7 Camilan untuk Penderita Kanker Payudara yang Kaya Nutrisi


Camilan untuk penderita kanker payudara haruslah menyehatkan, seperti buah sitrus, sayur-mayur, olahan fermentasi, hingga biji-bijian utuh. Selain itu, pola hidup sehat pun perlu diterapkan.

0,0
30 Jul 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Camilan untuk penderita kanker salah satunya adalah buah sitrusBuah sitrus mengandung senyawa yang dapat melindungi tubuh dari kanker
Saat berjuang dengan kanker payudara, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati berbagai camilan lezat. Terdapat beberapa camilan untuk penderita kanker yang direkomendasikan karena mengandung beragam nutrisi yang menyehatkan sekaligus rasanya lezat.

Camilan untuk penderita kanker payudara

Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan, berikut adalah sejumlah camilan sehat untuk kanker payudara yang bisa dikonsumsi.

1. Buah-buahan sitrus

Buah-buahan sitrus adalah kelompok buah jeruk-jerukan yang terdiri dari jeruk, limau gedang, lemon, limun, dan jeruk keprok. Kelompok buah ini mengandung senyawa yang dapat melindungi tubuh dari kanker payudara, seperti folat, vitamin C, dan karotenoid. Ada pula kandungan antioksidan flavonoid yang memiliki sifat antikanker dan antiradang. Selain itu, sebuah tinjauan dari enam penelitian yang dilakukan oleh Department of Preventive Medicine, Jeju National University School of Medicine menyebutkan bahwa konsumsi buah-buahan sitrus dapat mengurangi risiko kanker payudara sekitar 10 persen. Anda bisa mengonsumsi kelompok buah ini secara langsung ataupun dijadikan jus, smoothies, atau puding sebagai camilan untuk penderita kanker payudara.

2. Sayur-mayur

sayur-mayur untuk kanker
Sayur-mayur mengandung antioksidan dan antiestrogen
Berbagai sayur-mayur, seperti brokoli, kembang kol, kale, sawi, kubis, lobak, dan kubis brussel, mengandung antioksidan dan antiestrogen yang dapat mencegah perkembangan kanker. Asupan folat yang tinggi dalam sayuran tersebut juga dapat melindungi Anda dari kanker payudara. Anda bisa membuat salad sayur sebagai camilan sehat untuk penderita kanker payudara.

3. Makanan yang difermentasi

Makanan yang difermentasi, misalnya yogurt, kefir, kimchi, miso, dan asinan kubis, mengandung probiotik dan berbagai nutrisi yang dapat memberi perlindungan terhadap kanker payudara. Berdasarkan penelitian pada hewan dalam World Journal of Clinical Oncology, efek perlindungan ini dikaitkan dengan meningkatnya kekebalan tubuh karena probiotik.

4. Buah-buahan berry

Blueberry, strawberry, raspberry, dan buah-buahan berry lainnya mengandung antioksidan flavonoid dan antosianin. Jenis antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel, dan mencegah perkembangan maupun penyebaran sel kanker.Sebuah penelitian dari Department Nutrition of Simmons College dalam menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak buah beri menurunkan risiko kanker payudara. Rasanya yang agak asam juga menciptakan sensasi segar saat dikonsumsi.

5. Biji-bijian utuh

biji-bijian utuh kata akan serat
Biji-bijian utuh kaya akan serat yang baik untuk penderita kanker
Gandum utuh, oatmeal, quinoa, dan biji-bijian utuh termasuk camilan untuk penderita kanker yang kaya akan serat. Asupan tinggi serat ini dapat membantu menghindari sembelit yang disebabkan oleh obat-obatan kanker tertentu. Selain itu, kandungan serat yang tinggi memiliki efek positif dengan mengubah tindakan hormonal kanker payudara sehingga dapat mencegahnya berkembang. Untuk menikmati biji-bijian ini, Anda bisa menambahkannya ke dalam smoothie.
  • Kacang kedelai

Kacang kedelai mengandung isoflavon, yaitu fitonutrien yang memiliki sifat antikanker. Anda bisa mengonsumsi kacang kedelai rebus atau berbagai olahannya, seperti tahu, tempe, ataupun susu kedelai. Namun, sebaiknya kacang ini dikonsumsi dalam jumlah yang wajar saja. 
  • Buah-buahan

Camilan sehat untuk penderita kanker payudara selanjutnya adalah buah persik, apel, dan pir. Sebuah penelitian tabung dalam The Journal Nutrition of Biochemistry menunjukkan bahwa antioksidan polifenol yang dikandung buah persik dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara. Wanita yang mengonsumsi apel dan pir juga dikaitkan dengan risiko kanker payudara yang lebih rendah.

Pola hidup untuk penderita kanker payudara

Selain mengonsumsi camilan untuk penderita kanker payudara, pola hidup yang sehat juga penting untuk diterapkan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan.
  • Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi
  • Olahraga secara teratur
  • Menjaga berat badan dalam kisaran yang sehat
  • Kurangi stres, misalnya dengan melakukan relaksasi
  • Turunkan berat badan apabila obesitas
  • Hindari mengonsumsi asupan yang tidak sehat
  • Jika memiliki kebiasaan merokok, segera hentikan.
Melakukan berbagai hal di atas dapat membantu meningkatkan kualitas hidup penderita kanker payudara. Jika Anda ingin berdiskusi lebih lanjut seputar camilan untuk penderita kanker, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play. 
makanan sehatcamilan sehatkanker payudarakanker
WHO. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/breast-cancer
Diakses pada 16 Juli 2021
National Cancer Institute. https://www.cancer.gov/about-cancer/understanding/what-is-cancer
Diakses pada 16 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/breast-cancer-foods#foods-to-eat
Diakses pada 16 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/metastatic-breast-cancer/nutrition#keto-diet
Diakses pada 16 Juli 2021
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/the-best-foods-to-eat-when-you-have-breast-cancer/
Diakses pada 16 Juli 2021
Breast Cancer Foundation. https://www.breastcancerfoundation.org.nz/support/moving-forward-after-treatment/maintaining-a-healthy-lifestyle
Diakses pada 16 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait