangat atau kayu putih

Cobalah menggosok perut searah jarum jam menggunakan minyak penghangat atau minyak kayu putih untuk membantu menghilangkan gas yang terperangkap. Cara agar bisa kentut ini juga bisa membantu mengurangi kram perut dan kembung yang Anda rasakan. Dengan begitu, perut pun akan terasa lebih nyaman.Pastikan menggunakan minyak penghangat yang sudah terdaftar di BPOM.

3. Mengonsumsi makanan dan minuman yang mendorong gas keluar

Minuman bersoda membantu memudahkan kentut
Beberapa makanan dan minuman tertentu juga bisa jadi cara agar bisa kentut. Anda bisa mengonsumsi minuman bersoda atau berkarbonasi, mengunyah permen karet, mengonsumsi produk susu, atau mengonsumsi buah kaya serat (jeruk, kiwi, pisang, apel, pir, mangga). Akan tetapi, pastikan Anda tidak mengonsumsi berbagai makanan di atas secara berlebihan karena berpotensi menyebabkan masalah pencernaan lainnya.

4. Berjalan kaki 

Bergerak bisa membantu Anda mengeluarkan gas di perut. Tidak perlu berlebihan, Anda cukup berjalan kaki di sekitar ruangan selama beberapa menit saja. Cara agar bisa kentut ini akan mendorong kentut keluar dan perut terasa lebih nyaman. 

5. Memeriksakan diri ke dokter

Kentut tidak juga keluar harus memeriksakan diri ke dokter
Kalau cara-cara di atas tidak berhasil atau kondisi perut memburuk karena gas tidak juga keluar, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Obat-obatan tertentu mungkin akan diresepkan untuk mengatasi masalah yang Anda alami.

Penyebab susah kentut

Susah kentut dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari makan terlalu cepat, jarang makan serat, sembelit, pertumbuhan bakteri yang berlebih di pencernaan, dan intoleransi laktosa.Selain itu, beberapa kondisi medis, seperti sindrom iritasi usus besar, penyakit Crohn, tukak lambung, dan kolitis ulseratif (peradangan usus besar), juga bisa menyebabkan masalah ini. Terkadang, susah kentu bisa terjadi akibat efek samping obat-obatan tertentu yang Anda konsumsi.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara agar bisa kentut, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
pencernaanmasalah pencernaangangguan pencernaanperut kembung
Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/how-to-fart#foods-and-drinks
Diakses pada 11 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/immediate-relief-for-trapped-gas-home-remedies-and-prevention-tips#causes
Diakses pada 11 Januari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321556#reducing-the-need-to-fart
Diakses pada 11 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait