Kembalikan Fokus Saat Bekerja dengan 8 Camilan Sehat Ini


Dalam memilih camilan sehat saat bekerja, pilih makanan tinggi protein untuk membuat perut kenyang lebih lama. Beberapa makanan yang bisa dijadikan pilihan, antara lain oatmeal, telur rebus, granola, popcorn, hingga smoothie.

0,0
Dalam memilih camilan sehat saat bekerja, pilih makanan tinggi protein untuk membuat perut kenyang lebih lamaMakan camilan saat bekerja dapat membantu memberi energi tambahan dan mengembalikan fokus yang sebelumnya hilang
Rasa lapar yang datang saat sedang bekerja seringkali membuat kita hilang fokus. Akibatnya, pekerjaan pun tidak dapat dikerjakan secara optimal, yang kemudian berpengaruh pada hasil akhirnya.
Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mengganjal perut dengan makan camilan sehat. Hindari mengonsumsi camilan seperti keripik kentang, snack kemasan tinggi gula, dan minuman bersoda karena dapat memperburuk kondisi Anda, serta meningkatkan risiko terkena penyakit tertentu.

Camilan sehat yang baik dikonsumsi saat bekerja

Makan camilan saat bekerja dapat membantu memberi energi tambahan dan mengembalikan fokus yang sebelumnya hilang. Namun, pemilihan camilan ketika bekerja tidak boleh dilakukan sembarangan karena mungkin bisa menimbulkan efek yang berkebalikan.Camilan tinggi gula misalnya, jenis makanan ini telah terbukti membuat orang jadi mengantuk setelah mengonsumsinya. Rasa kantuk tersebut tentu akan mengganggu Anda menyelesaikan pekerjaan secara optimal.Melihat efek yang dapat ditimbulkan, Anda sebaiknya mengganjal perut dengan camilan sehat. Beberapa camilan yang bisa dijadikan pilihan saat bekerja, antara lain:

1. Granola

Granola adalah salah satu camilan sehat yang dapat dijadikan pilihan di kala lapar saat tengah bekerja. Camilan ini merupakan kombinasi seimbang antara karbohidrat kompleks, serat, serta lemak sehat, yang bisa membuat perut kenyang cukup lama sekaligus memberi Anda suntikan energi tambahan.Hindari membeli granola kemasan karena biasanya menggunakan banyak pemanis tambahan. Anda bisa membuatnya sendiri dengan mencampur rolled oats, biji bunga matahari, cranberry kering, kacang mete, madu dan minyak kelapa.

2. Greek yogurt

Greek yogurt cocok dikonsumsi sebagai camilan sehat saat bekerja. Kandungan protein yang tinggi dalam jenis yogurt ini bisa membuat perut kenyang lebih lama, sehingga fokus Anda pun akan tetap terjaga. Untuk mendapat efek kenyang yang lebih lama, kombinasikan greek yogurt dengan bahan lain seperti buah dan kacang-kacangan.

3. Popcorn

Popcorn merupakan salah satu camilan sehat yang bisa dikonsumsi saat bekerja, asal tidak memakai tambahan mentega atau perasa lainnya. Camilan ini tinggi akan kandungan serat, sehingga dapat menanggulangi rasa lapar ketika bekerja dan membuat perut kenyang lebih lama.

4. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang tinggi serat. Oleh sebab itu, mengonsumsinya sebagai camilan dapat membuat perut Anda kenyang lebih lama. Untuk menambah rasa, kombinasikan dengan buah-buahan kering seperti kismis, serta pemanis alami yang rendah kalori seperti stevia.

5. Edamame

Kacang edamame merupakan camilan sehat yang kaya akan protein. Bahkan, jumlah protein yang terkandung dalam kacang ini diketahui sama banyaknya dengan daging sapi. Tingginya protein dalam kacang ini dapat membantu mengontrol nafsu makan, sehingga Anda bisa lebih fokus saat bekerja.

6. Telur rebus

Makan telur rebus sebagai camilan bisa membantu mengganjal perut lapar ketika bekerja. Hal tersebut dikarenakan telur kaya akan protein, yang dapat membuat perut Anda kenyang lebih lama. Tak hanya itu, telur rebus juga membantu memenuhi asupan nutrisi lain yang diperlukan tubuh seperti zat besi, kalsium, kolin, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin D.

7. Apel dan selai kacang

Memadukan apel dan selai kacang mungkin akan terasa aneh bagi sebagian orang. Namun, kedua makanan tersebut dapat Anda jadikan camilan sehat untuk menghilangkan rasa lapar ketika bekerja.Apel dan selai kacang adalah makanan yang tinggi serat, sehingga konsumsinya bisa membuat perut kenyang lebih lama. Saat membeli selai kacang, pastikan Anda memilih produk yang tidak menggunakan tambahan gula.

8. Smoothie

Apabila Anda terlalu malas untuk makan, minum smoothie bisa dijadikan cara menghilangkan rasa lapar saat bekerja. Namun, pastikan smoothie yang Anda minum tinggi kandungan serat dan protein. Untuk memenuhi hal tersebut, Anda bisa membuat smoothie dengan mencampur bayam, pisang beku, selai kacang tanpa gula, susu nabati, dan bubuk protein.

Catatan dari SehatQ.

Makan camilan saat bekerja dapat membantu mengembalikan fokus dan memberikan energi tambahan. Namun, pemilihan camilan tak boleh dilakukan secara sembarangan karena bisa saja menimbulkan efek yang berkebalikan.Makanan-makanan yang sebaiknya dihindari seperti keripik, snack tinggi gula, dan minuman bersoda. Sebaliknya, Anda bisa beralih mengonsumsi camilan sehat layaknya oatmeal, telur rebus, granola, popcorn, hingga smoothie.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda dapat bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
camilan sehat
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/15-healthy-snacks-you-can-take-to-work-2507679
Diakses pada 3 November 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/healthy-snacks-for-work
Diakses pada 3 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait