Cara Agar Badan Lentur, Olahraga dan Latihan Apa Saja yang Bisa Dilakukan?


Cara agar badan lentur bisa didapatkan dengan melakukan jenis olahraga tertentu dan gerakan sederhana. Beberapa contohnya meliputi, yoga, taichi, pilates, tari, gerakan pemanasan, serta latihan peregangan.

(0)
Yoga merupakan salah satu cara agar badan lentur yang membantu meningkatkan fleksibilitas tubuhMelakukan gerakan peregangan sebelum beraktivitas dan berolahraga dapat membantu agar tubuh lentur
Banyak orang yang selama ini mengidam-idamkan untuk mempunyai badan lentur. Selain bisa mempermudah Anda dalam melakukan gerakan tertentu ketika beraktivitas, mempunyai badan lentur juga memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Lantas, bagaimana cara agar badan lentur?

Cara agar badan lentur dengan olahraga

Cara agar badan lentur bisa Anda dapatkan dengan rutin melakukan gerakan latihan dan jenis olahraga tertentu. Berikut sejumlah gerakan latihan dan jenis olahraga yang dapat membantu membuat badan lentur:

1. Gerakan pemanasan

Rutin melakukan gerakan pemanasan dapat membantu meningkatkan kelenturan tubuh. Jika tidak melakukan gerakan ini sebelum melakukan aktivitas maupun olahraga berat, risiko Anda mengalami cedera akan semakin besar.Beberapa gerakan pemanasan yang bisa Anda lakukan, di antaranya:
  • Multi-directional lunge, gerakan menekuk lutut ke segala arah (depan, samping, belakang).
  • Bridge with an arm extension, gerakan menyangga tubuh dengan lengan dan mengangkatnya satu per satu secara bergantian.
  • High knee skip, gerakan layaknya orang berlari santai dengan mengangkat lutut kaki sampai setinggi pinggang.

2. Gerakan peregangan

Melakukan gerakan peregangan sebelum beraktivitas dan berolahraga dapat membantu agar tubuh lentur. Untuk melatih kelenturan tubuh, Anda bisa melakukan gerakan peregangan statis maupun dinamis. Beberapa contoh gerakan peregangan yang dapat membantu melenturkan badan meliputi:
  • Rotational lunge, gerakan peregangan yang menahan beban tubuh dengan cara menekuk salah satu lutut ke depan hingga membentuk sudut 90 derajat, sebelum kemudian menggerakan tubuh bagian atas ke samping kanan maupun kiri secara bergantian.
  • Hugging your knee, gerakan memeluk lutut dengan menariknya ke arah dada dalam posisi duduk.
  • Arm circles, gerakan memutar lengan searah atau berlawanan dengan jarum jam dalam posisi kedua tangan direntangkan lurus ke samping.

3. Yoga

Yoga merupakan salah satu cara agar badan lentur yang membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh. Untuk melenturkan badan, Anda bisa melakukan Hatha Yoga atau Yin Yoga. Hatha yoga adalah dasar semua jenis yoga yang menggabungkan asana (pose), pranayama (pernapasan), dan meditasi. Sementara itu, Yin Yoga berfokus untuk meregangkan jaringan ikat.

4. Dansa atau tari

Rutin melakukan olahraga dansa maupun tari dapat membantu melenturkan tubuh. Gerakan tari dan dansa dapat membantu meregangkan otot dan juga sendi Anda. Salah satu olahraga dansa atau tari yang bisa membantu Anda mendapatkan tubuh lentur adalah zumba.

5. Pilates

Fokus utama pilates adalah memperkuat inti tubuh. Namun, gerakan-gerakan pilates seperti the saw, spine stretch, dan neck pull bisa membantu meningkatkan fleksibilitas semua bagian tubuh mulai dari paha bagian dalam, pinggul, punggung, hingga leher.Selain melenturkan tubuh, pilates dapat membantu mencegah ketegangan otot dan membuat kinerjanya menjadi lebih optimal.

6. Tai chi

Tai chi merupakan jenis olahraga yang dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda. Selain itu, olahraga yang berasal dari Cina ini juga memberikan efek relaksasi sehingga tubuh dapat terasa lebih rileks.

Apa saja manfaat mempunyai badan lentur?

Mempunyai badan lentur dapat mempermudah Anda dalam beraktivitas maupun melakukan gerakan-gerakan tertentu. Tidak hanya itu, badan lentur juga memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Sejumlah manfaat memiliki badan lentur, di antaranya:
  • Menurunkan risiko cedera

Saat badan lentur, tubuh Anda akan lebih mampu menahan stres fisik. Kondisi tersebut dapat membantu menurunkan risiko Anda mengalami cedera.
  • Menurunkan risiko sakit dan nyeri otot

Sering melakukan latihan yang membuat tubuh lentur dapat membantu meregangkan otot. Otot yang kendur dan tak terlalu tegang akan menurunkan risiko sakit, nyeri, dan kram otot.
  • Meningkatkan keseimbangan dan postur

Jenis olahraga untuk membuat badan lentur seperti yoga turut membantu meningkatkan keseimbangan tubuh. Selain itu, latihan untuk melenturkan badan juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh Anda.
  • Menenangkan pikiran

Melakukan latihan yang melenturkan badan seperti gerakan peregangan bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks. Ketika pikiran rileks, Anda akan merasa tenang dan jauh dari masalah-masalah yang membebani.

Catatan dari SehatQ

Mempunyai badan lentur memberi banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya menurunkan risiko cedera, meningkatkan keseimbangan, dan menenangkan pikiran. Cara agar badan lentur bisa didapatkan dengan melakukan jenis olahraga tertentu dan gerakan sederhana. Beberapa contohnya meliputi, yoga, taichi, pilates, tari, gerakan pemanasan, serta latihan peregangan.Jika Anda mengalami masalah otot atau sendi setelah melakukan latihan atau gerakan untuk melenturkan tubuh, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Penanganan sedini mungkin bisa mencegah risiko yang ditimbulkan semakin parahUntuk berdiskusi lebih lanjut terkait cara agar badan lentur, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragatips olahragalatihan fisik
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-flexibility
Diakses pada 28 Desember 2020
Netdoctor. https://www.netdoctor.co.uk/healthy-living/fitness/a28264/how-to-improve-flexibility/
Diakses pada 28 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait