Lezat dan Sehat, Ini Dia 7 Camilan untuk Penderita Diabetes


Punya diabetes bukan berarti Anda tidak bisa ngemil. Justru, makan camilan untuk orang diabetes sangat dianjurkan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil di antara waktu makan. Kunci memilih snack untuk diabetesi adalah yang tinggi protein dan serat.

0,0
18 Aug 2021|Rena Widyawinata
camilan sehat untuk penderita diabetesCamilan untuk diabetes yang penting adalah rendah karbohidrat sederhana
Memiliki gula darah tinggi, alias diabetes, berarti harus membatasi asupan yang masuk ke dalam tubuh, khususnya gula. Alhasil, ngemil bukan lagi aktivitas yang bisa dinikmati bagi kebanyakan diabetesi (orang dengan diabetes).Padahal, makan kudapan di tengah jam makan besar sangat dianjurkan bagi diabetesi. Tujuannya, mencegah gula darah menjadi terlalu rendah di antara jeda waktu makan tersebut. Namun, tentu saja pilihan camilan untuk penderita diabetes perlu dipilih dengan hati-hati.Simak daftar lengkap snack sehat yang direkomendasikan untuk orang diabetes.

Pilihan camilan untuk penderita diabetes

Jika Anda memiliki kadar gula darah tinggi, memilih kudapan yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri.Namun, kunci memilih kudapan untuk orang diabetes adalah tinggi serat, protein, dan lemak sehat, serta rendah karbohidrat. Ketiga nutrisi tersebut dapat membantu mengendalikan kadar gula darah Anda.Berikut adalah daftar camilan untuk orang diabetes:

1. Telur rebus

Telur rebus mengandung protein tinggi sehingga baik sebagai camilan untuk diabetes
Kandungan protein yang tinggi dalam telur rebus menjadikannya baik sebagai camilan untuk diabetes
Salah satu makanan untuk penderita diabetes yang sehat dan dapat dijadikan snack adalah telur rebus.Satu buah telur rebus berukuran besar mengandung 6 gram protein. Protein tidak akan membuat kadar gula di dalam darah melonjak dengan cepat setelah makan.Manfaat telur untuk diabetes juga dibuktikan melalui sebuah studi. Sebuah penelitian yang dimuat dalam The British Journal of Nutrition melibatkan 65 orang diabetes tipe 2 yang makan dua buah telur selama 12 minggu. Hasilnya, mereka mengalami penurunan kadar gula darah puasa secara signifikan.Tak hanya itu, kadar lemak dan tekanan darah juga tercatat baik. Kondisi kadar lemak dan tekanan darah merupakan kondisi yang berhubungan erat dengan diabetes.Melihat manfaat di atas, maka tentu boleh jika orang diabetes mengonsumsi telur, baik sebagai kudapan atau lauk pendamping. Namun, pastikan Anda tidak memakannya secara berlebihan.

2. Yogurt 

Yogurt merupakan salah satu camilan yang baik dikonsumsi oleh diabetesi karena kandungan probiotik yang tinggi. Kandungan probiotik dalam yogurt mampu meningkatkan kemampuan tubuh Anda dalam proses pemecahan makanan yang mengandung gula. Saat gula mampu dimetabolisme dengan baik oleh tubuh, kadarnya di dalam darah akan berkurang.Pastikan Anda memilih yogurt dengan rasa tawar, alias plain. Hindari memilih yogurt dengan perasa atau pemanis tambahan sebagai camilan untuk penderita diabetes. Jika dirasa terlalu asam, Anda bisa menambahkan buah beri, atau buah yang aman untuk diabetes lainnya. 

3. Kacang almond

Menjadikan almon sebagai camilan diabetesi perlu dibatasi
Menjadikan almon sebagai camilan diabetesi perlu dibatasi
Kacang almond menjadi salah satu camilan untuk penderita diabetes yang tak hanya enak tapi juga menyehatkan. Dalam 28 gram almon, terkandung lebih dari 15 vitamin dan mineral. Manfaat almon untuk diabetes tertera dalam jurnal Metabolic Syndrome and Related Disorders. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi almon selama 24 minggu memiliki kadar gula darah yang lebih stabil dalam jangka panjang.Tak hanya baik untuk gula darah, kacang almon juga diketahui mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Mengutip dari World Heart Federation, orang diabetes berisiko lebih besar untuk mengalami serangan jantung, dibandingkan mereka yang sehat.Meski demikian, kacang almon juga tinggi kalori. Tentu Anda tak bisa memakannya sebanyak-banyaknya.Batasi konsumsi kacang almon Anda 28 gram per harinya. Dalam 28 gram, kurang lebih terdapat sekitar 23 buah kacang almon yang bisa Anda nikmati sebagai snack.

4. Kacang kedelai (edamame)

Kacang kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang baik untuk diabetes. Dalam 150 gram edamame terdapat sekitar 17 gram protein dan 8 gram serat.Kedua nutrisi tersebutlah yang menjadikan kacang kedelai sangat baik untuk disantap sebagai camilan untuk penderita diabetes.Uji coba yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kacang kedelai mampu menurunkan kadar gula darah. Edamame juga bisa membantu memperbaiki kondisi resistensi insulin yang menjadi penyebab diabetes.Selain almon dan kedelai, beberapa jenis kacang-kacangan lain juga direkomendasikan sebagai snack untuk diabetes. Laman Diabetes.co.uk menyebutkan bahwa kacang-kacangan memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga cenderung aman untuk penderita diabetes.Berikut adalah beberapa kacang-kacangan yang baik untuk diabetes:
  • Kacang tanah
  • Walnut
  • Hazelnut
  • Pistachio

5. Chia seed pudding

chia seed untuk camilan diabetes
Salah satu manfaat chia seed adalah mengendalikan gula darah, sehingga baik untuk snack diabetes
Chia seed pudding adalah snack untuk diabetes yang sangat mudah dibuat sekaligus lezat. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu merendam biji chia dengan susu favorit Anda.Chia seed cukup populer karena berbagai khasiatnya. Beberapa manfaat chia seed yang baik untuk orang diabetes, antara lain kaya nutrisi yang mampu mengendalikan gula darah, seperti protein, serat, dan asam lemak omega-3.Serat yang tinggi dalam biji chia juga membantu tubuh untuk mencernanya secara perlahan. Ini mendatangkan keuntungan lebih bagi tubuh Anda.Tubuh jadi tidak cepat lapar dan gula darah yang diproses pun dilepaskan ke dalam darah secara perlahan. Dengan demikian, gula darah menjadi lebih stabil dan tidak melonjak.Agar lebih sehat, pastikan Anda memilih susu untuk diabetes yang tepat sebagai campuran dari chia seed pudding. Anda bisa memilih susu rendah lemak atau bahkan susu skimmed.

6. Popcorn

Popcorn adalah camilan rendah kalori yang juga baik untuk diabetesi. Dalam satu cangkir popcorn (sekitar 8 gram) hanya terdapat sekitar 31 kalori.Tentu saja, itu bukan popcorn yang biasa Anda temui di bioskop, ya, melainkan yang Anda buat sendiri di rumah tanpa gula atau garam tambahan.Camilan rendah kalori sangat baik untuk menjaga berat badan ideal, karena dapat mengendalikan kadar gula darah.Alih-alih menambahkan gula, garam, atau penyedap lainnya, Anda bisa menambahkan rempah-rempah ke dalam popcorn Anda. Kayu manis atau bubuk pala contohnya. Dengan begitu, popcorn Anda bisa tetap sehat dan aman untuk Anda jadikan snack.

7. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah untuk diabetes yang baik Anda jadikan camilan. Ini karena serat dan lemak baik yang terkandung di dalamnya.Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan inilah yang baik bagi penderita  diabetes.Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Diabetes Care menunjukkan bahwa diabetesi yang secara rutin mengonsumsi asam lemak tak jenuh tunggal memiliki gula darah yang terkontrol dengan baik.Mengingat alpukat juga tinggi kalori, tentu sangat bijak untuk membatasi konsumsinya. Sebagai camilan, Anda sebaiknya membatasi konsumsi alpukat sebanyak 1-1,5 buah per harinya.

Manfaat makan camilan untuk penderita diabetes

Camilan di sela waktu makan dapat membantu kadar gula darah tetap stabil
Camilan di sela waktu makan dapat membantu kadar gula darah tetap stabil
Saat divonis diabetes, Anda mungkin merasa sedih karena pilihan makanan jadi terbatas. Pilihan makanan utama saja terbatas, apalagi untuk camilan?Namun, Anda tak perlu berkecil hati. Malah, Anda dianjurkan untuk ngemil.Seperti yang telah disinggung sebelumnya, makan camilan untuk penderita diabetes berfungsi membantu mengendalikan kadar gula darah. Apalagi bagi Anda yang punya diabetes tipe 1.Orang dengan diabetes tipe 1 umumnya harus suntik insulin seumur hidupnya. Hal ini terkadang membuat mereka rentan mengalami hipoglikemia. Begitu juga dengan diabetesi tipe 2 yang rutin mengonsumsi obat dan insulin.Nah, snack untuk diabetes membantu Anda mencegah hipoglikemia yang mungkin terjadi. 

Catatan dari SehatQ

Konsumsi snack untuk diabetes memang sangat dianjurkan. Akan tetapi, Anda perlu cermat dalam memilih jenisnya.Pastikan kudapan yang Anda pilih mengandung protein dan serat yang tinggi. Hindari memilih camilan yang tinggi karbohidrat, gula dan garam tambahan, hingga tinggi kalori.Tak ada salahnya berkonsultasi dengan ahli gizi untuk diet diabetes yang Anda jalani. Pastikan juga Anda rutin kontrol untuk memastikan gula darah Anda selalu terkendali.Anda juga bisa memanfaatkan fitur konsultasi dokter online melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakitdiabetesmakanan sehatdiabetes melitus tipe 1diabetes melitus tipe 2
Journal of Nutrition. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28615384/
Diakses pada 22 Juli 2021
The British Journal of Nutrition. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21134328/
Diakses pada 22 Juli 2021
Metabolic Syndrome and Related Disorders. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5333560/
Diakses pada 22 Juli 2021
Diabetes.co.uk. https://www.diabetes.co.uk/food/nuts-and-diabetes.html
Diakses pada 22 Juli 2021
Diabetes care. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27457635/
Diakses pada 22 Juli 2021
Diabetes UK. https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/enjoy-food/eating-with-diabetes/food-groups/dairy-and-diabetes
Diakses pada 22 Juli 2021
Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000322.htm
Diakses pada 22 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait