Canggung Adalah Hal yang Normal, Coba 8 Cara Ini untuk Mengatasinya

(0)
03 Jul 2020|Azelia Trifiana
8 cara praktis mengatasi raca canggung AndaRasa canggung adalah hal yang wajar terjadi
Akan selalu ada momen ketika seseorang merasa canggung, entah itu saat harus bicara di depan orang banyak, melakukan hal yang penting, atau sekadar menjalani aktivitas sehari-hari. Canggung adalah kondisi ketika seseorang merasa kikuk, kaku, atau tidak terampil saat melakukan sesuatu.Sebenarnya, rasa canggung juga tak lepas dari kritik dari dalam atau inner critic yang negatif. Bisikan-bisikan atau perasaan yang belum tentu valid ini membuat seseorang justru merasa tidak leluasa dan tertekan. Konsekuensinya, gerakannya tampak canggung dan tidak luwes.

Jurus menghilangkan rasa canggung

Meskipun rasa canggung adalah hal yang manusiawi terutama ketika berada di hadapan orang banyak atau menghadapi situasi yang belum dikuasai betul, ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa canggung. Apa saja?

1. Jangan beri porsi pada inner critic

Sadari bahwa seluruh inner critic negatif yang ada dalam pikiran itu bukan hal yang benar-benar valid. inner ciritic sendiri mengacu pada suara-suara dalam hati yang mengritik semua yang Anda lakukan. Contohnya, "saya tidak cocok memakai baju warna merah", "kamu tidak cocok bergaul dengan mereka", dan sebagainya.Semuanya hal itu tidak berdasar dan hanya akibat dari pikiran yang berlebihan. Untuk itu, tekankan bahwa orang lain tidak ada yang memerhatikan dengan begitu detilnya terhadap kekurangan yang Anda miliki. Lewat pola pikir seperti ini, beban atau tekanan akan terangkat dan bisa lebih leluasa bertingkah laku.\

2. Jangan menjadi orang lain

Terkadang, orang menjadi canggung dan menyiasatinya dengan bertingkah laku seperti orang lain. Mungkin meniru bagaimana luwesnya seorang social butterfly ketika berinteraksi dengan orang lain, atau meniru siapapun yang berbeda dari karakter diri sendiri.Hal ini justru membuat orang tak akan mengenal Anda sebagai diri sendiri. Tak usah meniru orang lain dan jadilah versi paling asli dari diri. Tentunya, dengan tetap mengutamakan perilaku yang positif.

3. Semua orang merasa canggung

Jika canggung adalah perasaan yang kerap menemani saat beraktivitas sehari-hari, ingat bahwa Anda tidak sendiri. Setiap orang pasti pernah merasa canggung, seluwes apapun pembawaan dirinya. Perlu latihan yang lama dan tekun untuk bisa membangun kepercayaan diri.  

4. Menguasai materi

Rasa canggung bisa juga muncul ketika seseorang tidak benar-benar menguasai materi yang akan dibawakannya. Biasanya, ini terjadi ketika sedang presentasi atau berbicara di depan orang banyak. Untuk itu, satu-satunya cara menghindari rasa canggung adalah dengan menguasai materinya sesempurna mungkin.

5. Berlatih

Berlatih, berlatih, dan berlatih adalah cara untuk mengatasi rasa canggung. Percayalah pula bahwa ungkapan “bisa ala biasa” itu benar adanya. Semakin sering berlatih entah itu di depan kaca atau di hadapan orang terdekat, maka akan semakin berkurang rasa canggung ketika benar-benar melakukannya. Semakin lama, diri akan kian terbiasa dan tak lagi canggung berlebihan.

6. Berdamai dengan rasa tidak nyaman

Ketika merasa tidak nyaman dengan situasi di sekitar, seseorang bisa bertingkah laku canggung. Ini salah satu skill yang tidak semua orang menguasainya: mencoba berdamai dengan rasa tidak nyaman. Perlahan, berlatihlah untuk memberi toleransi kepada rasa tidak nyaman yang muncul.

7. Akui suasana canggung

Tidak salah ketika seseorang mengakui adanya suasana canggung ketika berbincang dengan orang lain atau membicarakan topik tertentu. Sampaikan saja di awal bahwa topik ini sedikit membuat canggung. Justru, kalimat semacam itu dapat membuat pihak yang terlibat dalam interaksi merasa santai dan bisa mendengarkan lawan bicara.

8. Ubah persepsi dalam diri

Ketika inner critic negatif dalam diri mendominasi dan menyebabkan kecanggungan, ubah persepsi itu. Beri tahu diri sendiri bahwa apa yang sedang dirasakan adalah bagian dari rasa excited atau antusiasme menghadapi situasi di depan mata. Selain itu, berterima kasihlah kepada diri sendiri yang sedang membantu mereduksi rasa cemas berlebih.Mustahil menghilangkan rasa canggung hingga 100% karena ini adalah hal yang manusiawi. Bahkan seorang pembicara yang sudah terbiasa menghadapi ribuan penonton pun bisa merasa canggung, hanya saja mereka sudah terlatih mengalihkan atau mengubah persepsi dalam diri sendiri.Jadi, coba lakukan beberapa jurus mengatasi rasa canggung di atas. Perlahan namun pasti, hal ini akan membantu agar rasa canggung tidak selalu mendominasi setiap situasi yang tengah dihadapi.
kesehatan mentalhidup sehatmenjalin hubungan
INC. https://www.inc.com/jessica-stillman/5-science-backed-tips-to-be-a-little-less-awkward.html
Diakses pada 19 Juni 2020
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/rethink-your-way-the-good-life/201803/you-re-not-awkward-you-think
Diakses pada 19 Juni 2020
Business Insider. https://www.businessinsider.com/how-to-stop-being-socially-awkward-2015-12?r=US&IR=T
Diakses pada 19 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait