Cara Agar Bayi Cepat Masuk Panggul dan Kontraksi Alami yang Bisa Dilakukan

(0)
03 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara agar bayi cepat masuk panggul dan kontraksi dapat dilakukan dengan aktif bergerakAktif bergerak dapat memancing kontraksi pada ibu hamil
Persalinan biasanya terjadi pada usia kandungan 37-40 minggu. Namun, tidak jarang juga bayi lahir sebelum atau melebihi Hari Perkiraan Lahir (HPL) yang diprediksikan sebelumnya oleh dokter.Bayi yang belum lahir di atas 42 minggu disebut dengan postmatur. Tidak jarang kondisi ini membuat ibu khawatir karena usia kehamilannya sudah melampaui perkiraan dokter. Untuk mencegah kondisi ini terjadi, ada beberapa cara agar bayi cepat masuk panggul dan kontraksi.

Penyebab bayi terlambat lahir

Alasan bayi terlambat lahir biasanya tidak dapat diketahui secara pasti. Ada anggapan yang mengaitkannya kecenderungan genetik atau keturunan. Wanita yang sebelumnya pernah melahirkan postmatur akan cenderung mengalaminya lagi pada kehamilan berikutnya.Ada beberapa risiko yang mungkin terjadi pada kelahiran postmatur, walaupun mungkin sangat langka. Risiko-risiko tersebut mencakup menurunnya fungsi plasenta hingga kemungkinan lahir mati. Oleh karena itu, dokter atau bidan akan rutin memeriksa kondisi ibu hamil yang terlambat melahirkan.

Cara agar bayi cepat masuk panggul dan kontraksi

Jika bayi belum kunjung lahir setelah lebih dari 4 minggu sejak HPL, kemungkinan bayi lahir mati bisa lebih besar. Namun, biasanya dokter akan memberikan induksi buatan apabila dua minggu sejak HPL belum ada tanda-tanda melahirkan.Ada beberapa cara agar bayi masuk panggul dan kontraksi. Cara-cara alami ini telah banyak dipraktikkan dan tergolong aman, tetapi belum didukung data penelitian yang memadai.Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjalankan cara agar bayi cepat masuk panggul dan kontraksi secara alami berikut ini.

1. Aktif bergerak

Ibu hamil yang aktif bergerak dan berjalan cenderung lebih cepat mengalami kelahiran. Namun, aktivitas Anda juga harus disesuaikan dengan kondisi kehamilan.Hal ini didasarkan pada anggapan bahwa gravitasi akan membuat bayi lebih cepat masuk ke jalan lahir hingga memancing kontraksi. Selain itu, tekanan yang meningkat dapat membuat serviks melebar. Cobalah untuk aktif bergerak atau berolahraga secara wajar tanpa memaksakan diri Anda.

2. Berhubungan seksual

Berhubungan seksual dengan suami bisa menjadi salah satu cara agar bayi cepat masuk panggul dan kontraksi alami. Teori yang mendukung cara ini berkaitan dengan kandungan hormon yang dihasilkan saat berhubungan seksual. Berikut adalah hormon-hormon yang berpengaruh:
  • Hormon prostaglandin pada sperma pria akan menyebabkan terjadinya kontraksi rahim.
  • Hormon oksitosin yang dihasilkan wanita saat orgasme juga dapat menyebabkan rahim dan organ seksual wanita mengalami kontraksi secara alami.
Selain berhubungan seksual, melakukan stimulasi pada puting payudara juga bisa dicoba karena dipercaya mampu menghasilkan hormon oksitoksin.

3. Cara-cara alami lainnya

Selain kedua cara di atas, ada cara agar bayi cepat masuk panggul dan kontraksi lainnya yang juga diklaim efektif.
  • Merica dan makanan pedas lainnya digadang-gadang dijadikan sebagai cara agar bayi cepat masuk panggul dan kontraksi. Hal ini berdasarkan asumsi bahwa makanan pedas dapat memancing hormon prostaglandin saat dicerna.
  • Konsumsi teh daun raspberry merah dianggap efektif memancing kelahiran.
  • Minyak jarak dan minyak evening primrose termasuk dua jenis minyak yang dipercaya membantu mempercepat kelahiran.
  • Banyak ibu hamil postmatur yang mengandalkan metode akupuntur sebagai cara agar bayi cepat masuk panggul dan kontraksi.
Efektivitas cara-cara tersebut mungkin akan berbeda bagi satu orang dengan yang lainnya. Oleh karena itu, jangan terlalu khawatir jika beberapa metode mungkin tidak sesuai untuk Anda. Konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan solusi terbaik.

Induksi persalinan buatan

Cara agar bayi cepat masuk panggul dan kontraksi juga bisa dilakukan melalui induksi persalinan buatan. Metode ini perlu didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter yang menangani Anda.
  • Untuk mempersiapkan leher rahim, hormon prostaglandin berbentuk gel dioleskan pada leher rahim untuk memancing kontraksi. Dokter juga dapat menggunakan kateter foley berupa balon khusus untuk membuka leher rahim.
  • Obat-obatan hormon prostaglandin atau oksitosin dapat diberikan secara oral apabila cara di atas belum bisa memancing kontraksi. Selain itu, obat juga mungkin dimasukkan lewat vagina atau melalui infus.
  • Saat kontraksi dimulai, dokter dapat melakukan amniotomi untuk memperlancar persalinan, yakni memecah ketuban dengan memberikan sayatan kecil tanpa rasa sakit.
Cara agar bayi cepat masuk panggul dan kontraksi dengan induksi persalinan tidak akan menyebabkan masalah serius bagi kebanyakan wanita.Satu hal yang perlu Anda ingat, induksi persalinan tidak boleh memaksa kelahiran, melainkan hanya mempermudah agar kelahiran terjadi sealami mungkin.Jika Anda punya pertanyaan terkait persalinan atau induksi persalinan, jangan ragu untuk tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store maupun Google Play.
melahirkanpersalinan
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/how-to-start-labor-contractions
Diakses 20 September 2020
National Center for Biotechnology Information. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK279571/
Diakses 20 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait